Wajib Diketahui: Perbedaan Extension Bulu Mata dan Lash Lift

extension bulu mata
Foto: www.freepik.com

Memiliki bulu mata yang lentik memang menjadi idaman banyak wanita. Sehingga metode pelentikan bulu mata pun kini makin digemari, mulai dari extension hingga lash lift. Apa ya, bedanya? Berikut ini penjelasan perbedaan extension bulu mata dengan lash lift yang harus kamu tahu sebelum masuk salon.

Eyelash Extension vs.Lash Lift

extension bulu mata
Foto: www.freepik.com

Berikut lima perbedaan eyelash extension dan lash lift yang wajib kamu ketahui.

Metode

Sesungguhnya eyelash extension dan lash lift memiliki perbedaan definisi. Extension bulu mata merupakan salah satu metode untuk memperindah bulu mata asli dengan menempelkan bulu mata sintetis menggunakan lem khusus. Penambahan bulu mata palsu ini tentu memiliki bentuk yang berbeda-beda, sehingga nantinya akan disesuaikan dengan bentuk mata.

Sementara definisi lash lift akan cukup berbeda dengan eyelash extension. Di mana metode yang satu ini akan memperindah bulu mata dengan cara melentikkan bulu mata asli menggunakan cairan keratin. Sehingga bulu mata pun akan terangkat dengan maksimal dan membuatnya menjadi lebih lentik.

Lama pemasangan

Extension bulu mata membutuhkan waktu selama kurang lebih satu jam untuk pemasangannya. Sedangkan metode lash lift memerlukan waktu sekitar dua jam. Setelah pemasangan, ada baiknya kamu menghindari bulu mata terkena air untuk membuatnya terlihat lebih sempurna.

Hasil pemasangan

Hasil dari pelentikan bulu mata menggunakan metode lash lift juga akan terlihat lebih natural dan alami. Karena media yang digunakan tentunya bulu mata asli yang tebal dan panjangnya sangat sesuai sehingga terlihat lebih rapi dan segar.

Sedangkan eyelash extension, hasilnya akan kurang natural apalagi jika kamu memilih ukuran bulu mata tambahan yang lebih panjang dibanding bulu mata asli. Tentu perbedaannya akan semakin terlihat. Namun, jika kamu melakukan extension bulu mata dengan tujuan menghadiri acara besar dan resmi, maka ini merupakan pilihan yang tepat.

Tahan lama

Dari segi ketahanan atau seberapa lama bulu mata akan tetap lentik, eyelash extension biasanya akan bertahan selama tiga sampai empat minggu. Sedangkan lash lift mampu bertahan selama enam hingga delapan minggu. Untuk itu, jika kamu ingin memiliki bulu mata lentik yang tahan lama, maka dapat mencoba metode lash lift.

Risiko

Seperti yang diketahui, eyelash extension merupakan perawatan menanamkan bulu mata sintetis dengan menggunakan lem khusus yang dapat menimbulkan alergi. Jika kamu memiliki kulit yang senstif maka akan muncul gejala mulai dari mata menjadi merah, terasa panas, hingga perih.

Sementara lash lift akan jauh lebih aman karena tidak menggunakan benda asing yang ditempel atau ditanamkan pada kelopak mata. Karena metode yang satu ini hanya menggunakan cairan seperti tinta khusus maskara yang bertujuan untuk melentikkan bulu mata.

Perawatan Setelah Melentikkan Bulu Mata

extension bulu mata
Foto: www.freepik.com

Setelah melakukan metode pelentikan bulu mata, tentu kamu perlu merawatnya agar tetap terlihat sempurna dan cantik.

Eyelash extension

Jika kamu baru saja melakukan extension bulu mata, maka hindari kontak air selama 24 jam. Pasalnya jenis bahan yang digunakan untuk proses penyambungan biasanya tidak tahan air. Selain itu, usahakan jangan menggosok mata agar bulu mata tidak berantakan. Namun jika bagian mata terasa gatal, maka gunakan cotton bud untuk menggosoknya.

Untuk merawat bulu mata sambungan, maka kamu juga bisa menyisirnya dengan rutin dengan menggunakan sisir eyelash brush agar lebih aman. Cobalah untuk menyisirnya di pagi hari, setelah mandi, atau setelah mencuci muka. Karena biasanya pada kondisi ini, bulu mata akan terlihat lebih berantakan.

