Suka Jus Alpukat? Itu Berarti Tubuhmu Mendapatkan 11 Manfaat Ini

manfaat jus alpukat
Foto: www.freepik.com

Berkat teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, menjadikan alpukat digemari oleh banyak orang. Buah yang satu ini juga dapat diolah dalam berbagai hidangan, dan salah satu yang paling disukai adalah jus alpukat. Menariknya terdapat berbagai manfaat jus alpukat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Jus Alpukat

manfaat jus alpukat
Foto: www.rawpixel.com

Buah berwarna hijau dengan memiliki bentuk menyerupai pir ini dianggap dapat berkhasiat baik untuk tubuh. Berikut 11 manfaat jus alpukat yang bisa kamu peroleh ketika mengonsumsinya.

Sangat bergizi

Alpukat dianggap menjadi buah yang sehat. Selain itu, karena memiliki rasa yang enak dan teksturnya yang unik, menjadikan buah alpukat sering kali ditambahkan dalam berbagai hidangan. Menariknya, buah yang satu ini juga memiliki gizi yang tinggi dan mengandung berbagai macam nutrisi.

Dalam satu porsi yakni 3,5 ons atau setara dengan 100 gram alpukat mengandung 160 kalori dan 9 gram karbohidrat. Selain itu, terdapat asupan vitamin C sebanyak 10 mg; 2,1 mg vitamin E; 21 mcg vitamin K; 0,3 mg vitamin B6; 81 mcg asam folat; dan 12 mg kalsum.  

Kabar baiknya, buah ini tidak mengandung kolesterol serta memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah. Berkat hal tersebut, alpukat pun menjadi buah yang digemari oleh banyak orang.

Mengandung banyak kalium

Kalium menjadi salah satu nutrisi yang memiliki banyak peran penting di dalam tubuh. Namun, terkadang kebanyakan orang tidak mendapatkan asupan kalium yang cukup. Untungnya, dalam porsi 3,5 ons (100 gram) alpukat, mengandung kalium sebanyak 14% dari jumlah harian yang disarankan.

Menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi asupan kalium yang tinggi dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Pasalnya, tekanan darah yang tinggi merupakan faktor risiko utama dalam serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi lemak. Namun, mayoritas lemak dalam buah ini adalah asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal. Menurut penelitian, asam oleat dapat membantu mengurangi peradangan.

Selain itu, asam oleat ini juga terbukti memiliki efek yang menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Karena hal itu, manfaat jus alpukat pun berdampak baik untuk kesehatan tubuh.

Kaya akan serat

Manfaat jus alpukat selanjutnya adalah mengandung banyak serat. Sehingga, buah yang satu ini dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, mengurangi lonjakan gula darah, dan lebih rendah mengalami risiko penyakit tertentu.

Dalam 3,5 ons alpukat, mengandung 25% serat larut dan 75% serat tidak larut. Serat larut ini dikenal dapat memberi makan bakteri usus ramah, yang memiliki fungsi penting pada tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol

Menurut WHO, penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling umum di dunia. Sebuah studi menuturkan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan. Serta daapt membantu penurunan kolesterol LDL hingga 22 % dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) hingga 11 %.

Salah satu penelitian menemukan fakta bahwa menambahkan alpukat ke dalam diet vegetarian rendah lemak, secara signifikan dapat mengatur kadar kolesterol.  Meski hasilnya dapat membuat manfaat jus alpukat berdampak baik untuk kesehatan namun penelitian yang dilakukan hanya dalam jangka waktu yang pendek.

Membuat tubuh lebih sehat

Seseorang yang mengonsumsi alpukat ternyata miliki tubuh yang lebih sehati dibandingkan orang yang tidak memakan buah yang satu ini. Karena, alpukat memiliki asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi serta dapat menurunkan risiko sindrom metabolik, yakni sekelompok gejala yang merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung dan diabetes.

