Panduan Lengkap Urutan Pemakaian Skincare, dari Seorang Dermatolog

urutan pemakaian skincare
Foto: www.stocksy.com

Mungkin kamu hapal urutan membuat spaghetti brulee, kopi dalgona atau klepon, tapi tahukah kamu urutan pemakaian skincare yang benar? LIMONE sendiri masih sering bingung, kapan harus mengaplikasikan pelembap. Dan berbicara tentang urutan, apa pentingnya sih, memakai produk skincare yang tepat? Apakah mendadak bisa langsung jerawatan, misalnya, jika urutannya keliru?

Untuk itulah LIMONE menghubungi dr. Indah Widyasari, SpKK, seorang dermatolog di ZAP Premiere Clinic dan Bamed Skin Care, serta anggota Perdoski Jakarta dan anggota Kelompok Studi Laser Indonesia (KSDLI)-Perdoski. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui urutan pemakaian skincare yang dianjurkan oleh ahli kulit.

Mengapa Urutan Pemakaian Skincare yang Tepat Sangat Penting?

urutan pemakaian skincare
Foto: www.rawpixel.com

Selalu bertanya-tanya, apakah mengaplikasikan tabir surya sebelum atau sesudah pelembap ada bedanya?

“Urutan pemakaian skincare atau produk perawatan kulit yang tepat sangat penting karena hal ini dapat memengaruhi zat aktif (ingredients) pada produk skincare dapat bekerja dengan baik dan maksimal,” jelas Dokter Indah. “Urutan atau tahapan ini membuat kulit siap menerima produk serta dapat meningkatkan penyerapan produk lebih optimal,” tambahnya.

Menurutnya, secara umum ahli kulit menyarankan untuk mengaplikasikan skincare dengan panduan dasar ini: bersihkan wajah, lalu oleskan produk perawatan/ pengobatan yang mengandung zat aktif tertentu, lalu pelembap dan sunscreen.

Dan alas bedak, highlighter, primer, dan teman-temannya (baca: produk makeup)? “Makeup dapat digunakan setelahnya, umumnya 30 menit dari pemakaian skincare,” katanya.

Dan jika kamu berpikir untuk menganut haluan ‘tidak cuci muka di pagi hari karena hanya tidur dan tidak keluar ruangan’—pertimbangkan lagi dengan matang.

“Sebaiknya tetap bersihkan wajah sebelum memakai skincare minimal dua kali sehari, meskipun memiliki jenis kulit kering dan sensitif,” anjurnya. Mengapa? “Pada pagi hari tetap membersihkan wajah karena tetap ada minyak yang menempel di kulit kita dan juga membersihkan sisa skincare yang digunakan pada malam harinya,” tegasnya.

Berbicara tentang pembersih wajah, gunakan pembersih (cleanser) yang lembut, dan sesuai dengan tipe dan jenis kulit. “Kulit berminyak dapat memilih gel/ foam-based, sedangkan kulit kering sensitif non-foaming, non fragrance, dan rendah surfaktan,” terangnya.

Apa Prinsip Dasar yang Harus Diingat tentang Aturan Pemakaian Produk Skincare

urutan pemakaian skincare
Foto: www.freepik.com

Jika dalam pembuatan spaghetti brulee, prinsip yang harus diperhatikan adalah jumlah saus krim keju, maka dalam urutan pemakaian skincare, ada beberapa yang wajib kamu ingat.

  1. Produk skincare sebaiknya diaplikasikan ke kulit segera setelah membersihkan wajah.
    “Karena skincare, pelembap/ moisturizer khususnya, bekerja baik saat kondisi kulit lembap, di mana salah satu cara kerjanya adalah menahan penguapan serta menarik air dari lapisan di bawah kulit atau lingkungan,” terangnya.
  2. Produk skincare dengan tingkat absorpsi perkutannya lebih baik, sebaiknya digunakan lebih dulu.
    Dalam hal ini, contohnya adalah produk skincare dengan bahan dasar air lebih banyak. Misalnya losion atau sediaan gel digunakan lebih dulu, setelahnya diikuti produk dengan bahan dasar krim.
  3. Produk skincare berupa tabir surya diaplikasikan paling terakhir karena berfungsi sebagai pelindung kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV)

Apakah Aturan Penggunaan Skincare Berbeda untuk Pagi dan Malam Hari?

urutan pemakaian skincare
Foto: www.freepik.com

“Tentu saja berbeda,” tegas Dokter Indah.

Menurutnya, pada pagi atau siang hari, kulit kita lebih membutuhkan skincare yang memiliki efek melembapkan yang diikuti dengan perlindungan terhadap radiasi sinar UV. “Karena digunakan sebelum aktivitas/ bekerja atau sebelum mengaplikasikan makeup, coba pilih skincare yang lebih ringan (lightweight), tidak greasy dan lebih mudah menyerap. Tentu pemilihannya sesuai dengan jenis kulit,” tekannya.

Bagaimana saat bulan mulai muncul, alias skincare malam hari?

“Pada malam hari adalah waktu terbaik bagi kulit untuk melakukan regenerasi/ skin renewal, jadi difokuskan pada skincare yang memiliki sifat anti aging atau produk pengobatan jerawat yang juga bekerja baik pada malam hari,” jelasnya.

