Sering Dikonsumsi Dengan Cara Dikunyah, Ini 9 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

daun sirih
Foto: www.unsplash.com

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih yang sering kali identik dengan orang tua. Karena, sejak zaman dahulu kebanyakan dari mereka mengunyah tanaman yang satu ini. Namun benarkah terdapat khasiat dari daun yang berbentuk menyerupai hati tersebut? Terus gulir artikel ini sampai habis untuk menemukan manfaat dari daun hijau yang satu ini.

Apa Itu Daun Sirih?

daun sirih
Foto: www.freepik.com

Daun sirih yang dikenal sebagai betel atau yang memiliki nama latin Piper betle merupakan tanaman merambat yang memiliki bentuk menyerupai hati. Biasanya, tanaman ini dibudidayakan untuk diambil daunnya yang dipercaya mempunyai berbagai manfaat.

Tak jarang, di beberapa negara, penduduknya juga mengunyah daun sirih secara langsung, sehingga mulut dan bibir mereka berubah menjadi warna merah.

Apa Saja Kandungan Dalam Daun Sirih?

daun sirih
Foto: www.freepik.com

Tanaman ini mengandung banyak air, karena sekitar 85% daun sirih terdiri dari air. Berkat hal tersebut, tanaman ini juga rendah akan kalori. Dalam 100 gram daun sirih mengandung:

  • Kalori: 49
  • Lemak: 0,7 gram
  • Protein: 3,5 gram
  • Karbohidrat: 7 gram
  • Vitamin C: 20 mg
  • Kalsium: 2018 mg

Adakah Manfaat dari Daun Sirih?

Foto: www.freepik.com

Berikut sembilan khasiat piper betel yang bisa kamu dapatkan:

Mengandung antioksidan

Terkenal dengan memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan, ternyata daun sirih mengandung antioksidan yang tinggi. Senyawa fenolik yang terkandung di dalamnya ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit, mulai dari menyembuhkan luka hingga mengatasi batuk.

Sebagai anti bakteri

Daun berwarna hijau ini mengandung sifat anti bakteri yang diperoleh dari antioksidan jenis flavonoid. Di mana berperan membentuk senyawa kompleks dengan protein ekstraseluler yang dapat mengganggu keutuhan sel bakteri. Tak hanya itu, senyawa-senyawa lainnya seperti alkaloid dan tanin juga mampu merusak membran sel bakteri.

Membantu penyembuhan luka

Kandungan saponin yang ada di dalam daun sirih dapat memicu pembentukan kolagen, dengan membentuk jaringan baru yaitu protein stuktural yang berperan dalam proses penyembuhan luka. Senyawa yang satu ini berperan sebagai antiseptik, sehingga sangat efektif untuk menyembuhkan luka terbuka.

Mengatasi bau mulut

Ternyata, tanaman yang satu ini juga diduga memiliki manfaat mengatasi bau mulut. Hal ini berkat senyawa fenolik bioaktifnya. Sehingga tak jarang beberapa orang mengonsumsi daun sirih dengan mengunyahnya secara langsung.

Anti-hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia merupakan salah satu faktor risiko yang dominan pada penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, eugenol atau senyawa aktif yang ada di ekstrak sirih memiliki aktivitas antiperkolesterolemia yang bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Meski sangat bermanfaat, namun diperlukan adanya penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas khasiat ini pada manusia.

Mengobati jerawat

Ternyata, Piper betle juga merupakan obat yang bagus untuk mengatasi masalah kulit, mulai dari jerawat hingga flek hitam. Ini semua berkat sifat anti-mikroba yang ada di dalamnya, yang mampu mengatasi masalah kulit dan gatal-gatal. Sifat anti bakterinya ini sangat kuat sehingga dapat membunuh kuman penyebab jerawat.

Menjaga kesehatan mulut

Tak hanya mencegah bau mulut, khasiat tanaman hijau yang satu ini juga mampu membersihkan keseluruhan mulut sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi dan memperkuat gusi.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu berkumur pada pagi dan malam hari menggunakan satu tetes minyak daun sirih yang dicampur ke dalam satu cangkir air hangat.

Meringankan gejala konstipasi

Antioksidan yang ada di dalam tanaman yang satu ini juga dapat membersihkan radikal bebas yang ada di perut. Sehingga bisa mengembalikan tingkat pH normal dari sakit perut, kemudian membuat gejala sembelit dapat berkurang.

Jika kamu mengalami gejala kontipasi, dan ingin mengatasinya maka cobalah untuk mengunyah tanaman yang satu ini. Atau bisa juga dengan meminum jus daun sirih.

Mudah ditambahkan ke dalam masakan

Tak hanya dikunyah secara langsung, Piper betel juga memiliki rasa yang sangat unik dan mudah untuk ditambahkan ke dalam hidangan. Salah satunya adalah dengan mencampurkan daun yang satu ini ke dalam ayam bakar.

Rekomendasi Produk

Ini rekomendasi produk yang mengandung daun sirih di dalamnya.

Rei Skin Betel Leaf + Glycolic Acid Body Acne Spray

Produk yang satu ini berfungsi untuk mengobati dan mencegah munculnya jerawat di dalam tubuh. Berkat kandungan ekstra daun sirih dan dua persen Salicylic acid, membuat semprotan ini juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Cukup aplikasikan satu kali setelah mandi, kemudian biarkan mengering dengan sendirinya.

Savara Hand Wash Geranium Kaffir Lime Peppermint

Berkat kandungan daun kelor yang dikombinasikan dengan daun sirih, hal ini dapat menghilangkan kotoran yang ada di tangan tanpa membuatnya menjadi kering. Nantinya kulit pun akan menjadi lebih bersih, terhidrasi, dan terasa segar.

Cukup semprotkan sedikit sabun ke dalam tangan yang basah, kemudian mulai bersihkan tanganmu. Setelahnya bilas hingga bersih dengan air mengalir.

Darjeeling Betel Leaf Essential Oil

Minyak esensial ini memiliki aroma yang segar dan kuat. Berkat kandungan antioksidan dan antimikrobanya, menjadikan produk ini mampu memberikan rangsangan alami pada tubuh, sehingga dapat mengatasi flu, mengurangi peradangan, dan meringankan gangguan perut.