Beragam Manfaat Cuka Apel dan 8 Produk Rekomendasi yang Wajib Dicoba

manfaat cuka apel
Foto: www.freepik.com

Belakangan ini, cuka apel masih populer disebut sebagai bahan ampuh untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah. Dengan manfaat cuka apel yang beragam, mungkin kamu juga menjadi salah satu yang mencoba untuk menggunakan cuka apel sebagai produk perawatan wajah. Namun, apakah boleh menggunakan cuka apel pada kulit? Apakah cuka apel memiliki efek samping pada wajah?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasan dari Dr. dr. Dhelya Widasmara, Sp.KK (K) FINSDV, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari RSUD dr. Saiful Anwar, Elbe Clinic, dan Skin Level Clinic Malang terkait penggunaan serta manfaat dari cuka apel.

Apa Itu Cuka Apel?

manfaat cuka apel
Foto: www.freepik.com

“Cuka apel diperoleh dari jus apel melalui fermentasi asetat dan dapat mencapai konsentrasi lima sampai sepuluh persen. Cuka apel juga dikenal dengan Apple Cidar Vinegar (ACV). The US Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa dalam ACV mengandung asam asetat (sebanyak) lima persen,” jelasnya.

Lalu, apakah boleh menggunakan cuka apel secara langsung pada kulit wajah?

“Boleh. Perhatikan cukanya dari jenis apel, waktu (tahun), dan proses fermentasi,” jawabnya.

Meski cuka apel memang diperbolehkan untuk digunakan langsung pada kulit wajah, namun tetap berhati-hati dan disarankan untuk memerhatikan jenis apel, waktu, serta proses fermentasinya.

“Jika home remedies atau D.I.Y, harus berhati-hati dengan memperhatikan jenis apel, waktu dan proses fermentasi. Karena untuk bisa diserap kulit harus memerhatikan zat pembawanya, pH kulit, dan konsentrasi. Selama cuka apel diformulasikan dengan teknologi khusus kulit, bisa digunakan,” ungkapnya.

Namun, bagaimana dengan tren cuka apel yang disarankan oleh beauty vlogger?

“Alasan tren di antara beauty vlogger, bisa saja karena mudah didapatkan, mudah dibuat di rumah, dan murah,” paparnya.

Baca Juga :  Apakah Produk Paraben Free Selalu Lebih Baik untuk Kulit?

Apa Manfaat Cuka Apel Pada Kulit?

manfaat cuka apel
Foto: www.freepik.com

Terdapat beragam manfaat penggunaan cuka apel pada kulit, di antaranya adalah:

Mengurangi tanda-tanda penuaan

Cuka apel yang digunakan sebagai toner wajah dapat membantu mengencangkan kulit sehingga mencegah terbentuknya kerutan pada wajah. Hal ini berasal dari senyawa fenolik atau polifenol yang terkandung dalam cuka apel.

Mengatasi hiperpigmentasi

Perubahan warna kulit yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih akan membuat kulit terlihat lebih belang dibanding area lain. Untuk itu penggunaan cuka apel dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang gelap akibat hiperpigmentasi.

Memiliki sifat antioksidan

Cuka apel mengandung senyawa bioaktif seperti asam asetat, katekin, dan asam galat. Kandungan ini akan memberikan sifat antioksidan yang kuat dalam cuka apel, sehingga dapat mencegah radikal bebas yang bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah.

Bakterisidal

Cuka apel diduga dapat menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri penyebab jerawat yakni P. acnes. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam asetat yang ada di dalam cuka apel.

Mengandung anti-inflamasi

Cuka apel memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga membuat cuka apel dapat mengatasi rasa nyeri.

Keratolitik

Manfaat cuka apel lainnya adalah dapat menghilangkan luka. Hal ini disebabkan oleh kandungan keratolitik pada asam asetat dalam cuka apel yang dapat membantu menyamarkan luka pada kulit.

Lalu, apa saja bahan yang terkandung dalam cuka apel sehingga dapat memiliki beragam manfaat?

