15 Inspirasi Taman Untukmu yang Memiliki Rumah Minimalis

taman rumah minimalis
Foto: www.unsplash.com

Bagi kebanyakan orang, memiliki hunian dengan nuansa sejuk dan natural merupakan hal yang paling diinginkan. Impian ini juga dimiliki oleh yang ingin punya taman rumah minimalis.

Berita baiknya: memiliki area yang terbatas bukan halangan jika ingin mendesain halaman rumah minimalis!

Jika kamu sedang mencari inspirasi untuk mendekorasi area taman, maka berikut 15 inspirasi taman rumah minimalis yang bisa kamu tiru.

Manfaatkan Sisa Lahan

Foto: www.pinterest.com

Untukmu yang memiliki rumah yang minimalis, maka cobalah untuk memanfaatkan sisa lahan yang ada. Kamu dapat memerhatikan halaman kecil yang ada di samping dapur atau kamar tidur, sehingga nantinya area tersebut bisa digunakan sebagai taman yang mungil.

Gunakan Balkon Lantai Dua

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Salah satu opsi yang bisa kamu lakukan untuk membuat taman rumah minimalis adalah dengan memanfaatkan area balkon yang ada di lantai dua.

Kamu bisa memilih tanaman hias yang diletakkan di dalam pot, kemudian tambahkan rumput sintetis untuk mendukung dekorasi taman.

Jangan lupa untuk memasangkan kursi dan meja kecil yang bisa kamu gunakan untuk bersantai di sore hari sambil menikmati segelas teh hangat.

Rumput Terbuka

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu memiliki area taman yang sempit dan ingin membuatnya terlihat lebih luas, maka cobalah untuk menempatkan rumput gajah atau rumput teki di bagian tengah halaman.

Nantinya, area rumput terbuka ini bisa kamu kelilingi dengan beberapa tanaman lainnya agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Buat Tempat Khusus untuk Menanam

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Terkadang, menanam tumbuhan langsung pada tanah di halaman dapat membuatnya terkesan berantakan.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan pot persegi panjang yang terbuat dari semen, kemudian tempatkan tanaman secara berderet di dalamnya agar terlihat lebih menarik.

Buat Taman di Sudut Teras

Foto: www.pinterest.com

Untukmu yang ingin membuat halaman namun memiliki lahan yang terbatas, cobalah untuk memilih salah satu sudut teras dan mengubahnya menjadi taman mini.

Pilih beberapa bunga yang memiliki warna beragam untuk membuatnya semakin terkesan menarik.

Manfaatkan Tangga Teras

Foto: www.pinterest.com

Tak jarang, beberapa orang memiliki desain rumah yang dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan bagian teras atau halaman.

Jika kamu mempunyai model hunian seperti ini, maka manfaatkan area tangga teras dengan menambahkan rumput dan tanaman hias di sekitarnya.

Tambahkan Bebatuan

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Ketika memiliki ukuran halaman yang terbatas, maka sebaiknya jangan menempatkan tanaman secara berlebihan. Karena hal tersebut hanya akan membuat taman menjadi terkesan berantakan.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah

Untuk itu, kamu bisa memilih beberapa tanaman hias favorit, dan padukan dengan kerikil atau bebatuan lainnya. Sehingga nantinya area hijau ini akan tampak lebih rapi dan tidak membosankan.

Padukan dengan Kolam dan Air Mancur

Foto: www.pinterest.com

Jika kamu menginginkan suasana yang sejuk dan asri, tidak ada salahnya untuk menambahkan sebuah kolam serta air mancur kecil pada taman rumah minimalis. Nantinya, area hijau ini akan membuatmu merasa lebih tenang dan bersemangat.

Kamu juga bisa mengelilingi kolam dengan menempatkan bebatuan serta tanaman hijau.

Coba Roof Gardening

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Kebanyakan dari rumah minimalis mempunyai atap yang berbentuk datar. Jika kamu juga memilikinya, sebaiknya manfaatkan area atap untuk roof gardening.

Pilih beberapa macam tanaman hijau dan pasangkan kursi serta meja yang digunakan untuk tempat bersantai. Menariknya, kamu juga bisa mengadakan pesta barbeque pada taman di atas atap ini.

Kombinasikan Beberapa Elemen

Foto: www.pinterest.com

Ide yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan untukmu yang ingin memiliki taman rumah minimalis. Dengan memadukan nuansa kehijauan dengan elemen kayu dan bebatuan, ini merupakan langkah sempurna.

Apalagi jika kamu memiliki jiwa yang bebas dan menyukai hal-hal yang natural. Penempatan halaman di ruang terbuka ini akan membuatmu merasa menyatu dengan alam.

Pencahayaan yang Elegan

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Dekorasi taman rumah minimalis juga tidak bisa terlepas dari penggunaan lampu yang dapat mempercantik area hijau ketika malam hari.

Dengan memilih pencahayaan yang tepat seperti menggunakan lampu downlight LED, menjadikan halaman rumahmu akan tampak lebih lega dan menarik.

Pilih Gaya Taman Vertikal

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Taman bergaya vertikal ternyata juga bisa kamu jadikan inspirasi, lho. Terlebih ketika kamu memang tidak memiliki sisa lahan untuk dijadikan sebagai halaman. Model tanaman yang satu ini pun akan membuat dekorasi rumah terkesan sempurna dan cantik.

Gantung Tanaman di Dinding

Foto: www.pinterest.com

Area dinding juga bisa menjadi salah satu opsi untuk membuat taman rumah minimalis yang unik. Kamu bisa menggantungkan beberapa tanaman pot pada rak gantung.

Selain menambah cantik dekorasi hunian, taman minimalis ini juga bisa membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

Taman di Bawah Tangga

Foto: www.pinterest.com

Untuk memiliki taman dengan gaya yang unik, cobalah untuk membuat taman di dalam rumah dan memanfaatkan area bawah tangga. Selain unik dan menarik, taman indoor ini juga bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan asri.

Taman dengan Jalan Setapak

taman rumah minimalis
Foto: www.pinterest.com

Tak hanya dipenuhi dengan bunga yang berwarna-warni, kamu juga bisa membuat jalan setapak pada area taman. Model taman yang satu ini bisa melindungi hamparan rumput agar tetap rapi dan tidak terinjak.

Tambahkan batu alam dengan berbagai motif untuk menambah kesan natural pada hunian.