12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru

merayakan tahun baru
Foto: Istimewa

Sudah mempersiapkan acara untuk menyambut pergantian tahun? Karena pandemi COVID-19 yang masih melanda, tidak ada salahnya untuk merayakan tahun baru di rumah. Terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan, mulai dari memasak hingga menonton film bersama. Berikut 12 rekomendasi tontonan yang bisa kamu saksikan di malam tahun baru.

New Year’s Eve (2011)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Detik-detik menjelang pergantian tahun, Ingrid (Michelle Pfeiffer) berusaha mati-matian ingin mewujudkan resolusi yang telah ia rancang. Sementara Sam Ricker (Josh Duhamel) memiliki harapan untuk bertemu dengan wanita yang ia jumpai di tahun lalu.

Di saat yang sama, Tess (Jessica Biel) berharap bisa melahirkan tepat di malam tahun baru. Sedangkan Laura Carrington (Katherine Heigl) malah harus bekerja di saat semua orang merayakan tahun baru.

Namun Randy (Ashton Kutcher) justru sangat membenci malam tahun baru. Dengan menggabungkan banyak karakter penting di dalam satu film, New Year’s Eve bisa menjadi tontonan yang menghibur.  

Eat, Pray, Love (2010)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Meski kebanyakan orang merasa iri dengan kehidupan Elizabeth (Julia Roberts) yang terlihat sempurna. Namun kenyataannya ia sangat terpuruk, apalagi sejak rumah tangganya gagal. Akhirnya Elizabeth memutuskan untuk berkeliling dunia demi mencari jati diri dan tujuan hidup.

Setibanya di Italia, ia berhasil menemukan makna kenikmatan lewat makanan. Bergeser ke India, Elizabeth menemukan kekuatan doa yang berpengaruh ke dalam hidupnya.

Sedangkan ketika di Bali, ia akhirnya menemukan kedamaian dalam cinta sejati. Berkat perjalanan keliling dunia ini, ia pun mendapatkan pelajaran tentang cara untuk membebaskan diri dan melihat indahnya dunia.

High School Musical (2006)

High School Musical 2006 | | 12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru
Foto: www.imdb.com

Troy (Zac Efron) dan Gabriella (Gabriella Montez) berusaha untuk menunjukkan kepada teman dan keluarganya bahwa mereka memiliki bakat untuk menyanyi.

Meski awalnya Troy sebagai kapten tim basket tidak pernah menyangka bahwa ia bisa tampil di atas panggung. Namun saat merayakan tahun baru, ia dipaksa bernyanyi dengan Gabriella.

Tidak disangka, akhirnya mereka berdua terpilih mengikuti audisi tingkat akhir untuk mendapatkan peran pada pertunjukan musikal di sekolah.

Sayangnya, jalan mereka ternyata tidak mudah. Teman-teman Troy dan Gabriella berusaha membuat mereka untuk melupakan audisi tersebut. 

The Great Gatsby (2013)

The Great Gatsby 2013 | | 12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru
Foto: www.imdb.com

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya F.Scott Fitzgerald, The Great Gatsby menceritakan tentang Jay (Leonardo DiCaprio), pemuda kaya raya yang senang berpesta.

Ia masih mengharapkan seorang wanita bernama Daisy Buchanan (Carey Mulligan) yang saat ini telah menikah dengan Tom (Joel Edgerton).

Tak ingin diam saja, Gatsby pun meminta bantuan kepada sahabatnya, Nick (Tobey Maguire), yang merupakan sepupu dari Daisy. Berkat bantuan Nick, Gatsby dan Daisy pun bisa kembali bertemu. Tidak disangka, kejadian itu justru membuat perasaan keduanya semakin kuat.

Home Alone (1990)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Berbicara tentang merayakan tahun baru, rasanya kurang lengkap jika belum menyaksikan Home Alone.

Film keluarga ini mengisahkan tentang Kevin (Macaulay Culkin) yang tidak sengaja tertinggal oleh keluarganya saat liburan. Sebab ia terkunci di kamarnya karena harus menjalani hukuman akibat kelakuannya.

Saat sadar bahwa seluruh keluarganya tidak ada di rumah, Kevin pun berencana untuk melakukan apa pun yang ia senangi.

Namun suatu ketika, ia tidak sengaja mendengar ada dua orang pencuri bernama Marv (Daniel Stern) dan Harry (Joe Pesci) yang berniat untuk mencuri barang-barang di rumahnya. Akhirnya Kevin mencoba melakukan segala cara untuk menjebak para pencuri.

About Time (2013)

About Time 2013 | | 12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru
Foto: www.imdb.com

Berdurasi 123 menit, film ini mengisahkan tentang kemampuan Tim Lake (Domhnall Gleeson) untuk menjelajah waktu. Meski telah menggunakan kemampuannya untuk menemukan cinta sejati, sayangnya Tim selalu gagal. Orang yang disukai Tim tidak tertarik padanya.

