Lagi Trendi: Sandal Bakiak—dan Ini 8 Rekomendasinya

sandal bakiak
Foto: www.unsplash.com

Dari banyaknya jenis alas kaki, mungkin kebanyakan dari kamu sering melewatkan sandal bakiak yang dianggap terlalu jadul. Namun kabar baiknya, sedang trendi!

Penggunaan sandal yang terbuat dari bahan dasar kayu ini sangat identik dengan gaya bohemian. Model sandal ini menjadi bagian dari tren 2021 ketika muncul di koleksi Hermès 2021.

Coba padukan dengan jeans, kaus putih atau bahkan chunky socks! Oh, oh, jangan lupa bahwa sandal ini adalah belahan jiwa dari motif gingham.

Untukmu yang penasaran ingin mencoba menggunakannya, maka berikut delapan rekomendasi sandal bakiak yang dapat menyempurnakan penampilan.

Rekomendasi Sandal Bakiak

Bingung memilih sandal bakiak yang keren? Bintang fortuna sedang menghampirimu! Berikut rekomendasi sandal bakiak yang dijamin akan membuat penampilanmu seperti super model.

Zara Bakiak Stud

Sandal bakiak yang satu ini memiliki tambahan detail stud yang menjadikannya semakin menarik. Dibuat dengan sol dalam yang fleksibel karena terbuat dari busa lateks, membuat alas kaki yang satu ini akan tetap terasa nyaman ketika digunakan.

Untukmu yang ingin tampil lebih menonjol, sandal yang memiliki hak setinggi enam centimeter ini merupakan pilihan yang tepat untuk dikenakan. Jangan lupa untuk memadukannya bersama dengan gaun merah muda yang cantik.

Mango Studded Leather Clogs

sandal bakiak

Sandal bakiak yang satu ini didesain dengan upper berbahan dasar kulit sapi dengan tambahan pengikat tali yang dapat disesuaikan dengan ukuran kaki. Sol bagian luar dari alas kaki ini terbuat dari karet, sementara insole-nya dibuat dari kayu dan kulit sapi yang elegan. Pasangkan dengan gaun berwarna cerah agar penampilanmu tampak lebih berbeda dibanding biasanya.

H&M Wooden-heeled Mules

Jika kamu senang untuk bereksperimen dalam penampilan, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan sandal bakiak. Apalagi bagian atas dan sol dalam dari alas kaki ini dibuat dengan 100% kulit asli dengan tambahan studded yang elegan. Padukan dengan baggy jeans berwarna netral dan atasan blus berwarna netral.

1 People Capri NAP Sandals Canela

Sandal dengan dua strap ini memiliki hak datar setinggi satu centimeter yang terbuat dari kayu jati. Menawarkan dua pilihan warna yakni charcoal dan canela, alas kaki ini bisa kamu kenakan untuk bergaya santai dan kasual. Jika kamu ingin merasa lebih nyaman dengan jari-jari kaki yang bebas bergerak ketika berjalan, maka jangan sampai melewatkan 1 People Capri NAP Sandals Canela.

Terbuat dari sol berbahan ramah lingkungan, serta logo 1 People yang dibuat dari kuningan daur ulang, membuat sepatu ini akan menambah nilai dari penampilanmu.

Zara Bakiak Kayu Kulit Kepiting

sandal bakiak

Dilapisi dengan kulit yang teranyam pada bagian atasnya, menjadikan sandal bakiak yang satu ini bisa membuat penampilanmu semakin bold dan menyenangkan. Apalalagi jika kamu senang menjadi pusat perhatian, maka menggunakan alas kaki yang memiliki hak setinggi 11 cm ini adalah keputusan terbaik.

Cukup padukan dengan rok, maka penampilanmu akan tampak lebih anggun dan menyenangkan ketika menggunakan sandal kayu yang satu ini.

Stella McCartney Daisy Extra Clogs

sandal bakiak

Alas kaki yang satu ini dibuat dengan sol karet dengan tambahan kulit dibagian upper yang akan melindungi area punggung kaki. Dengan tambahan stud berwarna emas, menjadikan penampilan kaki menjadi lebih menarik. Apalagi dengan adanya hak setinggi 10 cm yang akan membuatmu tampak lebih jenjang.  Jangan lupa untuk memasangkannya dengan celana kotak-kotak kesayanganmu.

