Panduan Lengkap Melakukan Self Care (Untuk yang Masih Bingung)

self care
Foto: www.rawpixel.com

Meski self care sangat bermanfaat untuk kehidupanmu, akan tetapi saat ini perawatan diri menjadi hal yang sulit dilakukan. Apalagi ketika kamu harus disibukkan dengan pekerjaan dan segudang aktivitas lain yang melelahkan. Lantas, bagaimana jika kesulitan untuk melakukan perawatan diri? Apa yang harus dilakukan?

Simak penjelasan Imelda Konghoiro, M.Psi.,Psikolog Psikolog Klinis dari Clarity Psychology Center yang akan membahas manfaat self care dan cara merawat diri meski berada di tengah kesibukan.

Apa Itu Self Care?

self care
Foto: www.freepik.com

Menurut Imelda, self care merupakan “tindakan fisik, emosi, dan relasi yang kita lakukan dengan tujuan untuk merawat diri kita seutuhnya. Self care sangat penting untuk dilakukan karena hal ini menunjukkan betapa kita mencintai diri kita, menyegarkan pikiran kita, dan yang pasti membuat kita juga semakin percaya diri dengan diri sendiri,” jelasnya.

Lantas, apakah berbeda dengan self love?

 “Kalau self care itu lebih menggambarkan perawatan diri yang dilakukan secara fisik dan mental. Sedangkan self love itu lebih pada menumbuhkan penerimaan terhadap diri kita sendiri. Akan tetapi, self care juga merupakan salah satu bentuk dari self love,” jawabnya.

Apa Saja Manfaat dari Merawat Diri?

self care
Foto: www.freepik.com

Terdapat beberapa manfaat dari merawat diri, di antaranya adalah

Mencegah munculnya stres

Dengan merawat diri ternyata kita bisa mencegah munculnya stres. Hal ini pun  dapat membuat hidupmu menjadi lebih baik.

Menjaga suasana hati agar tidak bosan menjalankan rutinitas

Ketika mulai jenuh dengan rutinitas yang dijalani, tentu kita perlu melakukan sesuatu agar kembali bersemangat. Dan self care bisa menjadi salah satu opsinya.

Baca Juga :  Tanya Psikolog: Bagaimana Broken Home Dapat Berdampak pada Anak?

Menjadi orang yang lebih baik untuk orang lain

Tidak hanya menjadi lebih baik untuk dirimu sendiri, merawat diri juga bisa membuatmu menjadi individu yang lebih baik untuk orang lain.

Memberi diri kita me-time yang berkualitas

Untuk memiliki waktu me-time, tentu “kita harus bisa memanajemen waktu dengan baik. Tidak perlu melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan, tetapi seberapa berkualitas kegiatan yang kamu lakukan tersebut,” ujar Imelda.

Membuat tubuh menjadi lebih tenang dan rileks

Dengan merawat diri, ternyata bisa membuatmu menjadi lebih tenang dan rileks.

Meningkatkan kepercayaan diri

Self care bisa membuatmu semakin mengetahui diri sendiri dan mencoba mencari tahu apa yang bisa kamu lakukan. Hal ini pun dapat menjadikanmu semakin percaya diri.

Lantas, apa saja yang termasuk dalam self care? Menurut Imelda, terdapat beberapa hal yang termasuk ke dalam perawatan diri, seperti:

  • Menjalani hidup sehat
  • Menjaga kebersihan diri
  • Merawat tubuh dengan mencuci muka, menggunakan skin care, atau lainnya
  • Bertemu dengan teman
  • Melakukan hobi
  • Relaksasi

Selain itu, Psikolog Klinis yang satu ini juga menuturkan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat diri, yakni:

  • Menonton acara kesukaan
  • Mempercantik atau memanjakan diri
  • Melakukan meditasi
  • Makan makanan yang bergizi
  • Berolahraga
  • Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Bagaimana Jika Kesulitan Untuk Melakukan Self Care?

Foto: www.freepik.com

“Semuanya itu harus dimulai terlebih dahulu dengan adanya kemauan. Jadi, kita harus menimbulkan dulu motivasi untuk menjadi lebih baik. Yang pasti untuk menjadi lebih baik, maka harus dengan kemauan diri sendiri dan bukan karena orang lain,” ungkap Imelda.

Nantinya, lama-kelamaan perubahan tersebut akan menjadi kebiasaan, dan “akhirnya akan menetap dalam diri kita masing-masing. Kita juga bisa meminta bantuan kepada orang terdekat untuk mengingatkan atau sekadar memberikan dukungan serta bantuan agar kita semakin semangat untuk merawat diri,” sarannya.

