11 Daftar Novel Dengan Cerita Inspiratif Yang Bisa Memotivasimu

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: Istimewa

Butuh motivasi diri? Mungkin ini saat yang tepat untukmu membaca novel cerita inspiratif yang dapat menyemangati. Bahkan tak jarang, kisah-kisahnya juga bisa mengubah hidup menjadi lebih baik.

Jika kamu membutuhkannya, maka berikut 11 daftar novel cerita inspiratif yang bisa dibaca saat sedang terpuruk atau sedang kehilangan motivasi.

Good Habits, Bad Habits | Wendy Wood

Foto: www.goodreads.com

Novel cerita inspiratif ini memperlihatkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Wendy Wood tentang bagaimana seseorang membentuk kebiasaan dan menghasilkan perubahan positif untuk hidup yang lebih baik.

Menurutnya, kita telah menghabiskan 43% hari untuk melakukan tindakan tanpa memikirkannya.

Cara kita merespons orang dan membawa diri dalam lingkungan sekitar, apa saja yang kita beli, serta kapan dan bagaimana kita berolahraga, makan, dan minum. Semua itu dilakukan tanpa sadar sebagai hasil dari kebiasaan.

Saat ingin mengubah diri, kita pun berpikir bahwa kesadaran, keteguhan, dan niat, akan cukup untuk menghasilkan perubahan yang positif. Itulah sebabnya kenapa kita hampir selalu gagal untuk berubah.

The Alchemist | Paulo Coelho

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: www.goodreads.com

Santiago merupakan anak gembala di Andalusia yang sedang mencari sebuah harta karun. Hal ini ia lakukan setelah mendengar seorang peramal yang mengatakan bahwa dirinya akan menemukan dan mendapatkan harta karun yang tidak akan pernah habis.

Di perjalanan, Santiago bertemu dengan pria tua bernama Melchizedek, yang memberikan nasihat kepadanya untuk jangan pernah berhenti untuk bermimpi dan ikutilah pertanda yang ada.

Sejak saat itu, Santiago pun mulai menjalankan hidup dengan rasa suka cita.

Mulai dari membantu meramaikan kedai teh, bertemu dengan seorang laki-laki Inggris yang mencari Sang Alkemis, hingga menyatakan cinta pada gadis gurun.

The Little Prince | Antoine de Saint

Foto: www.goodreads.com

Saat kecil, seorang pilot sering merasa kecewa dengan tanggapan orang-orang dewasa yang memintanya berhenti menggambar, padahal itu merupakan hobinya.

Namun saat ia telah tumbuh dewasa, seorang pangeran kecil justru memintanya untuk menggambarkan seekor domba.

Awalnya sang pilot masih tidak menggubris permintaan pangeran kecil itu, tetapi setelah diyakinkan beberapa kali, akhirnya ia pun menurutinya.

Tak hanya meminta untuk menggambar, sang pangeran pun menceritakan petualangannya yang singgah di beberapa planet untuk mencari jawaban tentang kehidupan. 

Almond | Sohn Won-pyung

Foto: www.goodreads.com

Novel cerita inspiratif ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Yoonjae yang memiliki kelainan di bagian otaknya.

Baca Juga :  Rekomendasi 13 Novel tentang Cerita Cinta yang Negatif dan Super Toxic

Hal ini membuatnya tidak bisa merasakan sakit meski dipukul atau digigit sekalipun, serta tidak bisa mengungkapkan emosi atau menunjukkan ekspresi.

Karena merasa khawatir terhadap anaknya, sang ibu pun akhirnya menuliskan catatan yang berisi hal-hal yang harus dilakukan oleh Yoonjae. Seperti ketika ada mobil harus menghindar, jika ada yang tertawa harus tersenyum.

Dan di akhir catatan tertulis bahwa harus memberikan raut wajah yang sama kepada lawan bicara agar merasa nyaman.

Meski anaknya memiliki kelainan pada otak, namun sang ibu masih sangat menyayanginya. Ia pun akan membela anaknya dengan cara tersendiri.

How To Win Friend & Influence People | Dale Carnegie

Foto: www.goodreads.com

Dalam bukunya kali ini, Dale Carnegie menceritakan tentang konsep-konsep bagaimana kita berhubungan dengan orang lain, serta cara untuk memberi pengaruh kepada mereka secara efektif.

Menurutnya ada tiga teknik utama yang bisa dilakukan, yakni jangan pernah menyalahkan tindakan orang lain, beri apresiasi yang jujur dan tulus, dan berhubungan dalam konteks perspektif sesuai dengan apa yang diinginkan.

Meski buku ini tidak dilengkapi dengan studi ilmiah, namun buku ini banyak bersumber dari kejadian atau peristiwa pribadi.

