14 Rekomendasi Lip Balm untuk Bibir Pecah-pecah

rekomendasi lip balm

Bibir menjadi salah satu area yang dapat memengaruhi penampilan. Pasalnya, jika bibirmu mengalami kekeringan hingga pecah-pecah, hal ini akan membuat lipstik yang digunakan tidak terlihat sempurna. Untuk itu kamu perlu melakukan perawatan bibir dengan menggunakan pelembap dan berikut 14 rekomendasi lip balm untuk melindungi sekaligus memperbaiki bibir pecah-pecah

Apa Itu Lip Balm?

Foto: www.freepik.com

Lip balm merupakan pelembap yang dioleskan pada bibir. Biasanya pelembap bibir ini berfungsi untuk mengobati bibir kering atau pecah-pecah yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari atau penggunaan lipstik. Di dalam lip balm biasanya terkandung bahan pelembap tinggi, seperti shea butter, petroleum, lanolin, atau lilin yang dapat bekerja dengan maksimal untuk merawat bibir.

Bagaimana Cara Memilih Lip Balm?

rekomendasi lip balm
Foto: www.rawpixel.com

Berikut beberapa langkah yang perlu kamu ketahui ketika akan memilih lip balm.

Mengetahui jenis pelembap bibir

Fungsi lip balm terbagi dalam tiga jenis, yakni yang dapat melembapkan, mencegah bibir kering dan pecah-pecah, serta mengobati bibir kering, untuk itu kamu perlu menyesuaikannya dengan kondisi bibirmu. Jika bibirmu baik-baik saja, maka kamu dapat memilih lip balm bernutrisi yang dapat melindungi sekaligus mencegah bibir kering. Namun, jika kondisi bibirmu pecah-pecah dan sangat kering maka pilihlah pelembap bibir yang sering disebut sebagai medicated lip balm.

Pilih pelembap bibir yang melindungi dari sinar matahari

Ketika kamu memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, ada baiknya untuk memilih lip balm dengan kandungan SPF yang dapat melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Karena sinar ultraviolet dapat menyebabkan keretakan dan pengelupasan sehingga membuat bibirmu menjadi lecet dan terluka.

Pilih pelembap bibir yang memberikan rona 

Jika kamu ingin terlepas dari penggunaan lipstik yang dapat memperburuk kondisi bibir yang pecah-pecah, maka pilihlah tinted lip balm. Selain menutrisi dan memperbaiki bibir yang pecah-pecah, pelembap ini juga dapat memberikan rona pada pada bibirmu. 

Pilih wadah pelembap bibir yang aman

Lip balm yang beredar di pasaran memiliki bentuk wadah yang berbeda-beda, mulai dari kaleng, stik, atau pop ball. Pelembap bibir dengan kemasan jar, pot, atau kaleng biasanya menjadi produk yang dihindari karena dianggap kurang higienis. Untuk itu kamu bisa memilih produk dengan wadah yang berbentuk stik atau pop ball. Selain lebih aman, lip balm ini juga sangat praktis untuk digunakan.  

Rekomendasi Lip Balm

Berikut 14 rekomendasi lip balm yang dapat kamu coba.

Burt’s Bees Original Beeswax Lip Balm

rekomendasi lip balm

Produk legendaris ini memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga kelembapan bibirmu. Terbuat dari lilin lebah, vitamin E, dan minyak peppermint, membuat lipabalm yang satu ini akan memberikan rasa yang menyegarkan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan bibir yang halus dan kenyal. Burt’s Bees Original Beeswax Lip Balm juga diformulasikan tanpa paraben, phthalates, dan petrolatum atau SLS.

Fresh Sugar Lip Balm Sunscreen SPF 15

rekomendasi lip balm

Lip balm yang satu ini dapat menghidrasi sekaligus menghaluskan bibirmu yang pecah-pecah. Selain memberikan kelembapan, produk ini juga dapat memberikan rona warna pada bibir, sehingga menjadi produk yang multifungsi. Pelembap bibir ini mengandung minyak meadowfoam, black currant seed, dan minyak biji anggur yang dapat melindungi dari radikal bebas akibat paparan sinar matahari.

Maybelline Baby Lips Color Lip Balm

rekomendasi lip balm

Tersedia dalam empat pilihan warna cerah, lip balm ini dapat menutrisi sekaligus melembapkan bibir. Dengan mengandung jojoba oil dan vitamin E, produk ini mampu melembapkan bibir dengan baik hingga 12 jam. Tak hanya itu, Maybelline Baby Lips Color Lip Balm juga dilengkapi dengan SPF 20 sehingga dapat melindungi bibir dari sinar matahari. 

Lanolips The Original 101 Ointment Multipurpose Superbalm

rekomendasi lip balm

Produk multifungsi ini dapat digunakan dengan 101 cara berbeda mulai dari melembapkan bibir yang sangat kering dan pecah-pecah, melembutkan bercak kulit, kutikula, siku, dan lainnya. Selain itu, pelembap ini juga alam digunakan selama kehamilan, menyusui, dan pada bayi. Produk ini mendapatkan gelar The World’s Best Lip Balm yang diberikan oleh Reddit dan The Times UK.

