Ini Barang Terkotor di Meja Kerjamu, Menurut Penelitian

tetikus
Foto: www.freepik.com

Seberapa sering kamu mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer di masa pandemi ini? Lakukan terus, ya. Namun tahukah kamu bahwa ada satu benda di sekitar meja kerjamu yang kondisinya super kotor dan butuh dibersihkan? Yep, tetikus atau trackpad.

Kesimpulan ini didapatkan setelah sebuah perusahaan asuransi dan perbaikan, Cinch Home, melakukan survei pada hampir 900 pekerja jarak jauh untuk mengetahui rutinitas bersih-bersih mereka.

Setelah mengumpulkan sampel kuman dari berbagai permukaan di kantor rumah para pekerja, mereka mengirimkannya ke laboratorium untuk diuji coba. Hasilnya? Secara konsisten, tetikus menjadi objek terjorok di dalam kantor rumah. Yakni mengandung hingga 4.000.000 CFU (colony-forming unit) per 10 meter inci. Artinya, 3.448 memiliki banyak bakteri dibandingkan gagang toilet. Yikes.

Bagaimana dengan benda-benda lain di sekitar meja kerja? Monitor komputer dan headset juga dipenuhi dengan kuman meski tidak sebanyak tetikus. Yikes.

Hikmah dari penelitian ini: penting untuk membersihkan segalanya—sekali lagi segalanya—di ruang kerja, setidaknya sekali seminggu.

Untuk kamu yang bingung bagaimana cara membersihkannya, untungnya tidak terlalu sulit, walau memang berbeda dengan membersihkan permukaaan keras lain. Pastinya, sebelum kamu membersihkan komputer dan perangkatnya, pastikan tidak terhubung dengan aliran listrik.

Cara paling sederhana membersihkan perangkat ini adalah dengan waslap bersih yang agak basah, usap permukaan komputer, tetikus, atau trackpad. Pastikan tidak menyemprot permukaan ini langsung dengan air.

Atau kamu juga bisa cara ini: mengoleskan sedikit alkohol ke kain lembut dan mengelap tetikus, lalu biarkan mengering.

Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan cotton swab yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol atau cairan pembersih. Mudah ‘kan?

Meski tidak bekerja dari rumah, tidak ada salahnya juga membersihkan tetikus dan trackpad di kantor. Bisa jadi mouse di kantor sekotor atau bahkan lebih menjijikkan.

Dengan hanya mengusapkan alkohol atau pembersih, setidaknya satu kali seminggu, komputer—dan tanganmu—bebas dari kuman. Mungkin Jumat sore adalah waktu yang tepat sebelum kamu rebahan sampai Senin depan.