7 Rekomendasi Toner untuk Kulit Sensitif yang Wajib Dicoba

toner untuk kulit sensitif
Foto: Istimewa

Sedang mencari toner untuk kulit sensitif? Memang harus tepat, karena hika salah memilih, justru dikhawatirkan akan membuat wajah menjadi lebih rusak.

Bagi kamu yang sedang bingung memilih toner untuk kulit sensitif, berikut 7 rekomendasi yang wajib coba.

Jenis-Jenis Toner

jenis jenis toner | | 7 Rekomendasi Toner untuk Kulit Sensitif yang Wajib Dicoba
Foto: www.canva.com

Toner merupakan salah satu basic skincare yang biasanya berbahan dasar air. Umumnya toner digunakan untuk mengangkat debu, sisa make up, maupun minyak berlebih pada wajah.

Biasanya toner dipakai setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah. Toner memiliki dua jenis sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Hydrating toner

Seperti namanya, toner ini diperuntukan untuk menghidrasi dan melembapkan wajah. Jika kulit lembap, maka produk skincare selanjutnya akan terserap dengan cepat dan memberikan hasil yang baik.

Bahan yang biasanya digunakan untuk melembapkan wajah, seperti lidah buaya, hyaluronic acid, hingga vitamin E.

2. Exfoliating toner

Toner jenis ini digunakan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Kandungan yang ada pada eksfoliasi toner, seperti AHA dan BHA. 

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengekafoliasi wajah secara berlebihan karena akan menimbulkan wajah menjadi kering, kemerahan, serta iritasi.

Untuk itu, disarankan untuk mengeksfoliasi wajah setidaknya sekali seminggu.

Fungsi Toner

toner untuk kulit sensitif
Foto: www.canva.com

Selain mengangkat kotoran dan sisa make up, ternyata toner memiliki fungsi lain bagi wajah, yakni :

1. Dapat menyeimbangkan pH kulit

Menggunakan toner dapat menyeimbangkan pH kulit di pH 5-5,5. Dengan pH yang sesuai, maka dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus.

2. Mengecilkan pori-pori wajah

Dengan menggunakan toner secara rutin, maka dapat mengencangkan pori-pori wajah, serta dapat mencegah timbulnya jerawat maupun minyak berlebih.

3. Menghidrasi dan melembapkan wajah

Setelah menggunakan sabun wajah, biasanya kulit akan menjadi kering. Oleh karena itu, perlu menggunakan toner agar dapat menjaga hidrasi dan kelembapan kulit.

Meski begitu, tetap perlu memakai pelembap agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

4. Mencegah timbulnya jerawat

Selain faktor gaya hidup yang tidak sehat, jerawat biasanya ada karena wajah tidak dibersihkan dengan baik.

Oleh karena itu, terjadilah penumpukan kotoran, minyak, serta sisa make up yang tidak terangkat oleh pembersih make up atau sabun wajah. Untuk mengatasinya, perlu menggunakan toner agar tidak memunculkan jerawat baru.

5. Kulit lebih segar dan cerah

Karena toner bekerja untuk mengangkat kotoran, sisa make up, serta sel kulit mati, maka dari itu akan membuat kulit wajah menjadi lebih segar, cerah, serta tidak kering.

Toner untuk Kulit Sensitif

COSRX Centella Water Alcohol Free Toner

Toner pertama yang cocok untuk kulit sensitif adalah dari COSRX. Toner ini memiliki 82% air mineral dari Jeju dan 10% ekstrak air daun centella asiatica.

Dengan begitu, toner ini berfungsi untuk menenangkan kulit yang iritasi, menghidrasi kulit, serta dapat menutrisi kulit dengan vitamin dan mineral.

Benton Aloe BHA Skin Toner

Toner satu ini mempunyai kandungan aloe vera, bahan-bahan alami, dan 0,5% salicyclic acid yang dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit.

Kandungan sodium hyaluronate dan vegetable glycerin memiliki manfaat untuk merawat kulit tetap melembapkan kulit.

Selain itu, toner ini juga dapat mengurangi sel kulit mati dan komedo, merawat skin barrier, hingga dapat meredakan rasa gatal.

Some By Mi Propolis B5 Glow Barrier Calming Skin Toner

Salah satu toner dari Some By Mi ini mengandung propolis, panthenol (B5), serta polen lebah.

Manfaat yang didapat ketika menggunakan toner ini secara rutin adalah dapat mencerahkan wajah, melembapkan, menjaga skin barrier, serta meredakan jerawat.

Beli di sini: https://shopee.co.id/SOME-BY-MI-Propolis-B5-Glow-Barrier-Calming-Skin-Toner-i.455311481.5699316295

Salah satu toner dari Some By Mi ini mengandung propolis, panthenol (B5), serta polen lebah.

Manfaat yang didapat ketika menggunakan toner ini secara rutin adalah dapat mencerahkan wajah, melembapkan, menjaga skin barrier, serta meredakan jerawat.

Klairs Supple Preparation Unscented Toner

Toner dari Klairs ini dapat digunakan untuk kulit sensitif. Pasalnya, toner ini tidak mengandung essential oil yang biasanya dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, toner ini memiliki fungsi untuk melembapkan, menyeimbangkan pH kulit, serta mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Toning Toner

Toner dari Skin1004 ini dapat digunakan untuk kulit iritasi dan kulit berjerawat. Produk ini memiliki kandungan ekstrak centella 84%, niacinamide, hyaluronic acid, serta adenosine yang dapat memberikan perawatan baik untuk kulit.

Toner ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati, hingga menjaga skin barrier untuk membuat kulit tetap sehat.

Avoskin Your Skin Bae Toner Niacinamide 7% + Alpha Arbutin 1% + Kale

Toner ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengurangi noda hitam, menghidrasi kulit, serta dapat memperkuat skin barrier.

Selain itu, dengan kandungan aktifnya, juga mampu mengurangi kemerahan dan tampilan pori-pori, serta dapat merawat kulit pasca jerawat.

Nature Republic Calendula Relief Toner

Salah satu toner dari Nature Republic ini memiliki kandungan ektrak bunga calendula dan bahal herbal kompleks. Sehingga dapat memberikan perawatan yang baik bagi kulit sensitif.

Toner ini berfungsi untuk memberikan kelembapan, serta menenangkan kulit sensitif dan teriritasi. Formulanya yang ringan dapat menyerap dengan mudah.