Olio E Osso Natural Lip & Cheek Balm

Mengandung bahan pelembap alami seperti lilin lebah dan minyak zaitun, menjadikan produk ini dapat melembapkan bibir dan area wajah lainnya, seperti pipi dan bahkan rambut. Selain itu, lip balm ini juga memiliki sembilan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan seleramu. Kamua hanya perlu mengolesinya pada area bibir dan pipi yang kering.

Kaike Lip Frosting

Produk rekomendasi lip balm ini berbahan dasar lilin candelilla yang dicampur dengan mentega mangga yang dapat menyegarkan kulit, minyak kelapa untuk melembapkan, serta minyak jarak yang dapat menambah kilau pada bibirmu. Selain melembapkan bibir, pelembap ini dapat sekaligus digunakan untuk kulit, rambut, dan kuku.

Glossier Balm Dotcom

rekomendasi lip balm

Glossier Balm Dotcom diklaim dapat menghidrasi, melembapkan, sekaligus menutrisi kulit kering. Produk ini mengandung tiga pelembap yang sangat berguna yakni minyak jarak, lilin lebah, dan lanolin yang dapat menenangkan dan memperbaiki bibir pecah-pecah. Selain itu, pelembap bibir ini memiliki tujuh varian warna dan rasa.

SheaMoisture Coconut & Hibiscus Shea Butter Lip Balm

Pelembap bibir ini mengandung shea butter, minyak kelapa, dan bunga hibiscus yang dapat menutrisi sekaligus melembutkan bibir yang pecah-pecah. Dengan kemasan yang ringan serta praktis untuk dibawa berpergian, produk ini juga dapat dengan mudah digunakan. Memiliki tekstur menyerupai gel, kamu bisa mengoleskan dan meratakannya langsung ke bibir ataupun dengan bantuan jari. 

KNC Beauty Supa Balm

rekomendasi lip balm

Jika kamu mencari lip balm dengan pilihan vegan, maka kamu dapat menggunakan KNC Beauty Supa Balm yang mengandung minyak nabati dan mentega untuk menghidrasi sekaligus menutrisi bibir pecah-pecah. Selain itu, pelembap bibir ini juga mengandung moringa, shea butter, dan minyak kukui yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas. KNC Beauty Supa Balm juga bebas dari paraben dan petroleum sehingga aman untuk digunakan.

Laneige Lip Sleeping Mask

rekomendasi lip balm

Meski ini merupakan masker bibir dan bukan lip balm, namun produk ini mampu menghidrasi dengan sangat baik sehingga kamu wajib mencobanya. Laneige Lip Sleeping Mask dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati pada malam hari sehingga bibirmu akan terasa lembap dan kenyal di pagi hari. Selain itu, masker ini memiliki empat varian aroma yang bisa disesuaikan dengan pilihanmu.

RMS Beauty Tinted Daily Lip Balm

Jika kamu tidak bisa terlepas dari lipstik, maka pilihlah lip balm yang dapat memberikan rona warna pada bibirmu, RMS Beauty Tinted Daily Lip Balm misalnya. Produk ini mengandung minyak jojoba dan cocoa butter yang dapat memanjakan, melindungi, sekaligus menutrisi bibirmu. Selain itu, pelembap bibir ini dapat menghidrasi dengan baik hingga 12 jam.

Palmer’s Cocoa Butter Formula Lip Balm

Mengandung cocoa butter dan vitamin E, membuat lip balm ini dapat melembutkan sekaligus menghidrasi bibirmu secara maksimal. Produk ini juga mengandung SPF 15 yang dapat melindungi bibir dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Terdapat tiga varian yang dapat kamu pilih yakni dark chocolate mint, dark chocolate cherry, dan original.

L’Occitane Shea Butter Ultra Rich Lip Balm

rekomendasi lip balm

Mengandung 10% shea butter, membuat lip balm ini dapat melembapkan sekaligus menutrisi bibir pecah-pecah. Selain itu, produk ini juga dapat membantu proses regenerasi kulit bibir sehingga memberikan hasil akhir bibir yang kenyal dan lembut. Kamu bisa menggunakan pelembap bibir ini beberapa saat sebelum mengenakan lipstik.

Egyptian Magic Cream

rekomendasi lip balm

Rahasia kecantikan Cleopatra ini mengandung minyak zaitun, madu, beeswax, bee pollen, royal jelly, dan bee propolis yang dapat melembapkan bibir sekaligus mengobati kulit kering, luka bakar, bekas operasi, dan masalah kulit lainnya, sehingga menjadikannya sebagai produk yang multifungsi. Krim ini diformulasikan bebas dari paraben, bahan pengawet, dan parfum sehingga aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif.

Selanjutnya: 14 Lipstik Matte Terbaik.