4 Kelebihan Penggunaan Lantai Vinyl yang Membuat Rumah Lebih Cantik

lantai vinyl
Foto: www.pexels.com

Selain warna cat rumah, pemilihan lantai juga menjadi salah satu keputusan penting yang perlu dipikirkan dengan matang. Dari banyaknya jenis pilihan, lantai vinyl bisa menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa kamu gunakan.

Selain mudah untuk diaplikasikan, terdapat beragam warna dan corak yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Meski begitu, bahan pelindung lantai ini juga kuat dan tahan terhadap air. Berkat hal tersebut, lantai vinyl pun banyak digunakan pada hunian.

Apa Itu Lantai Vinyl dan Kelebihannya?

Foto: www.canva.com

Jenis penutup lantai ini dibuat dengan bahan dasar PVC atau polyvinyl cholaride dan dikombinasikan dengan berbagai lapisan, yang dapat melindunginya dari goresan. Sehingga, pelindung lantai ini akan awet dan tahan lama hingga kurang lebih 10 tahun, apalagi jika dirawat dengan baik.

Tak hanya itu, lantai vinyl juga cocok untuk dipasang pada seluruh area rumah. Sebab, bahan ini akan tahan terhadap air.

Berikut empat kelebihan dari penggunaan pelindung lantai yang satu ini:

Tahan air

Berkat adanya kombinasi lapisan dasar dan pelindung, menjadikan lantai vinyl dapat tahan terhadap air dan perubahan cuaca.

Beragam motif

Karena diproduksi dengan alat yang canggih dan modern, menjadikan pelindung lantai ini memiliki beragam motif yang menarik. Mulai dari kayu, batu alam, hingga motif lainnya yang dapat kamu sesuaikan dengan selera.

Tahan rayap

Karena bahan utamanya bukan berasal dari kayu, menjadikan lantai vinyl merupakan pilihan terbaik untuk mencegah serangan rayap.

Mudah dirawat

Sesungguhnya,  jenis pelindung lantai ini sangat mudah untuk dirawat. Karena kamu hanya perlu membersihkannya ketika kotor dengan menggunakan sapu, pel, atau penyedot debu. Ketika ada bagian yang perlu diganti, kamu hanya perlu melepasnya dengan mudah dan menggantinya dengan yang baru.

Tips Perawatan Lantai Vinyl

lantai vinyl
Foto: www.pexels.com

Untuk merawat pelindung lantai yang satu ini, kamu hanya perlu membersihkannya dengan mudah. Berikut tips yang bisa kamu lakukan:

Bersihkan dengan menggunakan air

Ketika berniat untuk membersihkan noda, kamu hanya perlu mengepelnya dengan menggunakan air. Tak perlu khawatir air akan merembes ke pori-pori, karena sejatinya bahan yang satu ini akan tahan terhadap air. Selain itu, kamu bisa menggunakan cairan khusus untuk jenis pelindung lantai yang satu ini.

Jangan biarkan tergenang

Meski tahan terhadap air, namun tidak dianjurkan untuk membiarkan pelindung lantai ini tergenang. Karena nantinya air tersebut bisa masuk ke lapisan bawah lantai vinyl melalui celah-celah yang ada. Sehingga, ketika ada makanan atau minuman yang tumbah, sebaiknya segera lap untuk menghindari risiko  terbentuknya noda.

Hindari benda tajam

Ketika terkena benda tajam atau gesekan yang ekstrem, lantai ini bisa robek atau rusak. Untuk itu, kamu perlu hati-hati ketika memindahkan furnitur atau benda-benda berat lainnya.

Jika memang harus memindahkan barang yang berat, letakkan triplek di atas lantai sebagai alas. Akan lebih baik jika kamu menggunakan karpet di atas lantai vinyl untuk menghindarinya terkena benda tajam.

Inspirasi Ruangan dengan Lantai Vinyl

Foto: www.canva.com

Berikut tips untuk memilih lantai vinyl yang akan digunakan pada ruangan.

Pelindung lantai untuk ruang tamu

lantai vinyl
Foto: www.pinterest.com

Jika kamu akan menggunakan pelindung lantai yang satu ini pada ruang tamu, maka cobalah untuk memerhatikan corak atau polanya. Pilihlah motif kayu atau bambu yang akan memberikan kesan alami dan tenang, pastikan kamu memilih finishing yang matte atau glossy untuk membuatnya tampak lebih menarik.

Lapisan kasar untuk kamar mandi

Foto: www.pinterest.com/Gerflor Home

Ketika memilih bahan vinyl untuk kamar mandi, perhatikanlah bagian dasar dari lapisannya. Pilihlah model lapisan yang kasar, karena hal ini dapat membantumu agar tidak tergelincir ketika berada di ruangan. Sebab, jika memilih lantai dengan finishing dengan permukaan yang licin justru akan membahayakanmu.

Lantai vinyl untuk koridor

lantai vinyl
Foto: www.pinterest.com/Hooper Patterson Interior Design

Jika kamu akan menggunakan pelindung lantai jenis ini pada area yang sering ditempati, dan terdapat banyak beban yang akan ditanggungkan pada lantai maka pilihlah jenis lantai yang lebih kuat dan awet. Hal ini bertujuan untuk menjaga ketahanan lantai dari beban furnitur.

Lantai vinyl untuk dapur

Foto: www.pinterest.com/Cuter Tudor

Untuk dipasang pada area dapur, cobalah pilih pelindung lantai dengan motif warna batuan alami. Sebab, motif ini akan menampilkan kesan klasik dan elegan pada ruangan memasak.

Agar lebih sempurna, cobalah melengkapi ruangan dengan furnitur berwarna gelap dan pasangkan meja dan kursi bar di dalamnya.

Motif vintage

lantai vinyl
Foto: www.pinterest.com

Salah satu cara untuk membuat ruangan agar terlihat lebih vintage adalah dengan memilih lantai vinyl dengan motif bunga-bunga. Pilihlah warna pastel untuk menunjang estetika ruangan.

Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan perabotan rumah, mulai dari meja, sofa, hingga dinding atau wallpaper yang kamu gunakan.

Lantai vinyl dengan motif alami

Foto: www.pinterest.com/The Home Depot

Sejatinya pelindung lantai ini memang identik dengan kesan yang alami. Salah satunya adalah motif hardwood dengan warna rich golden yang akan cocok untuk dipadukan dengan furnitur warna apa pun. Misalnya seperti dikombinasikan dengan lemari pakaian yang berwarna putih, atau abu-abu.

Warna abu-abu untuk ruang keluarga

lantai vinyl
Foto: www.pinterest.com

Warna abu-abu menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan pada ruang keluarga. Selain tergolong ke dalam warna yang netral, pelindung lantai yang satu ini juga akan membuat ruangan terkesan minimalis dan sederhana.