Merasa patah hati, ia pindah ke London dan tinggal bersama teman ayahnya, yakni Harry (Tom Hollander). Saat mengunjungi sebuah restoran, Tim berkenalan dengan Mary (Rachel McAdams).

Namun kemalangan kembali menimpa, di mana Harry harus mengalami kecelakan. Kejadian ini memaksa Tim untuk kembali ke masa lalu, demi memperbaiki kejadian buruk yang menimpa Harry. Di saat yang bersamaan, ia juga harus kehilangan momen saat bertemu dengan Mary.

Snowpiercer (2013)

Snowpiercer 2013 | | 12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru
Foto: www.imdb.com

Kehidupan Bumi telah semakin hancur, tetapi hal ini tidak berlaku pada kereta Snowpiercer. Kereta yang telah mengelilingi dunia selama bertahun-tahun ini memiliki banyak penumpang yang terbagi menjadi dua kategori, yakni kelas satu dan pelatih.

Penumpang kelas satu adalah pelanggan kaya yang membayar tiket mahal, sementara kategori pelatih merupakan penumpang gratis. Setelah sekian lama merasa tertindas, akhirnya Curtis (Chris Evan) berniat untuk mengambil alih ruang mesin dan menghapuskan kategori tersebut.

When Harry Met Sally (1989)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Menurut Harry (Billy Crystal), laki-laki dan perempuan tidak bisa berteman tanpa melibatkan hubungan di dalamnya. Namun bagi Sally (Meg Ryan), ia telah berteman dengan banyak laki-laki. Mereka terus berdebat sepanjang perjalanan ke New York.

Bertahun-tahun kemudian, Harry kembali dipertemukan dengan Sally. Keduanya saling bertukar cerita tentang kehidupan.

Tak disangka, pertemuan itu ternyata membuat hubungan keduanya menjadi semakin erat, dan mereka pun memutuskan untuk kembali menjalin pertemanan. Sayangnya, pertemanan itu juga disertai dengan perasaan cinta di antara mereka berdua. 

Bridget Jone’s Diary (2001)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Bridget Jones (Renée Zellweger) adalah seorang wanita berusia 32 tahun yang bertekad untuk memperbaiki hidupnya. Saat merayakan tahun baru, orang tua Bridget mengenalkannya pada Mark Darcy (Colon Firth). Namun tanpa sengaja, ia mendengar Mark yang mengeluh karena dikenalkan pada dirinya.

Tersinggung dengan perkataan Mark, akhirnya Bidget memutuskan untuk mengubah hidupnya. Ia menulis di buku harian tentang usahanya yang berhenti merokok, mengurangi berat badan, hingga menemukan pria idamannya.

Sleepless in Seattle (1993)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Seorang arsitek bernama Sam Baldwin (Tom Hanks) baru saja kehilangan sang istri yang mengidap penyakit kanker. Ia pun harus tinggal dengan Jonah (Ross Malinger), anak laki-lakinya yang berusia delapan tahun. Di malam Natal, Jonah sengaja menyuruh Sam untuk menceritakan perasaan rindunya kepada sang istri.

Berkat sebuah saluran radio, cerita Sam ini ternyata didengar oleh para wanita di seluruh dunia. Termasuk seorang reporter yang bernama Annie Reed (Meg Ryan). Dengan memberanikan diri, Annie pun mengirimkan surat untuk mengajak Sam bertemu.

Forrest Gump (1994)

Forrest Gump 1994 | | 12 Rekomendasi Film Yang Bisa Kamu Saksikan Saat Merayakan Tahun Baru
Foto: www.imdb.com

Forest Gump (Tom Hanks) merupakan seorang pria ber-IQ rendah. Meski sering dirundung sejak kecil, namun sang ibu tetap membesarkannya dengan penuh cinta. Dengan keterbatasannya, ia mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan masuk ke militer.

Karena kemampuannya yang dapat berlari cepat, ia berhasil menyelamatkan banyak tentara yang terluka, juga menolong komandannya. Berkat kejadian itu, laki-laki ini menerima Medali Kehormatan Kongres atas sikap kepahlawanannya.

Ia juga menemukan bakatnya yang lain, yakni bermain pingpong. Forrest juga berhasil menjadi atlet tenis meja yang terkenal.

Raya and the Last Dragon (2021)

merayakan tahun baru
Foto: www.imdb.com

Ingin merayakan tahun baru dengan buah hati atau adik? Cobalah untuk menyaksikan Raya and the Last Dragon. Ini merupakan film Animasi Disney pertama yang terinspirasi oleh budaya Asia Tenggara.

Benja (Daniel Dae) sang Kepala Suku Hati mengundang semua suku untuk berdamai dan membangun kembali Kumandra. Namun Suku Taring justru berkhianat dan mencuri permata sihir.

Perpecahan ini kembali membangkitkan Druun, wabah yang mengubah semua orang menjadi batu, termasuk Benja.

Peristiwa itu membuat anak perempuannya yang bernama Raya (Kelly Marie Tan) memulai petualangan untuk mencari naga Sisu. Ia berniat untuk meminta Sisu menyelamatkan ayahnya yang telah berubah menjadi batu.