Chloe Lauren Clog Mules

Dengan bagian upper yang terbuat dari kulit dan bagian sol dalamnya dilapisi dengan karet, menjadikan alas kaki warna cokelat ini akan terasa nyaman ketika digunakan untuk berjalan. Selain itu, berkat tali kembar dengan lapisan warna emas, dan hak setinggi 10 cm, penampilanmu pun akan terkesan lebih sempurna.

Ancient Greek Sandals The Harness Clog

sandal bakiak

Meski sandal bakiak jarang digunakan karena masih ragu untuk mencari paduannya dengan tepat, namun kamu perlu mencoba menggunakan Ancient Greek Sandals The Horness Clog.
Pasalnya, sandal ini akan sangat pas digunakan dalam berbagai kesempatan, baik itu untuk acara formal maupun kasual.

Dengan tambahan heels setinggi enam centimeter, hal tersebut dapat menjadikan penampilanmu lebih sempurna.

Cara Membuat Sandal Bakiak

sandal bakiak
Foto: www.unsplash.com

Jika kamu senang bereksperimen dan menginginkan untuk membuat sandal bakiak sendiri di rumah, maka berikut  beberapa bahan yang wajib kamu sediakan, yakni:

  • Siapkan dua buah kayu jati yang yang telah dipotong sesuai dengan telapak kaki
  • Potongan ban karet bekas yang dipergunakan sebagai tali
  • Sediakan pahat, palu, pisau, dan amplas untuk menghaluskan
  • Palu berukuran sedang
  • Cat kayu atau besi

Setelah semua bahan terkumpul, maka kamu bisa membentuk potongan kayu yang sesuai dengan ukuran dari kaki. Gunakan pahat, palu, dan pisau untuk membentuk sandal. Kemudian, kamu bisa mulai menambahkan detail atau ukiran yang bertujuan untuk menambah estetika sandal.

Selanjutnya, haluskan hasil pahatan dengan menggunakan amplas, dan pakulah potongan ban karet yang telah berbentuk tali pada bagian sisi kanan dan kiri. Terakhir, gunakan cat kayu atau besi untuk mewarnai alas kaki yang kamu buat. Setelahnya, biarkan cat mengering dengan sempurna.

Tips Merawat Sandal Bakiak

Foto: www.shutterstock.com

Tidak seperti sandal lain yang mudah untuk dibersihkan, sandal berbahan dasar kayu perlu memiliki perawatan ekstra untuk menjaga tekstur dan bentuknya agar tetap tahan lama. Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk merawat alas kaki yang satu ini.

Hindari penggunaan deterjen

Meski mencuci dengan menggunakan deterjen merupakan cara yang praktis untuk membersihkan noda, namun pada jenis sandal yang satu ini hal tersebut perlu dihindari. Karena nantinya deterjen dapat merusak bahan dari kayu yang digunakan.

Jangan gunakan sikat kasar

Penggunaan sikat kasar juga dapat membuat permukaan sandal menjadi lecet, sehingga nantinya bisa mengurangi tampilan elegan dari alas kaki. Untuk itu, disarankan agar menggunakan jenis sikat yang memiliki bulu yang halus.

Cuci dengan perlahan

Untuk membersihkan sandal kayu, maka kamu bisa menggunakan lap bersih, sikat bulu halus, dan wadah yang telah berisikan air. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tuangkan air bersih pada wadah yang telah disiapkan.
  • Celupkan lap bersih dan gosokkan secara perlahan pada bagian sandal yang terkena noda.
  • Gunakan sikat dengan bulu yang halus untuk membersihkan bagian sol luar.
  • Setelahnya, kamu bisa menggunakan lap bersih lainnya untuk mengeringkan keseluruhan bagian sandal.

Simpan di dalam kotak

Jika sandal bakiak tidak digunakan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya kamu menyimpannya ke dalam kotak khusus. Serta, pastikan sandal tidak menumpuk dengan alas kaki lainnya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya gesekan antara sandal satu dengan lainnya.

Kemudian, simpah beberapa silica gel di dalam kotak. Item ini akan sangat berguna untuk mencegah sandal dari kerusakan yang diakibatkan oleh jamur atau pun kelembapan.