5 Jenis Gelang Emas Cantik Yang Wajib Kamu Miliki

gelang emas
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Ketika berbicara tentang perhiasan, kebanyakan dari kita akan memiliki bagian tertentu yang tidak ingin dilepas. Biasanya memiliki nilai sentimental yang tak tertandingi, atau bisa saja karena menjadi barang minimalis yang cocok dengan segalanya, seperti gelang emas misalnya.

Secara umum, perhiasan menjadi satu-satunya item yang tidak pernah ketinggalan zaman. Meski ada beberapa tren yang datang dan pergi, namun kualitas dari perhiasan memang tidak pernah lekang oleh waktu.

Oleh karena itu, terdapat banyak alasan untuk berinvestasi dalam perhiasan mewah, termasuk gelang emas.

Gelang Emas Rantai

Mango Chain Bracelet | | 5 Jenis Gelang Emas Cantik Yang Wajib Kamu Miliki
Mango – Chain Bracelet

Model gelang yang satu ini mirip dengan tali yang lentur dengan bentuk yang fleksibel dan dapat menyesuaikan ukuran pergelangan tangan. Sehingga perhiasan ini akan sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari karena tidak akan mengganggumu saat beraktivitas.

Selain itu, gelang ini juga memiliki beberapa variasi, dari yang rantainya tebal hingga tipis.

Menariknya, aksesoris ini bisa dengan mudah kamu padukan dengan pakaian apa pun. Mulai dari gaya yang formal hingga kasual. Kamu bisa memasangkannya dengan kemeja dan celana panjang, atau bersama sweter dan sepatu putih.

Gelang Emas Bangle

gelang emas
Elli Germany – Bangle Triple Intertwined Classic Gold Plated

Gelang emas yang satu ini memiliki bentuk yang kaku dan tidak bisa disesuaikan dengan bentuk pergelangan tangan. Karena hal tersebut, perhiasan ini tidak disarankan untuk dikenakan sehari-hari.

Sehingga akan lebih cocok untuk dipakai saat menghadiri acara yang spesial. Apalagi dengan bentuknya yang tegas dan tampak lebih elegan.

Kamu bisa menggunakan aksesoris ini dengan mengombinasikannya dengan gaun bermotif bunga dan sandal tinggi, misalnya. Disarankan untuk tidak memilih bangle yang terlalu besar atau menggunakannya secara bertumpuk agar tidak memberikan kesan yang berlebihan.

Gelang Emas Cuff

YLL Jewelry Royale Cuff Gold | | 5 Jenis Gelang Emas Cantik Yang Wajib Kamu Miliki
YLL Jewelry – Royale Cuff Gold

Cuff merupakan model gelang yang tampilannya mirip huruf C dan tidak memiliki pengait. Meski sekilas menyerupai bangle, namun perhiasan ini memiliki kesan yang lebih minimalis dan tetap terasa elegan.

Pada awalnya, gelang cuff dibuat dengan desain yang polos. Namun saat ini telah hadir berbagai variasi dari perhiasan ini, mulai dari tambahan berlian hingga batu lainnya yang terletak di ujung pemisah.

Supaya membuatnya semakin elegan, kamu bisa menggunakannya ketika sedang menghadiri acara yang spesial dengan memakai gaun maxi berwarna netral.

Gelang Emas Beads

gelang emas
Mango – Crystal Beaded Bracelet

Perhiasan emas yang satu ini biasanya hadir dengan aneka pilihan batu, termasuk berlian. Hal ini bertujuan untuk membuatmu terlihat lebih keren.

Selain untuk dikenakan sehari-hari, ternyata gelang fashionable ini juga cocok dipakai saat menghadiri acara formal.

Kamu bisa memadukannya dengan blus dan celana kotak-kotak atau bersama celana pendek dan sandal platform.

Gelang Emas Charm

Locally Blend Manika Charm Bracelet | | 5 Jenis Gelang Emas Cantik Yang Wajib Kamu Miliki
Locally Blend – Manika Charm Bracelet

Charm bracelet merupakan gelang yang sangat menarik untuk dikenakan.

Soalnya perhiasan ini biasa dilengkapi dengan tampilan yang penuh dengan ornamen. Mulai dari liontin dan pernak-pernik lainnya yang membuat gelang ini menjadi lebih menawan.

Untungnya, kamu bisa memakai gelang ini ketika beraktivitas sehari-hari. Sebab memiliki bentuk yang unik dan terlihat lebih kasual. Cukup kenakan dengan rok plisket dan blus cantik, misalnya.

Cara Memilih Gelang Emas

gelang emas
Foto: www.unsplash.com

Terdapat banyak model gelang emas yang ada di pasaran, oleh karena itu pastikan kamu memilih produk yang tepat dan berkualitas.

Sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan

Cobalah untuk mengukur pergelangan tangan dengan menggunakan pita meteran yang dilingkarkan di bagian tubuh tersebut.

Kemudian, perkirakan ukuran gelang yang nyaman untuk dipakai. Disarankan agar tidak memilih gelang yang terlalu pas dan tidak terlalu longgar.

Pilih jenis emasnya

Biasanya terdapat dua jenis emas yang banyak dicari, yakni emas putih dan emas kuning.

Emas putih terbuat dari 75% emas dan 25% perak atau platinum. Karena warnanya putih, maka gelang ini akan terlihat lebih modis dan cocok untuk dipasangkan dengan pakaian apa pun.

Sementara emas kuning terbuat dari 75% emas dan 25% seng atau tembaga. Jenis emas yang satu ini akan membuat penampilan terkesan lebih anggun dan elegan.

Tentukan model gelang

Terdapat berbagai model gelang yang ada di pasaran, mulai dari rantai hingga beads. Oleh karena itu, kamu perlu menentukannya sesuai dengan selera.

Pilihlah model yang paling disukai agar nantinya kamu bisa lebih percaya diri saat menggunakannya.

Periksa kadar emas

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui kadar emas pada setiap perhiasan yang akan dibeli. Biasanya semakin tinggi perhiasan yang akan dibeli, maka emas yang terkandungnya akan semakin murni. Kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan dan budget.

Sesuaikan dengan pemakainya

Umumnya, aksesoris ini bisa digunakan oleh anak maupun dewasa. Oleh karena itu, kamu perlu memilih produk yang sesuai dengan pemakainya.

Jika untuk dikenakan pada anak, sebaiknya memilih model yang nyaman dan tidak terlalu berat. Perhatikan juga reaksi alergi pada kulit anak ketika memakai perhiasan. Soalnya kulit anak akan rentan terkena alergi dibandingkan pada kulit orang dewasa.

Sedangkan gelang emas untuk dewasa, pilihlah model yang sesuai dengan keinginan dan tren saat ini. Jangan lupa untuk memilih perhiasan yang sesuai dengan penggunaannya, apakah akan dikenakan setiap hari atau hanya dipakai saat menghadiri acara tertentu.