Pecinta Kopi dan Teh Hijau? Ketahui Manfaat Terbarunya Bagi Kesehatan

kopi dan teh hijau
Foto: www.unsplash.com

Siapa di sini pecinta kopi dan teh hijau? jika kamu mengangkat jarimu dengan tinggi, anggap dirimu sebagai salah satu manusia paling beruntung di dunia. Pasalnya, sebuah studi baru menunjukkan manfaat lain dari minum teh hijau dan kopi. Oh, yeah!

Seperti yang kita tahu kopi dan teh hijau memiliki banyak manfaaf banyak kesehatan, sepert baik untuk kesehatan kardiosvakular, mengurangi level inflamasi. Plus, mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Sekarang, sebuah studi baru yang diterbitkan oleh BMJ Open Diabetes Research & Care menyebutkan bahwa konsumsi teh dan kopi juga bisa mengurangi risiko kematian dini bagi orang-orang dengan diabetes.

Untuk mendapatkan hasil ini, para peneliti melibatkan sekitar 5.000 orang di Jepang selama lima tahun. Kepada peneliti, para partisipan studi melaporkan kebiasaan gaya hidup mereka, termasuk pola makan, selama lima tahun.

Hasilnya? Mereka yang sering meminum kopi atau green tea mengalami penurunan risiko kematian dini dari penyebab apa pun. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi apa pun atau green tea.

Berapa banyak sih, teh atau kopi yang partisipan ini seruput setiap hari? Penurunan risiko mencapai hingga 40% bagi mereka yang entah itu minum dua gelas kopi atau empat gelas teh hijau per hari. Sementara penurunan risiko mencapai hingga 63% pada mereka yang minum keduanya, yakni empat gelas teh ditambah dua gelas kopi per hari.

Perlu diingat bahwa studi ini bersifat observasi dan tidak sepenuhnya membuktikan bahwa mengonsumsi dua minuman tersebut bisa membuat orang hidup lebih lama. Namun seperti yang kita tahu kopi dan teh mengandung senyawa-senyawa tanaman ampuh dengan properti anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Dengan kata lain, mungkin tidak ada salahnya mengintegrasikan minuman ini ke dalam pola makan sehari-harimu? Namun, tentunya jika kamu punya kondisi tertentu (hamil, misalnya), pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum minum kopi atau teh hijau bergelas-gelas.

Selanjutnya: Panduan Nutrisi untuk Kamu yang Sedang Hamil.