Lemaknya dapat menyerap nutrisi

Nutrisi yang ada di dalam tubuh juga harus diserap dan dipindahkan dari saluran pencernaan ke bagian tubuh yang membutuhkan asupan tersebut. Namun, beberapa nutrisi dapat larut di dalam lemak sehingga mereka perlu dikombinasikan dengan lemak agar dapat bermanfaat bagi tubuh.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak yang ada di dalam alpukat dapat meningkatkan penyerapan antioksidan hingga 15 kali lipat. Tidak hanya bergizi tinggi, manfaat jus alpukat juga dapat menaikkan nilai gizi makanan lain yang dikonsumsi tubuh.

Mengandung antioksidan

Tidak hanya meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain, ternyata alpukat sendiri juga mengandung antioksidan yang tinggi. Mulai dari karotenoid lutein dan zeaxanthin yang memiliki peran penting untuk kesehatan mata.

Studi menunjukkan bahwa dua antioksidan tersebut sering dikaitkan dengan penurunan drastis risiko katarak dan degenerasi makula yang umum terjadi pada orang dewasa.

Membantu mencegah kanker

Menurut studi tabung yang dilakukan, alpukat dapat membantu mengurangi efek samping dari kemoterapi pada limfosit manusia. Selain itu, ekstrak alpukat juga telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Membantu meringankan gejala peradangan sendi

Arthritis merupakan istilah yang digunakan sebagai penyebutan peradangan sendi. Menurut sebuah studi, ekstrak minyak alpukat dapat membantu mengurangi gejala peradangan sendi. Biasanya, gejala ini akan dialami oleh orang tua.

Membantu menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi alpukat yang dikombinasikan dengan makanan lain akan 23% merasa lebih kenyang. Serta memiliki keinginan makan 28% lebih rendah selama lima jam ke depan.

Jika kamu menambahkan alpukat ke dalam makanan lain dalam jangka panjang, maka hal tersebut dapat membantumu untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori. Selain itu, alpukat juga tinggi akan serat dan rendah karbohidrat, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Alpukat

Foto: www.freepik.com

Selain dibuat sebagai jus alpukat, kamu juga bisa mengolahnya dengan berbagai hidangan yakni

Es alpukat

Ketika menghadapi cuaca yang terik, es alpukat yang dipadukan dengan air kelapa dapat menjadi pelepas dahaga yang baik. Jika kamu tertarik untuk membuatnya di rumah, maka tuang air kelapa hijau secukupnya ke dalam mug dan campur dengan krimmer kental manis serta selasih. Lalu, tambahkan potongan alpukat dan es ke dalamnya.

Salad alpukat

Jika kamu penggemar salad, maka cobalah untuk menambahkan potongan alpukat. Baik itu salad buah atau sayur, nantinya buah berbentuk seperti pir ini akan menambah rasa dan nutrisi pada hidangan. Pasalnya, kandungan lemak tak jenuh pada alpukat dapat membantu menyeimbangkan vitamin dan protein yang terkandung di dalam salad.

Sehingga nantinya bisa membantu metabolisme tubuh agar lebih baik dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

Puding alpukat

Jika kamu sedang menginginkan camilan sehat, maka pudding alpukat merupakan pilihan terbaik. Kamu bisa memilih pudding rasa apa pun, lalu tambahkan alpukat yang telah dipotong menjadi dadu. Hidangan ini akan sangat nikmat dikonsumsi selagi dingin.

Avocado smoothie

Bagi pecinta makanan sehat, rasanya sudah tidak asing lagi dengan smoothie alpukat. Untuk membuatnya, cukup campurkan alpukat dengan sayuran kale, lalu blender hingga halus. Jika kamu ingin tekstur smoothie lebih cair, maka cobalah untuk menambahkan air secukupnya.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Selain memiliki rasa yang nikmat, manfaat jus alpukat juga dapat berdampak baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari memiliki gizi yang tinggi hingga dapat menurunkan berat badan. Tak hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus alpukat, ternyata buah yang satu ini juga bisa kamu olah dalam berbagai bentuk sesuai selera.