9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari

basic make up
Foto: www.freepik.com

Sebagai pemula yang baru menyelam dunia dandan, perlu mengetahui basic make up apa saja yang dibutuhkan.

Dengan banyaknya produk make up yang ada di pasaran, tentu akan membuat bingung apa yang harus dipakai dan dari mana harus memulai.

Eits, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena LIMONE akan memberikan urutan dan produk basic make up yang mudah dan bisa digunakan sehari-hari.

Skincare

basic make up
Glow Recipe – Watermelon Glow PHA+BHA Pore-Tight Toner

Sebelum memulai basic make up, pastikan kulit wajahmu ternutrisi dengan menggunakan skincare. Langkah awal adalah kamu bisa membersihkan kotoran di kulit wajah dengan menggunakan sabun wajah.

Setelah itu, gunakan toner, pelembap, serta sunscreen. Kulit wajah yang lembap akan membuat hasil make up menjadi baik dan menempel dengan sempurna.

Pastikan untuk menggunakan produk skincare sesuai dengan kondisi atau jenis kulit wajah kamu.

Foundation

Giorgio Armani Luminous Silk Foundation | | 9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari
Giorgio Armani – Luminous Silk Foundation

Setelah menggunakan skincare, kamu bisa memakai foundation sebagai alas sebelum masuk ke produk basic make up selanjutnya. Jika ingin digunakan sehari-hari, maka pilihlah foundation yang ringan dan sesuai jenis kulit wajah.

Untuk warna, pilihlah shade yang sesuai dengan warna kulit wajah kamu. Menggunakan foundation juga dapat meratakan warna kulit, hingga bisa menyamarkan bekas jerawat.

Tidak hanya foundation, kamu juga dapat menggunakan opsi lain, seperti BB cream atau CC cream. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan kamu.

Concealer

basic make up
NYX Professional Makeup – HD Studio Photogenic Concealer Wand

Concealer dapat membantu foundation untuk menyamarkan bekas jerawat yang belum tertutup, maupun kantong mata yang hitam.

Namun, jika dirasa foundation sudah cukup untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan bekas jerawat, maka kamu tidak perlu memakai concealer.

Perlu diketahui bahwa concealer memiliki berbagai warna yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

Concealer warna hijau untuk menyamarkan kulit kemerahan, warna oranye untuk kantong mata yang hitam.

Warna ungu untuk mencerahkan kulit, maupun warna netral untuk menyembunyikan kekurangan ringan seperti dark spot atau bekas jerawat.

Pastikan kamu membaurnya dengan rata menggunakan sponge atau kuas concealer.

Concealer tidak hanya bisa dipakai setelah foundation, namun kamu juga bisa mengaplikasikan concealer sebelum memakai foundation. Ini tergantung pada kegunaan concealer.

Bedak

Huda Beauty Easy Bake Loose Baking Setting Powder | | 9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari
Huda Beauty – Easy Bake Loose Baking & Setting Powder

Bedak tidak boleh dilewatkan dalam basic make up. Setelah memakai foundation dan concealer, set wajah dengan bedak agar memberikan hasil yang sempurna dan tahan lama.

Bedak ada berbagai jenis yang dijual di pasaran, seperti loose powder, compact powder, two way cake powder, hingga translucent powder. Pastikan untuk memakai bedak sesuai dengan jenis kulit kamu.

Pensil Alis

URBAN DECAY Eyeliner Pencil 247 Glide On Eye Pencil | | 9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari
URBAN DECAY – Eyeliner Pencil 24/7 Glide On Eye Pencil

Pensil alis merupakan salah barang penting bagi perempuan dan produk basic make up, apalagi jika memiliki alis yang tipis, tentu saja memerlukan pensil alis.

Jika ingin digunakan untuk sehari-hari dan ingin terlihat natural, usahakan untuk tidak terlalu tebal menggunakan pensil alis, serta gambar alis sesuai bentuk asli alis kamu.

Maskara

Maybelline New York SNAPSCARA Washable Mascara | | 9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari
Maybelline New York – SNAPSCARA Washable Mascara

Memakai maskara akan membuat bulu mata kamu terlihat lebih lentik dan bervolume. Untuk cara memakainya pun sangat mudah, kamu perlu menjepit bulu mata terlebih dahulu agar bulu mata terlihat lentik.

Setelah itu, gunakan maskara dengan cara zig zag. Pastikan untuk tidak pompa gagang maskara ke tube berulang kali. Hal ini dapat membuat udara masuk ke dalam dan maskara kamu akan kering, bahkan menggumpal.

Jika kamu ingin maskara dapat bertahan lama dan tidak cepat luntur terkena air, maka dapat menggunakan maskara jenis waterproof.

Blush On

basic make up
PATRICK TA – Double Take Cream + Powder Blush Duo

Perona pipi satu ini dapat membuat wajah kamu terlihat lebih segar, bahkan awet muda. Meski begitu, perlu memilih blush on sesuai dengan skin tone kamu.

Jika kamu memiliki kulit putih, dapat menggunakan blush on warna soft pink atau peach. Untuk pemilik kulit kuning langsat, dapat memakai warna peach, coral, atau soft fuchsia.

Pemilik kulit sawo matang dapat memilih warna rose, berry pink, atau mauve. Sedangkan untuk kulit gelap, dapat memakai warna merah bata, oranye kemerahan, maupun deep pink.

Lip Balm

basic make up
Glossier – Balm Dot Com

Sebelum memakai lipstik, pastikan untuk menggunakan lip balm terlebih dahulu.

Lip balm berguna untuk membuat bibir menjadi lembap, sehingga ketika mengaplikasikan lipstik, bibir kamu tidak kering bahkan pecah-pecah.

Gunakanlah lip balm sebagai basic make up setiap hari, termasuk di malam hari sebelum tidur.

Lipstik

bareMinerals Mineralist Hydra Smoothing Lipstick Confidence | | 9 Basic Make Up Yang Bisa Digunakan Sehari-hari
bareMinerals – Mineralist Hydra Smoothing Lipstick #Confidence

Berbicara basic make up, kurang lengkap rasanya jika tidak memasukkan lipstik. Perona bibir ini dapat membuat wajah kamu tidak terlihat pucat.

Ada banyak pilihan warna dari berbagai brand yang dapat kamu coba. Jika ingin tampil sehari-hari, maka bisa menggunakan warna nude, coral, berry brown, hingga peach. Dengan menggunakan lipstik, juga akan menyempurnakan make up kamu.

Ada berbagai jenis lipstik dengan hasil akhir yang berbeda-beda, seperti matte, creamy, glossy, satin, sheer, hingga velvet. Maka dari itu, kamu bisa memilih jenis lipstik sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya sebagai perona untuk bibir, namun lipstik juga bisa digunakan sebagai pengganti blush on bahkan eyeshadow. Tentu saja hal ini akan menghemat biaya pengeluaran.