Paduan Warna Cat Ruang Tamu yang Tidak Akan Pernah Salah

paduan warna cat
Foto: www.pexels.com

Ruang tamu yang menjadi tempat berkumpulnya para tamu maupun seluruh anggota keluarga ini, seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman ketika berada di rumah. Dan jika sekarang kamu mulai merasa bosan berada di ruang ini, mungkin ini saat yang tepat untuk mengubah nuansanya dengan mengganti warna cat dinding, misalnya. Tertarik memadukan lebih dari satu warna? Bisa banget! Berikut 10 rekomendasi paduan warna cat yang dapat kamu pilih.

Kuning dan Abu-abu

Foto: www.pinterest.com/Martha Stewart Living

Kedua tren warna 2021 pilihan Pantone ini ternyata bisa menjadi paduan warna cat yang sempurna. Kuning akan memberikan semburan cerah untuk ruangan, sementara abu-abu yang hangat akan menjadi warna netral yang menenangkan. Meski kontras, namun perpaduan yang berani ini dapat kamu padukan dengan dekorasi lain yang dapat menyempurnakan ruang tamu, seperti menambahkan sofa kulit berwarna hitam, tanaman indoor, atau karpet yang cantik

Putih dan Pink

paduan warna cat
Foto: www.pinterest.com/Amy Shamblen Creative & Shamblen Studios

Paduan warna putih dan merah muda ini memang sangat identik dengan tema ruangan yang feminin. Turunan warna merah ini melambangkan kelembutan, sementara putih melambangkan ketenangan dan jika dikombinasikan maka akan menghasilkan perasaan yang rileks dan penuh cinta. Kamu bisa mengaplikasikannya pada sisi dinding dengan warna yang berbeda, serta jangan lupa untuk menambahkan furnitur dengan warna kontras seperti kuning atau hitam agar ruanganmu tidak terlihat membosankan.

Hijau dan Oranye

paduan warna cat
Foto: www.pinterest.com/Fridlaa

Memilih paduan warna cat hijau dan oranye ternyata bukan merupakan kesalahan besar. Pasalnya, kedua warna sekunder ini akan membuat ruanganmu terkesan ceria sekaligus rileks. Warna yang identik dengan alam ini akan memberikan perasaan yang menenangkan, sementara jingga akan memberikan kecerahan pada ruanganmu.

Baca Juga :  12 Tanaman Bonsai Unik yang Akan Mempercantik Rumahmu

Kombinasi warna ini paling cocok diaplikasikan pada dinding ruang tamu. Kamu bisa membuka lebar-lebar jendela ruangan dan membiarkan cahaya masuk untuk membuat ruanganmu semakin cerah.

Hitam dan Biru Dongker

Foto: www.pinterest.com/west elm

Ketika menginginkan ruangan yang bergaya maskulin, biasanya kebanyakan orang pasti akan memilih warna biru dongker. Yup, navy memang dapat dikombinasikan dengan warna apa pun, tapi akan terlihat sempurna jika dipadukan dengan hitam.

Meski keduanya merupakan warna gelap, namun ruanganmu akan terkesan mewah dan misterius dengan mengaplikasikan cat hitam pada dinding dan menempatkan rak biru tua di tengah-tengahnya. Jangan lupa untuk memastikan cahaya dapat masuk dengan membuka jendela di pagi hari agar ruang tamu terlihat lebih cerah. 

Tosca dan Merah Muda

Foto: www.pinterest.com/House of Turqoise

Kombinasi warna berani berikutnya adalah tosca dan merah muda. Agar ruanganmu tidak terlalu padat dan gelap, kamu bisa menggunakan kedua warna yang lebih pucat. Cobalah mengaplikasikan dinding berwarna baby pink pada dinding sebelah kanan dan menggunakan campuran warna hijau dan biru di sebelahnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan warna turquoise dan putih pada langit-langit ruang tamu.

Merah dan Hijau

Foto: www.pinterest.com/Better Homes and Gardens

Merah memang salah satu warna yang mencerminkan keberanian. Untuk mencari kombinasi yang cocok untuk warna bold ini tentunya perlu berhati-hati, tetapi hijau merupakan salah satu pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Pilihlah warna daun yang lebih muda, hal ini bertujuan untuk membuat ruangan tamu milikmu tidak terlalu gelap. Kamu bisa mencat seluruh dinding dengan warna merah dan menambahkan pintu berwarna hijau. Jangan lupa untuk tambahkan aksesoris lain seperti sofa dengan warna lime.

Beige dan Cokelat

paduan warna cat
Foto: www.pinterest.com/Mapiful

Beige merupakan warna netral yang dapat digunakan untuk desain interior. Rona yang dihasilkan dari warna ini dapat melambangkan ketenangan. Turunan warna putih ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu dengan gaya minimalis dan tentu saja kamu bisa mengombinasikannya dengan warna cokelat. Warna ini akan membuat ruanganmu terkesan mewah dan berkelas, meski tetap sederhana. Untuk menunjang ruangan, maka kamu dapat menambahkan furniture dengan kedua warna ini.

Baca Juga :  9 Inspirasi Kamar Mandi dengan Desain Modern

Biru dan Krem

paduan warna cat
Foto: www.pinterest.com/DecorPad

Biru adalah warna favorit bagi warga Amerika, namun rasanya warna dari negara manapun juga menggemari warna ini. Salah satu warna primer ini diduga dapat menyatukan semua orang dan memberikan efek menenangkan pada ruang tamu. Salah satu warna yang dapat dikombinasikan dengannya adalah krem. Turunan warna kuning ini akan membuat ruanganmu terkesan lebih cerah dan hangat ketika dipadukan dengan warna langit ini.

Abu-abu dan Putih

Foto: www.pinterest.com/Eggshell Home | Interior Design Studio

Jika kamu memiliki ruang tamu minimalis dan ingin membuatnya terkesan luas, maka abu-abu adalah pilihan yang tepat. Memberikan kesan yang elegan dan tenang, ruangan dengan warna ini akan cocok dengan dekorasi modern yang bercampur vintage. Warna netral yang satu ini akan lebih sempurna jika dikombinasikan dengan putih dan keduanya merupakan salah satu warna ruang tamu yang paling populer. 

Coral dan Beige

paduan warna cat
Foto: www.pinterest.com/Maison & Travaux

Warna yang menjadi tren pada 2019 ini, merupakan warna ceria dan menyenangkan. Namun, masih sedikit orang yang menggunakan warna coral pada dinding ruang tamu. Padahal warna ini akan memberikan kesan cerah dan berani karena coral dipercaya sebagai warna yang mengintimidasi.

Cobalah untuk mengombinasikan coral dengan beige untuk membuat ruanganmu tidak terlihat membosankan. Selain itu, kamu juga bisa menambah dekorasi dengan warna cerah lainnya agar ruang tamu terkesan lebih hidup.

Selanjutnya: Warna Cat yang Akan Membuatmu Semakin Kreatif.