Diundang Pesta Kostum? Ini 9 Langkah Mudah Membuat Make Up Luka Yang Realistis

make up luka
Foto: www.freepik.com

Jika biasanya make up luka akan banyak bermunculan menjelang Halloween, namun hal ini juga bisa kamu lakukan ketika ada pesta kostum. Luka sayat atau bekas luka yang tertera pada wajah ini akan membuat penampilanmu lebih terkesan realistis.

Apalagi jika kamu berencana untuk menjadi zombie atau hantu, maka make up luka akan membuatnya terkesan menyeramkan namun menarik.

Tak perlu menjadi seorang profesional untuk melakukan riasan ini, sebab luka palsu bisa dibuat dengan sederhana menggunakan perlengkapan make up biasa. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin membuat riasan luka.

Cara Membuat Luka Palsu di Wajah

make up luka
Foto: www.freepik.com

Berikut cara yang bisa dilakukan untuk membuat riasan luka.

Tentukan area luka

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat riasan luka adalah menentukan lokasi di mana bekas luka tersebut berada. Baik itu di dahi atau bekas luka yang panjang di pipi, ini bisa ditentukan sesuai dengan keinginan.

Gunakan lip liner

Selanjutnya, gunakan lip liner untuk membuat garis luar bekas luka di area wajah. Kemudian ambil lilin pemodelan atau lilin khusus riasan dan membentuknya menyerupai potongan panjang luka, setelahnya tempelkan pada kulit.

Gunakan sedikit minyak di jari agar nantinya lilin tidak menempel pada jari ketika kamu sedang membentuk luka.

Pastikan lilin menempel pada kulit

Bentuklah lilin dengan menggunakan jari dan pastikan menyatu secara baik dengan kulit. Setelahnya, gunakan spatula atau alat kecil yang menyerupai pisau untuk memotong lilin dan membentuknya menyerupai luka sungguhan.

Oleskan cairan lateks

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengoleskan cairan lateks di sekitar luka yang terbuka agar nantinya bisa lebih kuat dan tahan lama. Nantinya, cairan ini dapat menciptakan ilusi luka yang terbuka, luka yang berdarah-darah, bekas gigitan, hingga hidung yang patah.

Gunakan cat wajah

Setelah lilin atau wax mengering, maka kamu bisa menggunakan cat khusus wajah berwarna merah tua di bagian dalam luka.

Gunakan kuas untuk membantumu membuat luka secara mudah, nantinya luka akan terlihat lebih dalam dan terkesan seperti iritasi.

Bubuhkan eyeshadow merah

Selanjutnya, gunakan eyeshadow warna merah di sekitar luka agar terlihat lebih realistis. Ini juga akan memberikan efek yang ajaib pada bekas luka tersebut.

Aplikasikan eyeshadow ini dengan menggosokannya secara perlahan dengan menggunakan jari. Pastikan warnanya telah menyerupai lumuran darah.

Biarkan pipi terlihat cekung

Untuk menyempurnakan tampilan wajah, kamu juga bisa membuat tampilan pipi terlihat lebih cekung ala zombie. Caranya adalah dengan mengaplikasikan bedak atau cat wajah hitam ke bagian bawah tulang pipi.

Nantinya bedak atau cat wajah ini akan membentuk bayangan dan menimbulkan ilusi pipi yang lebih cekung. 

Baca Juga :  9 Rekomendasi Bedak Terbaik Untuk Pemilik Kulit Berjerawat

Tambahkan lingkaran mata

Jika kamu menginginkan riasan yang menyerupai hantu, maka jangan lupa untuk menambahkan lingkaran hitam di sekitar mata. Buatlah mata menjadi lebih gelap dan cekung, agar terlihat mengerikan.

Kamu bisa menggunakan eyeliner pensil warna gelap untuk membuat lingkaran kelopak dan gunakan cat wajah warna hitam atau cokelat untuk mengisi lingkaran gelap di bawah mata.

Tak lupa untuk menggunakan eyeshadow ungu dan merah gelap untuk membuat ilusi kulit yang terlihat memar.

Jangan lupakan bagian bibir

Untuk menciptakan make up luka, maka bagian bibir juga menjadi salah satu yang tidak boleh terlewatkan.

Gunakan lipstik warna gelap agar menghasilkan kesan mati dan kering. Jangan lupa untuk menonjolkan beberapa lipatan bibir dengan membuat garis-garis secara detail.

Membuat Luka Palsu di Tubuh

Foto: www.freepik.com

Selain di wajah, kamu juga bisa menambahkan luka palsu sederhana di bagian tubuh lainnya, seperti tangan, kaki, atau di telapak tangan. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Oleskan eyeliner merah

Buatlah garis pada bagian tubuh yang ingin dibuat luka palsu, seperti area tangan misalnya. Gosok garis tersebut dengan menggunakan jari, dan tambahkan beberapa titik di sekitar bagian tersebut, kemudian kembali digosokkan secara perlahan.

Lakukanlah teknik ini berulang kali sampai tercipta efek lumuran darah yang telah mengering. Selain dengan eyeliner, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow.

Gambar sayatan luka

Setelahnya, pilihlah pensil riasan berwarna merah, dan buat sayatan luka di tengah-tengah lumuran darah yang telah dibuat. Usahakan kamu menggambar garis tipis agar terkesan lebih realistis.

Bubuhkan warna gelap

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan sayatan yang dibuat dari pensil alis berwarna cokelat tua atau merah tua di sekitar garis merah yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan efek luka yang lebih besar dan mengerikan.

Supaya tidak merusak bentuk luka yang sudah ada, maka disarankan untuk menggosokkan sayatan tersebut dengan menggunakan jari secara perlahan.

Oleskan lip gloss

Supaya lebih mengkilap, kamu bisa mengoleskan lip gloss bening, sehingga nantinya luka palsu tersebut tampak seperti baru dan belum kering.