Episode #2: Perlukah Anak Punya Medsos?

Podcast

Apakah anak perlu punya media sosial? Pertanyaan ini sering kali diajukan para orangtua, mungkin termasuk kamu. Pasalnya ada yang anggapan tentang media sosial (medsos) dan kaitannya dengan anak.

Sebut saja, ada yang bilang bahwa medsos menyebabkan anak terisolasi. Atau media sosial membuat anak kecanduan teknologi. Atau, media sosial membuat anak tidak mengenal privasi. Plus, media sosial membuat anak rentan menjadi korban seksual predator. Ada lagi: media sosial memiliki kaitan yang erat dengan menjadi perundung dan korban perundungan.

Mendengar hal tersebut di atas, tidak heran jika orangtua terkesan super hati-hati saat membicarakan anak dan media sosial. Dan ingin tahu apakah anak perlu punya media sosial?

Di episode Let’s Talk kali ini, LIMONE berbincang dengan Marcelina Melisa, M.Psi, Psikolog, seorang psikolog dari Tiga Generasi di Brawijaya Clinic Kemang, dan konselor sekolah di North Jakarta Intercultural School. Lebih tepatnya, membahas apakah anak remaja perlu punya media sosial?

Di episode kali ini kamu akan mendengarkan tentang apa perbedaan dan karakteristik khusus yang dimiliki remaja dibandingkan anak usia lainnya. Dan mengenal karakter remaja pada umumnya, dan anak di rumah pada khususnya, akan sangat membantu kamu mengetahui apakah anak remaja perlu punya media sosial.

Tidak hanya itu saja, di podcast ini Marcelina juga membagikan tips bagaimana agar membantu anak supaya bisa bijak menggunakan media sosial. Apa yang sebaiknya diunggah, dan apa yang sebaiknya disimpan untuk konsumsi pribadi.

Oh, bagaimana jika ternyata memiliki akun media sosial secara diam-diam—apa yang harus dilakukan? Panik adalah sesuatu yang wajar, tapi langkah selanjutnya adalah yang terpenting. Apakah itu? Dengarkan Lets’ Talk podcast ini.

Intinya, dengan mendengarkan podcast ini kamu akan mendapatkan keterangan lengkah dari psikolog tentang bagaimana membantu anak remaja agar menjadi penggiat media sosial yang bijak dan baik.

Oh, apakah orangtua perlu meminta password dan mengecek media sosial yang dimiliki anak secara berkala—atau tiap hari? Klik untuk mendengarkan penjelasan lengkapnya.

podcast button