Baru Belajar Dandan? Ini 16 Perlengkapan Makeup yang Wajib Dimiliki

perlengkapan makeup
Foto: www.rawpixel.com

Siapa di sini yang baru mau belajar berdandan? Banyaknya alat perlengkapan makeup di luar sana kemungkinan membuatmu kewalahan dan bingung memilih yang mana yang perlu dimiliki.

Ketika memilih makeup, kamu perlu menyesuaikannya dengan kebutuhannya, terlebih bagi seorang pemula. Selain itu, kamu juga dapat mencari informasi tambahan mengenai penggunaan riasan wajah ini lewat beauty vlogger. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan warna dan jenis kulitmu. Jika masih kesulitan untuk memutuskan, berikut 16 peralatan yang bisa kamu pilih.

Primer

perlengkapan makeup
Tatcha – The Silk Canvas Protective Face Primer

Primer merupakan pelapis dasar sebelum pengaplikasikan makeup ke wajah. Produk ini berfungsi untuk memberikan kelembapan dan memiliki tekstur serta formula yang mirip pelembap.

Namun formula dari primer dapat mengunci foundation dan bedak agar bertahan lebih lama. Selain itu, primer juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

Primer terdiri dari 5 jenis yakni Blurring atau Pore Minimizing untuk menyamarkan tekstur wajah yang tidak rata, Color-Correcting untuk warna kulit yang tidak rata, Mattifying untuk menahan minyak berlebih, Illuminating untuk hasil makeup yang glowing dan dewy, serta Hydrating untuk kulit kering.

BB Cream

Maybelline New York – Dream Fresh BB Cream

BB Cream merupakan produk yang ditujukan untuk semua warna dan jenis kulit. Produk ini dapat menjadi alas makeup yang baik seperti primer, yang akan melembapkan kulit, menutupi ketidaksempurnaan kulit, dan menghidrasi kulit. Bahkan beberapa BB Cream mengandung SPF yang dapat melindungi wajah dari paparan sinar matahari.

BB Cream atau Blemish Balm Cream adalah produk ringan yang cocok untuk pemula yang masih ragu untuk mencoba menggunakan foundation yang terlalu ‘berat’. Produk ini dirancang untuk menjaga kondisi kulit sehingga dapat melindungi kulit wajah dari bahaya polusi.

Makeup Sponge

perlengkapan makeup
Beautyblender® – Original

Makeup sponge atau yang dikenal sebagai beauty blender merupakan bagian dari peralatan makeup yang ditujukan untuk membantu mengaplikasikan foundation, bedak, concealer, dan sebagainya. Spons ini memiliki bentuk dan ketebalan yang beragam, ada yang berbentuk gelembung atau berbentuk pipih.

Untuk pemakaian di rumah, kamu bisa memilih spons yang lebih tebal, dan memilih spons yang tipis untuk berpergian. Sementara untuk spons yang berbentuk pipih lebih banyak diminati karena dapat menjangkau bagian yang sulit.

Selain itu, spons berbentuk tear drop juga digemari banyak orang karena terasa nyaman ketika digunakan dan dapat menjangkau banyak titik di wajah.

Alas Bedak

Giorgio Armani – Luminous Silk Foundation

Foundation merupakan fungsi penting dalam menghasilkan riasan wajah yang sesuai keinginanmu, baik ketika ingin tampil flawless atau natural.

Terdapat beragam jenis foundation yang beredar di pasaran, yakni airbrush foundation yang memiliki aplikator berbentuk spray atau compact foundation berbentuk seperti bedak yang menyerap minyak dan memberikan hasil akhir matte.

Selain itu terdapat beberapa jenis cream foundation yang dapat menutupi noda secara keseluruhan. Di antaranya adalah cushion foundation yang membuat kulitmu menjadi berkilau, powder foundation yang tidak menyumbat pori-pori, stick foundation yang akan menutup wajahmu dengan pekat, dan liquid foundation yang mudah berbaur ketika diaplikasikan pada wajah.

Kuas Makeup

perlengkapan makeup
REAL TECHNIQUES – Everyday Essentials Set (Limited Edition)

Brush merupakan perlengkapan makeup yang penting untuk dimiliki, karena dapat membantumu ketika mengaplikasikan serangkaian makeup. Kuas juga memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Seperti kuas untuk bedak, kuas juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan blush-on, kuas untuk eyeshadow, kuas untuk eyebrow, kuas lipstik, hingga foundation.

Selain itu, bahan utama pembuatan brush terdiri dari dua macam yakni bulu alami dan bulu dari serat sintesis. Untuk bulu alami, tingkat kelembutan dari bulu juga bergantung pada jenis hewan yang digunakan. Selain itu, kelembutan dari tiap kuas juga akan berbeda tergantung pada fungsi kuas tersebut.

Concealer

NARS – Radiant Creamy Concealer

Concealer merupakan salah satu produk kecantikan yang digunakan untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti bekas jerawat. Sehingga dengan menggunakan produk ini akan membuat kulit wajah terlihat lebih mulus. Ternyata perlengkapan make up ini memiliki berbagai bentuk di antaranya yakni berbentuk stick, cream, maupun liquid.

Penutup kekurangan wajah yang berbentuk stick biasanya diaplikasikan pada bagian bawah mata, sedangkan concealer berbentuk liquid dapat dioleskan menggunakan jari atau bantuan aplikator seperti spons. Serta untuk concealer berbentuk krim, maka memiliki tekstur creamy dan melembapkan, namun biasanya akan menjadi berat dan tebal ketika diaplikasikan pada wajah.

