Sedang Trendi: Motif Bunga—dan Ini 7 Mix & Match Terbaik

motif bunga
Foto: www.rawpixel.com

Seolah tak lekang oleh waktu, hingga saat ini motif bunga pun masih dikenakan oleh banyak orang. Floral prints sebenarnya tidak harus selalu dianggap feminin, karena saat ini telah motif tersebut telah banyak ditambahkan ke dalam berbagai gaya pakaian. Mulai dari gaya vintage hingga gothic, terdapat banyak cara untuk memakai pakaian dengan nuansa ini.

Baik itu menggunakan blus, gaun maxi, atau sepatu bermotif floral yang selama ini hanya kamu simpan karena terlalu cantik untuk dibawa keluar dari kotak—ada berbagai langkah yang bisa kamu coba untuk menambahkannya ke dalam outfit. Terus gulir artikel ini sampai habis untuk melihat gaya penampilan yang bisa kamu tiru.

7 Mix & Match Motif Bunga

Padukan Gaun Bunga dengan Sepatu Bot

Untukmu yang ingin bergaya gothic dengan memamerkan nuansa gelap yang misterius sekaligus eksotis, cobalah kenakan gaun panjang hitam dengan motif bunga di dalamnya.

Agar lebih melengkapi suasana, tambahkan ankle boots warna gelap, dan pasangkan tas dengan warna serupa sebagai aksesoris. Dijamin, kamu akan tampak keren dan menarik ketika harus melangkahkan kaki ke luar rumah.

OVS - Crossback Dress
Therapy - Cleo Boots

Pamerkan Model Layering dengan Turtleneck

Ketika berniat untuk tampil berbeda dibanding biasanya, cobalah gaya layering. Kamu hanya perlu menambahkan turtleneck yang memiliki warna senada dengan gaun floral yang akan digunakan. Kemudian tambahkan tas dengan tali rantai yang bisa menunjang penampilanmu agar lebih chic nan elegan.

Marks & Spencer - Turtle Neck Long Sleeve Fitted Top
Trendyol - Green Dress

Cocokkan Sepatu dengan Motif Bunga

Saat menggunakan motif pakaian yang satu ini, kamu akan terlihat lebih menarik dan elegan. Namun untuk membuatnya tidak terkesan terlalu ramai dan berlebihan, cobalah untuk memasangkannya dengan alas kaki polos. Kamu bisa memilih sepatu putih atau beige, sehingga dapat mempercantik penampilan.

FabAlley - Navy Floral High Neck Tiered Midi Dress
Ted Baker - PEBBA Soft Leather Flat Sandal

Kenakan Kardigan Floral

Jika gaun menjadi item yang terlalu anggun menurutmu, maka pilihlah kardigan dengan motif bunga sebagai alternatifnya. Kombinasikan dengan kaus polos yang sesuai dengan warna dari luaran tersebut.

Hal ini bertujuan agar nantinya penampilanmu tidak terkesan kontras dan mencolok mata. Jangan lupakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan biru dongker sebagai opsi terbaik.

Mango - Multi-coloured Knit Sweater
Hollister - Opposite Cardigan

Padukan Blus Bunga dengan Celana Jeans

Salah satu cara terbaik menggunakan motif bunga adalah dengan tidak mengaplikasikannya secara berlebihan. Apalagi jika kamu baru pertama kalinya menggunakan pakaian bermotif, maka langkah yang paling pas adalah mengombinasikannya dengan celana jeans. Cukup kenakan blus floral kesayangan, maka kamu akan mendapatkan penampilan kasual yang cantik.

Marks & Spencer - Pure Linen Floral Shirt
Levi’s - Pleated Wide Leg Nd Clean Brilliant White

Gunakan Rok Floral

Ketika berniat untuk tampil dengan gaya yang berbeda dibanding biasanya, terkadang kita telah memikirkan beragam cara untuk menggunakan pakaian yang sesuai. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah menggunakan rok motif bunga dan memasangkannya dengan sweter polos. Sebab, bawahan ini menjadi pakaian termudah untuk dikenakan.

Pilihlah warna yang tepat untuk dikombinasikan. Sehingga nantinya penampilanmu tidak akan terkesan berlebihan dan menarik perhatian banyak orang.

Mango - 100% Cashmere Sweater
SUNDAYS - Leo Maxi Skirt

Pilih Tas Floral Sebagai Aksesoris

Saat kamu mulai merasa bosan mengenakan pakaian yang polos, dan membutuhkan warna baru untuk membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, maka motif bunga menjadi pilihan terbaik. Namun jangan pernah menggunakannya secara berlebihan.

Cukup tambahkan tas dengan motif floral pada pakaianmu yang serba navy. Dijamin kamu akan terlihat lebih sempurna sekaligus menyenangkan karena menggunakan warna netral yang cantik.

906 The Label - Chaitra Jumpsuit in Navy
Kate Spade - Sam Spade Flower Bracelet Mini Satchel

Aturan Menggunakan Motif Bunga

motif bunga
Foto: www.unsplash.com

Meski sesungguhnya kamu bisa memilih gaya berpakaian yang sesuai selera, namun terdapat beberapa aturan untuk kamu perhatikan agar mendapatkan gaya yang menarik.

Jangan tambahkan aksesoris secara berlebihan

Menjaga tampilan secara keseluruhan agar tetap seimbang merupakan kunci terbaik ketika kamu menggunakan pakaian dengan motif bunga. Gunakan aksesoris seminimal mungkin, seperti menambahkan anting hitam yang sederhana.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sepatu yang simpel misalnya dengan menggunakan warna-warna lembut seperti nude. Hal ini bertujuan untuk menjaga tampilan agar tetap menyatu namun tidak berlebihan.

Gunakan pola yang tepat

Pilihlah motif bunga yang tidak lebih besar dari telapak tanganmu. Sebab, jika kamu memilih cetakan yang besar, maka hal tersebut hanya akan membuatnya terkesan berlebihan dan terlalu ramai.

Kenakan pakaian dengan tepat

Meski sesungguhnya kamu bisa menggunakan pakaian jenis ini dari ujung kepala hingga ujung kaki, namun cobalah untuk memikirkan tempat terbaik untuk memasangkannya. Jika kamu kurang menyukai bentuk paha yang besar namun tetap ingin menggunakan celana warna putih, maka kenakan atasan bermotif floral.

Hindari pakaian kebesaran

Sangat disarankan untuk menghindari pakaian longgar yang terlalu besar ketika menggunakan motif bunga. Sebab, ini akan membuatmu tidak terkesan jenjang.

Jangan campurkan motif

Saat menggunakan floral prints, cobalah untuk tidak mencampurkan cetakan. Apalagi jika ini pertama kalinya kamu menggunakan pakaian bermotif. Namun jika ingin tampil lebih berani saat menggunakan gaya yang satu ini, maka cukup tambahkan jaket kulit ke dalam penampilan.

Motif bunga tidak sesuai musim

Hanya karena kamu tidak bisa menanam bunga di sepanjang tahun, bukan berarti tidak dapat memasukkan motif ini ke dalam lemari pakaian. Sebab, floral merupakan cetakan yang bisa dikenakan sepanjang tahun. Kuncinya adalah memilih cetakan dan warna yang sesuai dengan musim.