Plus, produk-produk yang mengandung zat aktif bersifat fotosensitif misalnya, alpha hydroxy acid (AHA), dan retinol dianjurkan pemakaiannya pada malam hari.

Bagaimana Urutan Pemakaian Produk Perawatan Kulit yang Tepat?

Foto: www.freepik.com

Ah, kamu pasti sudah menunggu-nunggu informasi ini. Iya ‘kan? Nah, untuk ketenangan hati dan pikiranmu, berikut urutan pemakaian produk skincare disarankan.

PAGI
  1. Pembersih wajah
    Ini sifatnya wajib dan berada di urutan pertama. Wajib karena bertujuan untuk membersihkan minyak, mengangkat kulit mati dan sisa produk skincare pada wajah yang digunakan pada malam harinya.
  2. Toner
    Sebelum tahapan moisturizing, dapat digunakan toner. Ini, “bertujuan untuk mengontrol minyak serta menyiapkan kulit untuk tahapan pengolesan produk skincare, agar penyerapannya lebih baik,” jelas Dokter Indah.
  3. Serum/ Essence
    Selanjutnya, kamu bisa memakai serum/essence yang biasanya memiliki konsistensi lebih cair sehingga produk lebih mudah terserap.
    Ohya: “Penggunaan produk skincare ini disesuikan dengan concern dan kebutuhan setiap individu. Misalnya, pada tahap ini dapat digunakan produk dengan zat aktif yang bersifat pencegahan atau koreksi aging, seperti serum yang mengandung antioksidan vitamin C,” beliau mengingatkan.
  4. Krim mata
  5. Pelembap
    Untuk memberikan hidrasi pada kulit wajah
  6. Tabir surya
    Dengan minimal SPF 30 dan efektif dalam proteksi radiasi UVA yang ditandai dengan kode PA (+ s/d ++++). “Penggunaan sunscreen sebaiknya diulang setiap 3 jam,” sarannya.
MALAM
  1. Pembersih wajah
  2. Eksfoliator
    Setelah membersihkan wajah, dapat digunakan produk yang bertujuan untuk eksfoliasi kulit misalnya scrub (ekasfoliasi mekanik). “Hati-hati pemakaiannya karena dapat membuat kulit kering dan iritasi,” anjurnya.
  3. Toner
  4. Krim mata
  5. Pelembap
  6. Krim malam
    Dalam hal ini produk yang bersifat koreksi sesuai kebutuhan kulit tiap individu. “Misalnya dapat digunakan produk dengan kandungan anti aging, seperti derivat vitamin A (retinol) dan alpha hydroxy acid (AHA), pencerah, pengobatan pada jerawat, maupun perawatan kulit kemerahan dan sensitif,” imbuhnya.

Adakah Produk Skincare yang Paling Penting Digunakan?

Foto: www.rawpixel.com

Sebut saja, misalnya penganut gaya hidup minimalis, dan ingin menerapkan prinsip yang sama dalam rutinitas perawatan kulitmu (dan ini juga kamu lakukan dalam rangka menghemat pengeluaran). Apa produk skincare yang sebaiknya tidak dilewatkan?

“Penggunaan skincare pada pagi hari adalah minimal pelembap dan sunscreen, jadi jangan sampai terlewatkan,” tegasnya.

“Untuk malam hari, pelembap tetap penting terutama tipe kulit kering dan sensitif. Dan produk skincare yang bersifat anti-aging dan pengobatan untuk jerawat penting digunakan malam hari,” sarannya.

Sebaliknya, adakah produk skincare yang sebenarnya tidak perlu dipakai? 

“Perlu atau tidaknya produk dipakai, dikembalikan lagi ke kebutuhan dan concern kulit tiap individu. Namun yang terpenting dari setiap tahapan adalah tahapan perawatan dasar yaitu cleansing, moisturizing, dan protecting dengan sunscreen,” tegasnya.

Satu lagi pesannya: “Perlu diingat juga penggunaan skincare yang berlebihan dan tidak sesuai juga dapat meningkatkan risiko iritasi pada jenis kulit khususnya tipe kulit sensitif.”

Kesimpulan

Foto: www.unsplash.com

Memakai produk skincare dengan urutan yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dan sebelum kamu mengaplikasikan satu produk tertentu, pastikan produk tersebut sesuai dengan jenis dan tipe kulitmu. Jadi, “kenalilah kulit kita apa tipenya sebelum memilih produk,” saran Dokter Indah. 

Plus, saat memilih produk, perhatikan kandungannya; pilihlah produk sesuai dengan kebutuhan. “Untuk usia memasuki 30 tahun sebaiknya mulai memasukkan anti aging regimen ke dalamnya,” anjurnya. Plus, pastikan produk skincare tersebut sudah teruji secara dermatologis dan memiliki izin BPOM

Dan yang sangat penting dalam rutinitas pemakaian skincare: gunakan secara rutin. “Karena perawatan kulit membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil sesuai diinginkan. Jadi, memang butuh kesabaran dan kedisiplinan,” ujarnya.

“Perlu diingat kesehatan kulit merupakan investasi, di mana kesehatan dan daya tarik seseorang dari kesehatan kulitnya. Jadi, penting menjaga kesehatan kulit dari sedini mungkin,” tegasnya.

Selanjutnya: Dan ini penjelasan tentang bedanya krim pagi dan malam, dari ahli kulit.

error: Konten dilindungi !!