Bulu mata yang terbuat dari bahan sintetis juga rentan terhadap cuaca panas. Maka hindari pergi ke sauna untuk mencegah bulu mata menjadi rusak karena udara panas.

Posisi tidur ketika menggunakan eyelash extension juga perlu dijaga. Jangan tidur dengan posisi menelungkup karena akan membuat bulu mata menjadi rusak. Untuk itu, tidurlah dalam posisi terlentang untuk menjaga sambungan bulu mata tetap aman.

Menjaga extension bulu mata juga dapat dilakukan dengan memerhatikan jenis pembersih wajah yang digunakan. Hindari jenis cleanser atau make up dengan kadar minyak yang tinggi. Karena khawatir akan menyebabkan bulu mata menjadi lengket dan rusak.

Lash lift

Perawatan setelah melakukan lash lift memang tergolong lebih mudah. Namun, selama 24 jam setelah proses tersebut, bulu mata perlu diberikan sedikit perhatian ekstra, seperti:

  • Tidak menggaruk bulu mata
  • Tidak menggunakan riasan mata apa pun dalam waktu 24 jam
  • Hindari kontak dengan air
  • Hindari penggunaan produk yang kasar untuk area mata dan bulu mata
  • Usahakan jangan berenang atau melakukan facial treatment

Yang terpenting adalah memastikan bahwa kamu tetap menjaga bulu mata agar tetap kering. Selain itu, posisi tidur juga akan memengaruhi penampilan bulu mata. Maka kamu perlu tidur dengan posisi terlentang selama satu hingga dua hari agar bulu mata tidak tertekan atau mengerut.

Setelah dua hari pemasangan, maka kamu baru diperbolehkan untuk menggunakan maskara yang tidak mengandung minyak. Lalu, gunakan eye make up remover khusus yang mengandung AHA ketika ingin menghapus riasan.

Jangan lupa untuk memperkuat bulu mata dengan penggunaan serum khusus. Dengan berbagai kandungan seperti vitamin, essential oil, serta nutrisi lainnya, produk ini dapat membantu memperkuat bulu mata agar tidak mudah rontok, lebih panjang, lentik, dan tebal.

Kamu juga perlu mengurangi kebiasaan menggosok mata, terutama ketika sedang mencuci muka di pagi hari yang dapat merusak dan membuat bulu mata menjadi rontok.

Rekomendasi Produk

Berikut rekomendasi produk yang dapat membuat bulu mata semakin lentik.

DHC Eyelash Tonic Gel Eyelash

Gel yang satu ini dapat memperkuat bulu mata dan membantu mencegahnya untuk menjadi rusak. Serum khusus yang terbuat dari ginseng, lidah buaya, serta swertia japonica ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata. Gunakan DHC Eyelash Tonic Gel Eyelash agar bulu matamu terlihat lebih lentik dan semakin memukau ketika menggunakan maskara.

Shiseido Full Lash Serum

Serum ini mampu bekerja dengan tinggi untuk menghasilkan bulu mata yang panjang dan tebal. Dengan aplikator yang nyaman, tentunya produk ini dapat dengan mudah diaplikasikan pada bulu mata. Jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna.  

DS Laboratories Spectral Lash Eyelash Stimulator

DS Laboratories Spectral Lash Eyelash Stimulator diklaim dapat memanjangkan bulu mata hingga 25% hanya dalam waktu tiga minggu. Untuk itu, produk ini akan sangat cocok digunakan ketika kamu ingin melentikkan bulu mata dalam waktu yang singkat dan dengan cara yang aman. Pastikan kamu menggunakannya secara rutin agar bulu mata terlihat lebih panjang dan indah.

Revitalash Advanced Eyelash Conditioner

Serum ini berfungsi sebagai kondisioner yang dapat menumbuhkan dan memperkuat bulu mata. Selain itu, bulu mata pun akan lebih terlindungi dari kerusakan lingkungan dan yang disebabkan oleh produk styiling bulu mata. Produk ini juga mampu meningkatkan tampilan mata dan membuat bulu mata terlihat lebih natural dan sehat ketika digunakan dengan rutin selama tiga minggu.