9 Rekomendasi Masker untuk Mengangkat Komedo di Wajah

masker komedo
Foto: www.pexels.com

Ketika sedang bercermin dan menemukan komedo yang menumpuk, kemungkinan kamu akan langsung menyentuh wajah. Namun, hal tersebut justru bisa menimbulkan masalah baru pada kulit karena bakteri yang ada pada tangan akan pindah ke permukaan wajahmu. Jadi, untuk lebih amannya, coba gunakan masker komedo.

Cara Memilih Masker Komedo

masker komedo
Foto: www.freepik.com

Berikut tips memilih masker komedo yang dibuat khusus untukmu.

Sesuaikan produk dengan jenis kulit

Clay mask untuk kulit sensitif

Siapa pun rasanya pasti pernah memiliki komedo, baik itu pemilik kulit kering, berminyak, sensitif, atau normal. Dari beragam jenis masker yang ada, tentunya hal ini perlu disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki.

Untukmu yang memiliki kulit sensitif, cobalah menggunakan clay mask yang dapat mencegah munculnya peradangan dan iritasi. Masker lumpur yang diambil dari dasar laut itu biasanya dilengkapi dengan bahan anti-inflamasi yang bisa membuat wajah menjadi lebih bersih dan nyaman.

Peel-off mask yang pas untuk kulit normal

Sebenarnya pemilik kulit normal bisa menggunakan seluruh jenis masker yang ada di dunia ini, namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka pilihlah produk peel-off mask.

Masker ini memiliki kemampuan maksimal untuk membersihkan komedo secara menyeluruh. Selain itu, kulitmu juga akan lebih kencang dan sel kulit mati dapat meluruh dengan sempurna.

Sheet mask untukmu pemilik kulit kering

Masker lembaran ini biasanya digemari oleh banyak wanita karena lebih praktis untuk digunakan. Dengan memiliki ukuran yang tipis, produk ini bisa memberikan efek hidrasi yang baik untukmu yang memiliki kulit kering. Pastikan memiilih varian yang bisa mengangkat komedo, ya!

Perhatikan bahan kandungan

Jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, tentunya pilihlah produk yang memiliki kandungan pelembap di dalamnya. Karena dengan menggunakan bahan tersebut maka kamu dapat menghilangkan komedo sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Namun jika kamu membutuhkan produk yang bisa membantu mengencangkan kulit, cobalah untuk menggunakan masker yang mengandung ekstrak tumbuhan dan asam sitrat. Karena nantinya setelah komedo berhasil hilang, maka tekstur kulitmu akan terganggu dan harus segera diatasi.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pastikan memilih produk yang mengandung tea tree oil dan vitamin C yang dapat menyerap minyak berlebih sekaligus mencerahkan wajah yang kusam. Tak hanya membersihkan komedo, kandungan tersebut juga bisa mencegah timbulnya jerawat.

Cara Menggunakan Masker

masker komedo
Foto: www.pexels.com

Tentunya ini merupakan hal penting yang tidak boleh terlewat olehmu.

Gunakan pelembap setelah memakai masker

Tidak ada salahnya untuk menggunakan pelembap meski masker tersebut dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Karena, setelah menggunakan masker komedo biasanya tekstur kulit akan berubah dan kandungan minyak juga akan hilang. Untuk itu, jangan lupa menambahkan pelembap ke dalam rangkaian perawatan wajahmu.

Perhatikan frekuensi pemakaian

Umumnya, masker wajah disarankan untuk digunakan sebanyak satu kali dalam seminggu. Karena jika lebih dari jumlah tersebut, khawatir akan menambahkan masalah baru pada kulit.

Proses pengangkatan komedo dilakukan dengan menyerap kotoran hingga ke pori-pori terdalam, dan tentunya proses regenerasi kulit membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Cara Mencegah Munculnya Komedo

Foto: www.freepik.com

Berikut beberapa langkah untuk mencegah munculnya komedo di wajah.

Menjaga kebersihan wajah

Tentunya, salah satu cara untuk mencegah munculnya komedo adalah menjaga kebersihan wajah. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti rajin mencuci muka dan tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

Selain itu, usahakan rambutmu tidak sering mengenai wajah, karena kotoran yang ada pada rambut bisa berpindah ke wajah.

