12 Tips Membuat Dapur Tampak Cantik dan Nyaman

dapur cantik
Foto: www.gettyimages.com

Bagi sebagian orang, dapur merupakan ruangan untuk menghabiskan banyak waktu. Karena dapur bukan hanya digunakan sebagai tempat memasak, melainkan untuk berkumpul dan bersantai. Untuk itu tentunya kamu perlu membuat ruangan menjadi lebih nyaman, bersih, dan rapi. Sehingga dapur cantik pun bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya.

Meski kelihatannya akan rumit, namun dapur cantik dan nyaman bisa diaplikasikan dengan mudah pada semua rumah. Jika kamu tertarik untuk memiliki ruangan memasak yang rapi, maka berikut 12 tips yang bisa dilakukan.

Tips Membuat Dapur Agar Tampak Cantik

Foto: www.rawpixel.com

Jika kamu tertarik untuk mengatur kembali suasana dan tata letak dapur, maka berikut 12 tips untuk membuat ruang memasak dan makan menjadi lebih cantik.

Tambahkan area penyimpanan

Jika kamu memiliki peralatan memasak atau makan yang terlalu banyak dan kesulitan untuk menyimpannya, maka kini saatnya menambahkan ruang penyimpanan. Hal itu bisa kamu lakukan dengan menempatkan rak dorong yang ramping untuk menampung bumbu dapur atau barang lainnya yang digunakan untuk memasak.

Lepaskan kabinet atas

Sesungguhnya rak terbuka akan sangat fungsional dan membuat kita menjadi lebih mudah untuk mengakses piring, gelas, atau peralatan lain yang biasanya diletakkan dalam kabinet. Apalagi jika langit-langit dapurmu hanya setinggi 10 kaki, maka kamu bisa melepaskan kabinet atas dan menggantinya dengan rak terbuka.

Pastikan barang-barang terorganisir

Untuk memiliki dapur cantik, tentu saja kamu perlu memaksimalkan penyimpanan dengan membuat peralatan terorganisir dengan rapi dan baik. Kamu bisa mulai menyortir bumbu dapur, peralatan makan, panci, dan wajan dengan teratur agar terlihat menarik.

Jaga tampilan dapur agar lebih rapi

Jika dapurmu kecil dan tidak memiliki ruang untuk menyimpan mesin pencuci piring, maka pastikan bahwa wastafel dapur merupakan tempat yang efisien dan rapi, sekaligus bersih. Karena jika bekas memasak atau makan tidak langsung dibersihkan dan dibiarkan menumpuk tentu saja akan dapur cantik milikmu akan langsung terlihat berantakan.

Pajangkan barang yang menarik

Untuk membuat ruangan dapur terlihat lebih menarik, maka kamu bisa menjadikan beberapa barang pecah belah seperti gelas tangkai yang dipajang di rak terbuka. Selain itu, biarkan teko cantik dan unik untuk disimpan di atas meja, selain untuk tempat menyimpan air, teko tersebut bisa berfungsi ganda sebagai vas meja.

Gunakan warna terang

Ketika memiliki dapur yang berukuran kecil namun ingin terlihat cantik, tentunya kamu perlu menggunakan warna-warna terang yang akan membuat ruangan terkesan lebih luas dan rapi.

Kamu bisa mengubahnya mulai dari dari backsplash, dinding, hingga peralatan memasak dan makan. Tak ketinggalan, talenan, panci, dan wajan yang digunakan juga bisa kamu ganti dengan warna yang terang.

Maksimalkan area ruangan

Ternyata sangat penting untuk memperhatikan stuktur dapurmu. Jika kamu memiliki sudut ruangan yang kecil, maka pilihlah meja bundar yang dapat memperluas ruang dan menampung lebih banyak orang daripada meja berbentuk persegi.

Gunakan papan

Pegboards merupakan pilihan yang tepat untuk menggantung segala sesuatu, mulai dari gelas ukur hingga saringan. Selain itu alat ini juga dapat digunakan sebagai tempat mengatur atau memamerkan peralatan memasakmu yang cantik dan mengilap.