  • Asam asetat
  • Senyawa fenolik atau polifenol
  • Biotin
  • Kalium
  • Magnesium
  • Vitamin A, B Kompleks, C, dan E

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Berdasarkan The US Food and Drug Administration (FDA), cuka apel mengandung asam asetat sebanyak 5%. Untuk itu hal ini perlu diperhatikan dan disesuaikan penggunaannya dengan kondisi kulit wajahmu. Karena penggunaan cuka apel yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping pada kulit wajah.

Baca Juga :  Tak Hanya Memiliki Rasa Manis dan Enak, Ini 8 Manfaat Madu Asli

“Iritasi, sensasi burning atau terbakar, dan hipersensitif pada individu yang sensitif terhadap kandungan asam asetat,” tuturnya.

Dokter Dhelya menyarankan untuk menggunakan cuka apel sesuai dengan kadarnya. “Di pasaran tersedia dalam bentuk pencuci wajah, toner, dan campuran dalam produk anti penuaan. Jadi cara menggunakan sesuai dari formulasi kosmetiknya,” sarannya.

Belanja Produk yang Mengandung Cuka Apel

Bragg Organic Apple Cider Vinegar

Brand cuka apel yang paling terkenal ini merupakan produk cuka apel yang diproses tanpa filtrasi, sehingga mengandung enzim dan potassium. Produk ini dapat kamu gunakan sebagai toner serta pembersih wajah. Selain itu, produk ini juga dapat membantu menyamarkan noda hitam dan membantu mengatasi jerawat. Untuk menggunakannya, kamu perlu mencampurkan tetesan cuka apel ini dengan air.

Freeman Cleansing Apple Cider Vinegar Clay Mask & Scrub

Jika kamu masih ragu untuk menggunakan cuka apel secara langsung pada kulit, maka kamu bisa mencoba produk perawatan wajah yang mengandung cuka apel. Produk ini memiliki aroma yang menyegarkan serta menjadi produk yang multifungsi karena bisa digunakan sebagai masker sekaligus scrub wajah.

Boscia Resurfacing Treatment Toner with Apple Cider

Produk multifungsi ini dapat melapisi kulit wajah, membantu pengelupasan sel kulit mati, menyegarkan kembali, serta meningkatkan kecerahan kulit. Toner ini diformulasikan dengan gabungan antara AHA, BHA, serta cuka sari apel yang dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Untuk menggunakannya, kamu perlu meneteskan produk perawatan wajah ini pada kapas, kemudian mengusapkannya pada area wajah.

Volition Beauty Apple Cider Vinegar Resurfacing Peel Pads

Kristina Holey + Marie Veronique Intensive Repair Serum

Serum ini dapat membantu mengatur produksi sebum, mengatasi kulit kering, dan mengecilkan pori-pori wajah. Untuk pemilik kulit berminyak dan tidak berjerawat, disarankan untuk menggunakan serum ini untuk membantu pengelupasan sel kulit mati. Kamu dapat menggunakannya satu sampai dua kali dalam satu minggu.

Graydon Face Foam

Pembersih wajah ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering, berminyak, dan sensitif. Graydon Face Foam memiliki tekstur busa lembut yang dapat menghilangkan kotoran, sisa riasan, keringat, sekaligus menyeimbangka pH kulit. Produk ini diformulasikan dengan kulit pohon willow putih dan cuka sari apel yang dapat membersihkan wajah hingga bagian terdalam.

Meow Meow Tweet Geranium Palmarosa Face Toner

Toner yang satu ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan sekaligus mengencangkan kulit wajah. Produkk ini diformulasikan dengan bahan-bahan organik seperti bunga halus dan cuka sari apel sehingga memiliki nutrisi dan antioksidan yang dapat membuat wajahmu terasa segar dan kencang.

S.W Basics Toner

S.W Basics Toner mengandung cuka apel dan witch hazel yang dapat menyeimbangkan pH wajahmu. Toner ini memiliki aroma cuka apel yang bercampur dengan kayu cendana serta slary sage. Kamu bisa menggunakan toner ini dengan menggunakan kapas kemudian membiarkannya hingga kering.