Melakukan perawatan

Hal paling penting ketika ingin mencegah munculnya komedo adalah berusaha untuk merawat wajah. Baik dengan rutin membersihkan wajah yang dilanjutkan dengan penggunaan rangkaian skin care, atau dengan menggunakan masker yang bisa membuat wajahmu kembali segar dan bersih.

Memperbaiki pola makan

Ternyata, kondisi kulitmu juga dapat dipengaruhi oleh asupan makanan yang ada di dalam tubuh, lho. Jika kamu ingin memiliki kulit wajah yang lebih baik maka tidak ada salahnya untuk memperbaiki pola makan. Selain itu, jangan lupa menambahkan asupan sayur dan buah-buahan agar kulitmu memiliki antioksidan yang cukup.

Rekomendasi Masker yang Bisa Mengatasi Komedo

Berikut produk rekomendasi yang ampuh untuk mengatasi komedo.

Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores

Berkat kandungan arang bambu dan tanah liat, masker ini dapat menghilangkan minyak berlebih penyebab munculnya komedo sekaligus menyerap racun yang ada pada wajah.

Selain itu, Clear Improvement Active Charcoal Mask bisa bekerja dengan maksimal untuk membersihkan hingga bagian terdalam sekaligus mengecilkan pori-pori wajah. Kabar baiknya, produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Siapa pecinta masker clay? Kebanyakan penggemar masker jenis ini adalah pemilik kulit sensitif dan berminyak yang tentunya menginginkan perawatan terbaik pada wajah.

Untuk itu, jangan lupakan Bamboo Charcoal Mud Pack dari Nature Republic, karena produk ini efektif menghilangkan komedo dan sel kulit mati pada wajah. Sehingga akan memberikan hasil akhir kulit yang bersih dan kencang. 

Lush Mask of Magnaminty

Penggemar es krim mint choco pastinya akan menyukai masker komedo yang satu ini.

Mengandung peppermint oil yang dipadukan dengan marigold dan chlorophyllin ini berfungsi untuk mengangkat kulit mati dengan lembut sehingga bisa memperbaiki sekaligus membuat kulit terlihat lebih cerah dan segar. Kelebihan dari produk ini bisa digunakan pada wajah dan badan, lho.

Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm

Berasal dari volcanic clay yang hanya bisa ditemukan di Pulau Jeju, menjadikan produk ini dapat berfungsi untuk menyerap kotoran dan sebum yang ada pada kulit.

Ketika mengaplikasikannya, balm akan berubah menjadi minyak lembut yang akan membersihkan komedo di hidungmu. Jangan lupa untuk memberikan pijatan-pijatan halus pada kulitmu.

GlamGlow Supermud Clearing Treatment

Jika kamu terlalu banyak memiliki permasalahan kulit, maka kini saatnya mencoba GlamGlow Supermud Clearing Treatment yang dapat mengatasi pori-pori tersumbat, jerawat, bintik hitam, serta komedo hitam dan putih. Tentunya manfaat ini juga dapat dirasakan oleh semua jenis kulit.

Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Diperkaya dengan minyak alami, vitamin E, dan bubuk arang aktif menjadikan Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask berfungsi untuk membantu mengangkat kotoran terdalam dari pori-pori sehingga terbebas dari komedo. Selain itu, perawatan wajah ini juga dapat menstimulasi wajah agar terlihat cerah dan segar.

Laneige Mini Pore Waterclay Mask

Masker ini bertekstur gel yang diformulasikan khusus dari lumpur mineral asli yang dapat menyerap minyak pada wajah. Selain itu, produk ini juga bisa meluruhkan sel kulit mati dan mencegah timbulnya jerawat.

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask

Jika sebelumnya bertekstur balm, maka kali masker yang satu ini berbentuk clay yang dapat mengontrol minyak berlebih sekaligus membersihkan pori-pori wajah. Kelebihan dari produk ini adalah bisa memberikan efek dingin menyegarkan ketika diaplikasikan. Sangat cocok digunakan setelah beraktivitas seharian.

Biore Self Heating One Minute Mask

Ketika kamu ingin melakukan perawatan wajah namun harus buru-buru melakukan aktivitas lain, maka masker yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Pasalnya, Biore Self Heating One Minute Mask bisa membersihkan kotoran pada pori-pori wajah hanya dalam satu menit.