Menggunakan penyimpanan tersembunyi

Dengan gaya modern, ternyata penyimpanan yang dibuat secara tersembunyi juga akan membuat dapurmu terlihat lebih cantik. Pasalnya rak terbuka akan rentan terhadap debu, untuk itu kamu harus rutin membersihkannya. Namun jika tidak ingin repot, maka gunakanlah penyimpanan tersembunyi agar lebih efisien.

Pasang pola unik

Lantai berpola ternyata juga akan memberikan ilusi ruang yang lebih luas. Kamu bisa mencampurkan pola lantai dengan menambahkannya dengan aksen kayu atau meramaikan dinding dengan wallpaper bermotif atau sticker dinding.

Pertimbangkan backsplash cermin

Cermin dipercaya dapat membuat ruang terlihat lebih luas, apalagi ketika tidak ada atau minimnya cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Untuk itu, kamu bisa memasang cermin pada bagian backsplash yang dapat memantulkan cahaya sekaligus membuat ruangan menjadi lebih lega.

Tambahkan beberapa tanaman hijau

Ternyata menambahkan tanaman hijau dapat membuat dapur terkesan lebih cantik dan segar. Akan tetapi pastikan kamu memilih tanaman yang mudah dirawat. Letakkan tanaman di dalam pot unik atau tambahkan ke rak terbuka yang dijamin akan menarik perhatian.

Desain Dapur Cantik

Ini enam inspirasi desain dapur cantik yang bisa kamu tiru.

Dapur minimalis

dapur cantik
Foto: www.pinterest.com/Semihandmade

Ternyata, salah satu desain yang digemari oleh kebanyakan orang adalah dapur minimalis. Dengan peralatan dan furnitur yang sederhana namun tetap modern, tentu kamu bisa langsung menerapkannya di rumah.

Pastikan kamu memilih warna, material, dan pola yang tepat untuk area memasak. Tambahkan aksen-aksen unik seperti kayu dengan menggunakan lantai parket dan lemari kabinet agar dapur terlihat bersih dan nyaman.

Dapur putih yang segar

Foto: www.pinterest.com/Laura Bradbury, Writer

Salah satu cara memiliki dapur cantik adalah dengan menggunakan warna-warna netral namun tetap cerah, dan putih merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan solusi. Agar tidak terlalu polos, kamu bisa menambahkan pola etnik pada lantai, dan memadukannya dengan aksen kayu yang alami. Jangan lupa letakkan tanaman hijau yang akan membuat ruangan terkesan segar.

Dapur terbuka

dapur cantik
Foto: www.pinterest.com/Style at Home

Salah satu cara untuk membuat dapur terkesan lega dan luas adalah dengan menggunakan minibar yang dijadikan sebagai pengganti meja. Selain menghemat ruang, ternyata penggunaan furnitur ini akan menyisakan area untukmu agar bebas bergerak.

Dapur berwarna

Foto: www.pinterest.com/DontPayFull.com | Coupons & Deals | Money-Saving Tips

Sesungguhnya dapur yang cantik tidak selamanya harus berpaku dengan warna-warna netral. Kamu juga bisa menambahkan warna cerah yang dapat menusuk mata, seperti hijau tosca yang dipadukan dengan hitam.

Dapur industrial

dapur cantik
Foto: www.pinterest.com/die alltagsfeierin

Penggunaan peralatan yang metalik dan kursi makan kayu yang berangka besi menjadi salah satu ciri khas dari dapur industrial. Dan kamu bisa mengaplikasikan gaya ini ketika akan merenovasi atau membangun dapur yang cantik.

Dapur outdoor

Foto: www.pinterest.com/Home Tree Atlas (Home Decor Ideas)

Jika ingin memiliki ruang memasak yang nyaman, asri, dan memiliki sirkulasi udara yang baik, tentu dapur outdoor merupakan pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat dapur yang ditempatkan bersebelahan dengan taman belakang rumah. Pastikan kamu memasang pencahayaan yang cukup terang agar dapur tidak terlalu gelap ketika malam hari.