Bedak

Maybelline New York – Fit Me Matte + Poreless Powder Foundation Make Up

Produk yang satu ini pasti diketahui oleh semua orang, yup bedak. Bedak biasanya digunakan setelah pengaplikasikan foundation, sehingga membuat riasan tidak terlihat mengilap. Terdapat beberapa jenis bedak yang beredar, yakni bedak tabur, bedak padat, two-way cake, dan translucent powder.

Pemilik kulit berminyak biasanya menggunakan jenis bedak tabur yang diformulasikan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit kering, maka dianjurkan untuk menggunakan bedak padat yang dilengkapi kandungan pelembak dan minyak.

Sementara two-way cake merupakan kombinasi dari foundation dan bedak padat yang disimpan dalam satu wadah. Dan translucent powder adalah bedak tabur yang digunakan untuk menjaga riasan dapat bertahan lama pada wajah.

Blush On

perlengkapan makeup
MILANI – Baked Blush

Blush on merupakan produk yang penting untuk memberikan rona merah pada pipi, sehingga kamu akan terlihat lebih manis dan sehat. Perona wajah ini memiliki beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan seleramu. Selain itu, perlengkapan makeup ini juga terdiri dari berbagai jenis, mulai dari cushion, stick, cream, dan liquid.

Highlighter

L’Oreal Paris – True Match Lumi Glow Nude Highlighter Palette

Highlighter merupakan produk makeup yang dapat membuat riasanmu terlihat lebih bercahaya. Biasanya highlighter digunakan pada area tertentu yang dianggap mampu menonjolkan fitur wajah, seperti tulang pipi, dahi, dagu, hidung, dan bagian atas bibir.

Sehingga wajahmu akan terlihat lebih berdimensi dengan pantulan cahaya dari highlighter. Produk ini dapat diaplikasikan langsung dengan jari, brush, atau spons.

Eyeshadow

perlengkapan makeup
NARS – Voyageur Eyeshadow Palette

Eyeshadow merupakan perona yang ditujukan untuk bagian kelopak mata dan di bawah alis. Produk ini dapat memberi warna sehingga mata terlihat lebih hidup. Produk ini memiliki beragam pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tema riasanmu.

Selain itu, riasan wajah yang satu ini juga dikemas dalam berbagai bentuk seperti krim dan bubuk. Tentunya, perlengkapan makeup ini dapat diaplikasikan dengan berbagai cara, mulai dari teknik satu warna, gradasi, smokey eye, dan glossy.

Eyeliner

perlengkapan makeup
NYX Professional Makeup – Epic Ink Liner

Eyeliner adalah produk riasan mata yang digunakan untuk mempertegas bentuk mata atau membuat mata terlihat lebih menyala. Riasan wajah ini tersedia dalam bentuk cair maupun gel, namun bagi pemula disarankan untuk memilih eyeliner cair yang lebih mudah diaplikasikan.

Selain itu, eyeliner memiliki beragam pilihan warna seperti ungu, biru, atau merah, namun biasanya yang dipilih adalah warna hitam.

Pensil Alis

Anastasia Beverly Hills – Perfect Brow Pencil

Produk makeup yang satu ini biasanya digunakan untuk memberikan warna sekaligus menata alis. Bagi sebagian orang, alis merupakan bagian penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, mereka rela menghabiskan waktunya untuk menggambar alis yang rapi dan cantik.

Terdapat dua jenis pensil alis, yakni pensil alis biasa yang diraut secara berkala dan pensil alis matic yang bagian ujungnya lancip serta tidak perlu diraut.

Penjepit Bulu Mata

perlengkapan makeup
COVERGIRL Makeup – Masters Eyelash Curler

Alat makeup yang penting untuk dimiliki adalah penjepit bulu mata, terlebih ketika kamu memiliki bulu mata yang lurus. Karena penjepit bulu mata dapat membantu bulu matamu terlihat lentik.

Ketika memilih penjepit bulu mata, maka kamu perlu memerhatikan bentuk dari penjepit yang sesuai dengan bentuk mata. Selain itu, elastisitas penjepit dan karet bantalan penjepit juga perlu kamu perhatikan untuk mencegah terjadinya rasa sakit ketika menjepit bulu mata.

Maskara

ISEHAN – Kiss Me Heroine Make Volume & Curl Mascara Super Waterproof

Maskara merupakan produk makeup yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan mata. Sebagian orang mengetahui fungsi penting dari maskara yakni untuk membantu melentikkan bulu mata.

Namun, terdapat fungsi lain dari penggunaan maskara, yakni dapat memanjangkan, menebalkan, dan melembapkan bulu mata. Selain itu, terdapat jenis maskara yang dirancang dengan teknologi anti air atau waterproof.

Lipstik

perlengkapan makeup
STILLA – Stay All Day® Liquid Lipstick

Lipstik merupakan produk riasan wajah yang tidak boleh terlewat, karena penggunaan lipstik dapat memberikan warna pada bibir sehingga wajahmu tidak terlihat pucat.

Pewarna bibir ini memiliki tekstur yang bervariasi, mulai dari creamy, glossy, matte, metalik, satin, sheer, dan velvet. Hal ini dapat disesuaikan dengan tema riasan dan dipadukan dengan pakaianmu.

Setting Spray

Urban Decay – All Nighter Setting Spray Ultra Glow

Perlengkapan makeup terakhir adalah setting spray yang dapat mengunci riasanmu dan membuatnya lebih tahan lama, sehingga cocok digunakan untukmu yang memiliki aktivitas padat dan tidak ingin riasanmu menjadi luntur.

Produk ini dapat mencegah makeup menjadi pecah atau cakey, membuat eyeshadow lebih pigmented, dan menjaga wajahmu agar tetap lembap. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan setting spray di rangkaian akhir riasanmu ya!