Sedang Mencari Inspirasi Rumah? Ini 9 Desain Yang Wajib Dilirik

inspirasi rumah
Foto: www.unsplash.com

Apa inspirasi rumah impianmu? Apakah berukuran luas dan dipenuhi dengan perabotan yang mewah atau rumah minimalis yang hangat?

Ukuran, desain, dan tema memang menjadi fokus utama yang perlu diperhatikan saat membeli atau membangun rumah. Tak jarang beberapa orang mencari inspirasi rumah lewat boks pencarian Google untuk mendapatkan hunian impian.

Tak selalu harus luas, rumah yang tidak terlalu luas dengan nuansa nyaman juga dapat membuatmu bahagia. Jika kamu sedang mencari inspirasi rumah, maka terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan desain yang sesuai dengan keinginan.

Rumah Minimalis

Foto: www.pinterest.com/Overstock

Jika hunianmu tidak terlalu luas, ini bukanlah masalah besar. Sebab kamu masih bisa merasa nyaman dengan menerapkan gaya minimalis. Karena terbatasnya ruang, maka perlu mengatur letak furnitur sedemikain rupa.

Selain itu, disarankan untuk menggunakan furnitur multifungsi yang dapat memudahkanmu untuk menyimpan barang dan tidak memakan banyak tempat.

Seperti memilih meja yang bisa digunakan sebagai meja makan dan bekerja, misalnya. Atau meletakkan tempat tidur yang dilengkapi dengan banyak laci di bawahnya yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan.

Rumah Warna-Warni

inspirasi rumah
Foto: www.pinterest.com/CLARE

Pemilihan warna juga menjadi salah satu poin penting ketika kamu mencari inspirasi rumah. Jika kamu selalu ingin merasa bersemangat saat berada di rumah, maka cobalah untuk menerapkan berbagai warna ke dalamnya.

Pilihlah hiasan dinding yang bervariasi, kemudian tambahkan perabotan yang berwarna-warni, seperti misalnya menggunakan meja dan bangku makan berwarna merah, kemudian meletakkan sofa berwarna biru tua.

Tak lupa untuk memilih warna cat dinding yang cerah. Dijamin, nuansa colorful ini akan membuatmu merasa nyaman dan memberikan energi positif setiap harinya.

Rumah Nuansa Kayu

inspirasi rumah
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu senang dengan konsep rumah minimalis, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkannya pada hunian.

Perhatikan pemilihan furnitur yang akan ditambahkan, hal ini bertujuan supaya tidak ruangan terlihat lebih luas dan kamu bisa lebih leluasa untuk bergerak. Pilihlah beberapa perabotan yang memang dibutuhkan untuk sehari-hari.

Supaya lebih modern dan menambah kehangatan rumah, maka tambahkan beberapa unsur kayu yang sederhana. Seperti menggunakan lantai vinyl di seluruh ruangan. Atau dengan menggunakan meja makan dan kursi kayu, misalnya.

Rumah Kaca Besar

Foto: www.pinterest.com/frankhouse.org

Berniat untuk menerapkan desain yang mewah setelah mencari berbagai inspirasi rumah? Jangan khawatir kamu bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan jendela besar dan pintu yang terbuat dari kaca.

Selain tampak lebih elegan, ruangan dengan pencahayaan yang maksimal juga dapat membuat suasana hunian menjadi lebih hangat.

Tak hanya itu, pencahayaan alami juga bisa menjadikan ruangan terlihat lebih luas. Serta pastinya kamu bisa menghemat energi.

Agar lebih menarik, terapkan cat tembok berwarna putih kemudian tambahkan beberapa unsur kayu ke dalamnya.

Rumah Berwarna Putih

Foto: www.pinterest.com/lostsuite.com

Jika kamu menginginkan nuansa rumah yang bersih, maka tidak ada salahnya untuk mendominasi hunian dengan warna putih. Ini juga bisa menjadi salah satu opsi terbaik jika kamu mengusung tema minimalis.

Cobalah untuk mengaplikasikan cat dinding warna putih di setiap ruangan. Supaya tidak terlihat membosankan, maka kamu bisa menambahkan perabotan berwarna cerah.

Agar terlihat sejuk, tambahkan pula tanaman hias berwarna hijau yang mudah untuk dirawat di dalam ruangan. Simpanlah beberapa barang yang tidak diperlukan, karena jangan sampai hal tersebut membuat rumah terlihat berantakan.

Rumah Modern

Foto: www.pinterest.com/Loreen R. Matlock | Home Color Schemes

Belum menemukan inspirasi rumah yang pas? Cobalah untuk melirik gaya hunian modern, yang mana biasanya rumah ini didesain dengan sederhana yang tiidak memiliki banyak sekat.

Selain itu, dekorasi di dalam ruangan juga tidak diletakkan secara berlebihan. Sehingga kamu tidak perlu menggunakan perabot dan furnitur yang terlalu banyak dan lebih fungsional.

Supaya semakin sempurna, pilihlah abu-abu untuk mendominasi warna cat dinding. Kemudian tambahkan material kayu yang membuatnya semakin terlihat lebih berwarna.

Rumah Bergaya Industrial

inspirasi rumah
Foto: www.pinterest.com/reddit.com

Rumah dengan gaya industrial biasanya identik dengan desain dengan material yang tampak tidak selesai. Sehingga, gaya ini sangat akrab dengan warna monokromatik.

Ciri khas yang paling menonjol adalah penggunaan dinding bata yang tidak dilapisi dengan cat berwarna. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa furnitur dengan material besi, alumunium, dan stainless yang tidak dicat.

Biasanya, rumah dengan konsep industrial menghindari penggunaan lantai granik dan keramik. Sehingga lebih banyak menggunakan lantai kayu, beton, hingga semen.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung yang khas dengan desain ini, yakni berwarna porselen atau menggunakan penutup alumunium.

Rumah Kontemporer

inspirasi rumah
Foto: www.pinterest.com

Saat memutuskan untuk memilih inspirasi rumah bergaya kontemporer, maka kamu harus siap dengan penggunaan material-material yang natural. Mulai dari kayu asli, bebatuan alam, besi, hingga beton.

Selain itu, sangat disarankan untuk melengkapi hunian dengan memilih furnitur yang minimalis. Penggunaan warna-warna yang netral juga bisa diaplikasikan demi menonjolkan kesan artistik.

Karena desain kontemporer berkembang di masa modern, tidak ada salahnya untuk menerapkan berbagai teknologi canggih. Penggunaan perangkat elektronik rumah yang rapi, panel lampu otomatis, hingga penataan sistem kabel menjadi ciri yang identik dengan gaya yang satu ini.

Rumah Elegan

inspirasi rumah
Foto: www.pinterest.com/Dani Austin Ramirez

Jika salah satu impianmu adalah memiliki rumah yang mewah dan elegan namun tidak memiliki ruangan yang cukup luas, maka gunakanlah material dari bahan marmer.

Berkat tekstur dan coraknya yang unik, material ini dapat memberikan kesan elegan. Mulai dari dinding, meja, hingga dekorasi lain, kamu bisa menambahkan material tersebut supaya mendominasi hunian.

Jangan lupa untuk memilih warna-warna netral seperti putih dan abu-abu agar hunian tetap terasa hangat. Dan tambahkan pula unsur kayu ke dalamnya supaya semakin sempurna.