Hidup Antigalau Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an | Juhyung Kim

Foto: www.goodreads.com

Di dalam bukunya, Juhyung Kim menjelaskan bahwa di masa muda, ada dua jenis manusia.

Pertama, orang yang berusaha menggapai mimpi dan tujuan hidup dengan tenang, dan yang kedua adalah orang yang tidak mengetahui apa yang ia inginkan dalam hidup.

Menurutnya, masa muda akan berlalu dan dikenang sebagai masa yang indah. Karena hanya sekali dalam seumur hidup, masa muda yang dimiliki oleh setiap orang ini akan menentukan arah hidupnya.

Akan tetapi tak perlu khawatir karena penulis mengajak kita untuk bersama-sama menyusun fondasi kehidupan.

Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang | Fumio Sasaki

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: www.goodreads.com

Apakah ruangan di rumahmu dipenuhi oleh banyak barang? Apakah barang-barang tersebut sudah dimanfaatkan dengan baik? Adakah benda yang kamu beli namun tidak pernah kamu pakai sekalipun?

Jika jawabannya benar, sepertinya kamu butuh untuk membaca buku yang satu ini.

Soalnya, Fumio Sasaki juga dulunya adalah seorang maksimalis, dengan kamar tidur yang sangat sesak dipenuhi oleh buku dan baju yang hanya sekali dibaca dan digunakan.

Namun akhirnya, jalan hidup Sasaki berubah ketika ia memahami gaya hidup minimalis dengan mengurangi jumlah barang yang dimiliki hingga tingkat paling minimum. Nantinya hal tersebut juga bisa kamu terapkan secara perlahan.

The Prophet | Kahlil Gibran

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: www.bloomsbury.com

Dalam bukunya yang satu ini, Kahlil Gibran mengisahkan tentang seorang Nabi yang akan kembali ke negerinya dengan menaiki sebuah kapal.

Namun, keberangkatannya tertunda oleh pertanyaan-pertanyaan tentang misteri kehidupan yang diajukan oleh penduduk kota.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Novel Tentang Godaan Sang Pelakor

Akhirnya, Sang Nabi pun memberikan nasihat-nasihat untuk memerdekakan pemikiran dari penduduk kota. Mulai dari cinta, pernikahan, jual-beli, cara bersedekah, hingga makna dari kematian.

Mahakarya dari Kahlil Gibran ini pun telah banyak menginspirasi banyak orang.

Educated | Tara Westover

Foto: www.goodreads.com

Keluarga Tara Westover sangat terisolasi dari masyarakat sekitar, sehingga tidak ada yang memastikan apakah anak-anak mereka mendapatkan pendidikan yang layak.

Bahkan ketika salah seorang kakak laki-laki Tara melakukan kekerasa, keluarganya hanya diam.

Saat seorang kakak laki-lakinya yang lain masuk ke perguruan tinggi, Tara pun memutuskan untuk mencoba kehidupan yang baru.

Tidak disangka, perjalanan hidupnya ini membawanya melintasi lautan dan benua, hingga ia diterima di Universitas Harvard dan Cambridge.

Namun setelah melakukan perjalanan jauh, ia pun mulai bertanya kepada dirinya, apakah masih ada jalan pulang untuknya.

Life of Pi | Yann Martel

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: www.goodreads.com

Piscine Molitor Patel (Pi) adalah seorang anak pemilik kebun binatang. Dari ayahnya yang memiliki watak keras, Pi pun belajar tentang perilaku binatang dan pemikiran yang modern.

Saat keluarga Pi akan bermigrasi ke Kanada dan membawa sebagian binatang, sayangnya kapal tersebut tenggelam di Samudera Pasifik. Hanya ada satu perahu yang berhasil selamat, yang berisi seekor hyena, zebra, orangutan, harimau, dan Pi.

Setelah tujuh bulan terombang-ambing di lautan, Pi pun mulai pasrah. Akan tetapi selalu ada kejadian-kejadian yang membuat Pi terus hidup bersama binatangnya.

Siddharta | Hermann Hesse

rekomendasi novel cerita inspiratif untuk memotivasi
Foto: www.goodreads.com

Novel klasik karya sastrawan asal Jerman, Hermann Hesse ini menceritakan tentang pencarian jati diri manusia terhadap ketenangan hidup. Sejak remaja, Siddharta selalu melakukan kegiatan-kegiatan ritual yang menurutnya membosankan.

Karena merasa tidak puas terhadap dirinya, akhirnya Siddharta pamit kepada orang tuanya untuk mencari kebahagiaan yang hakiki.

Ditemani oleh sahabat sejatinya, Govinda, mereka pun terus berusaha untuk menemukan apa yang selama ini mereka cari.