Baca Juga :  Tanya Ahli: Apa Sebenarnya Manfaat Air Mawar?

Akan tetapi, mengapa seseorang sulit melakukan perawatan diri?

“Karena banyak orang masih belum memerdulikan atau belum mengetahui pentingnya melakukan self care untuk diri mereka. Banyak orang memilih acuh tak acuh, malas, bahkan tidak mau tahu atau peduli dengan penampilan dan kesehatan fisiknya. Atau ada juga yang merasa sibuk dan tidak memiliki waktu untuk merawat diri mereka,” jawabnya.

Tentunya, ketika seseorang tidak pernah atau jarang melakukan perawatan terhadap dirinya, maka hal ini akan berpengaruh pada kehidupannya. “Dampaknya adalah seseorang akan mudah menjadi stres, merasa tertekan, rendah diri, bahkan bisa sampai ke gangguan mental juga,” ucap Psikolog Klinis yang satu ini.

Apakah Self Care = Selfishness?

Foto: www.freepik.com

“Biasanya, hal ini memang sering disalahpahami. Namun, self care 'kan sebenarnya adalah cara kita mencintai diri dengan merawat diri kita sendiri. Bukan berarti hal ini mengarah ke perilaku egois atau selfish. Merawat diri bukan berarti kita hanya mementingkan diri sendiri saja,” katanya.

Untuk menjadikan self care agar tidak berubah menjadi selfishness, maka hal ini bisa dilakukan “dengan selalu memerdulikan dan memiliki empati terhadap orang lain. Kita juga harus mengetahui bagaimana caranya agar kita tetap mencintai diri tanpa menghiraukan kepentingan orang lain. Serta, rawatlah diri sesuai dengan porsinya dan jangan berlebihan,” pesan Imelda.

Adakah Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Merawat Diri?

self care
Foto: www.freepik.com

Ketika merawat diri maka perlu diperhatikan kesanggupan diri kita, “maksudnya adalah kita harus cek juga waktu untuk merawat dirinya tepat atau tidak, kondisinya sesuai atau tidak, budget-nya sesuai atau tidak,” paparnya.

“Jangan sampai kita tujuannya baik ingin merawat diri, tetapi malah merugikan orang lain dan diri sendiri juga, serta terlalu memaksakan diri kita,” tambahnya.

Baca Juga :  Apakah Anak Perlu Melakukan Tes IQ?

“Untuk memiliki waktu me-time, kita perlu mengatur wantu dengan baik. Memang terkadang kita sibuk bekerja, namun jangan lupa agar meluangkan waktu untuk me-time, dan salah satunya dengan merawat diri. Karena, di sini kita tidak melihat berapa lama waktu yang kamu butuhkan, tetapi seberapa kualitasnya kegiatan yang kamu lakukan tersebut,” terang Imelda.

Jadi, ketika kamu hanya memiliki waktu selama 1 jam saja, “maka lakukan hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut. Karena sekali lagi, yang dilihat adalah bukan kuantitasnya, tetapi seberapa berkualitas kegiatan me-time yang kamu lakukan,” ingatnya.

Lalu, seberapa sering kita harus merawat diri?

“Sebenarnya seberapa sering kita harus melakukan self care tidak ada batasnya, semua juga tergantung dari pribadi masing-masing. Namun kalau ingin objektif, merawat diri bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali. Jadi di weekdays boleh kerja, nanti sewaktu weekend luangkan waktu untuk melakukan self care,” anjurnya.

Kesimpulan

Foto: www.pexels.com

Terdapat “sedikit pesan-pesan untuk semua pembaca LIMONE, self care sangat penting untuk dilakukan. Namun jangan lupa harus ada batasan dan sesuai dengan kesanggupan masing-masing. Tidak ada alasan untuk tidak melakukan self care. Dari 24 jam kamu bernapas, pasti ada waktu yang bisa kamu gunakan untuk merawat atau melakukan hal-hal yang kamu suka,” ujarnya.

Caranya? “Setiap orang berbeda-beda, ada yang suka meluangkan waktu dengan melakukan hobi yang disukai, atau melakukan perawatan diri ke salon atau di rumah. Atau bisa juga sekadar duduk santai dengan segelas teh hangat,” lanjutnya.

“Jadi intinya, jangan ragu untuk melakukan self care sebagai salah satu bentuk bahwa kamu cintai diri kamu. Pahami terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan dan kesanggupanmu. Selamat mencoba!” pesannya.