12 Khasiat Baik dari Royal Jelly dan Produk Rekomendasinya

royal jelly
Foto: www.freepik.com

Tak hanya dikonsumsi secara langsung, terkadang kamu juga akan menemukan royal jelly pada produk perawatan kulit. Karena, kandungan yang satu ini dipercaya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Jika kamu penasaran ingin mengetahuinya lebih lanjut, maka baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Apa Itu Royal Jelly?

royal jelly
Foto: www.freepik.com

Royal jelly memiliki tekstur menyerupai agar-agar yang diproduksi oleh lebah, dan umumnya dikonsumsi oleh ratu lebah. Biasanya produk ini disimpan lebih sedikit dibandingkan madu di dalam sarang lebah. Jika madu berbentuk menyerupai kristal dengan rasa manis dan lezat, sementara agar-agar yang kenyal ini memiliki warna yang lebih putih.

Apa Manfaat dari Agar-agar Ini?

royal jelly
Foto: www.canva.com

Mengandung berbagai nutrisi

Selain terdiri dari air, karbohidrat, protein, dan lemak, royal jelly juga mengandung sembilan glikoprotein yang terkenal sebagai protein utama, serta dua asam lemak yakni asam trans-10-hydroxy-2-decenoic dan asam 10-hydroxydecanoic.

Selain itu, agar-agar ini juga mengandung mineral dan beberapa vitamin B, di antaranya adalah tiamin (B1), riboflavin (B2), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), Niacin (B3), asam folat (B9), inositol (B8), dan biotin (B7).

Memiliki efek antioksidan

Agar-agar ini dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Hal ini diduga berkat kandungan fenolik yang ditemukan dalam royal jelly, sehingga memiliki efek antioksidan yang kuat. Selain itu, beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa makanan yang satu ini dapat menurunkan kadar pro-inflamasi yang dilepaskan oleh sel kekebalan tubuh.

Meski sangat bermanfaat untuk kesehatan, namun tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dari agar-agar putih ini terhadap peradangan.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Khasiat dari royal jelly selanjutnya ternyata dapat berdampak positif pada kadar kolesterol sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, beberapa protein dalam agar-agar ini dapat membantu menurunkan kolesterol.

Satu studi yang dilakukan selama satu bulan, menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi sekitar tiga gram royal jelly setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) sebanyak 11% dan 4% pada kolesterol total.

Membantu penyembuhan luka

Selain itu, agar-agar yang terbuat dari madu ini juga dapat membantu penyembuhan luka ketika digunakan secara topikal atau oral. Manfaat ini dipercaya karena agar-agar tersebut memiliki efek antibakteri yang dapat menjaga luka agar tetap bersih dan bebas dari infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kadar kolagen ketika mengonsumsi makanan yang satu ini.

Selain itu, studi tabung menunjukkan bahwa adanya peningkatan kapasitas perbaikan jaringan secara signifikan dalam sel manusia yang diobati oleh royal jelly. Meski begitu, diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terkait efek penyembuhan luka dan perbaikan jaringan.

Menurunkan tekanan darah

Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa protein yang terkandung di dalam produk yang dihasilkan lebah ini dapat mengendurkan sel otot polos yang ada di pembuluh darah dan arteri. Sehingga, dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatur gula darah

Agar-agar ini juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan sensitivitas insulin dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan. Satu penelitian kecil yang dilakukan selama enam bulan pada manusia, menunjukkan adanya penurunan gula darah sebesar 20% ketika mengonsumsi suplemen royal jelly setiap hari.

Mendukung fungsi otak yang sehat

Menariknya, mengonsumsi makanan kenyal yang satu ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tikus yang diobati dengan royal jelly memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah, serta sistem saraf pusat yang lebih kuat.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan memori dan gejala depresi yang berkurang ketika mengonsumsi agar-agar yang satu ini. Tak hanya itu, royal jelly juga dapat menghilangkan endapan kimia yang ada di otak, yang sering dikaitkan dengan penyakit Alzheimer.

Mengobati mata kering

Ketika mengonsumsi royal jelly, ternyata makanan ini juga dapat membantu mengobati mata kering. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa terdapat adanya perbaikan pada mata kering kronis ketika mengoleskan agar-agar ini secara oral.

Di dalam penelitian ini juga menjelaskan bahwa zat yang berasal dari lebah ini akan meningkatkan sekresi air mata dari kelenjar lakrimal di dalam mata.

Memberikan efek anti penuaan

Agar-agar bening ini juga dapat memperlambat proses penuaan dini, sehingga sering kali ditemukan pada produk perawatan kulit topikal. Tujuan ditambahkannya makanan ini adalah demi mendukung pemeliharaan kulit yang sehat dan tampak lebih muda.

Menurut sebuah penelitian, royal jelly dapat mendukung peningkatan produksi kolagen dan perlindungan dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.

Mendukung sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi royal jelly juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Hal ini berkat kandungan asam lemak yang dapat meningkatkan aktivitas antibakteri sehingga bisa mengurangi infeksi dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Mengurangi efek samping pengobatan kanker

Biasanya, kemoterapi dan perawatan kanker akan menimbulkan efek samping negatif yang signifikan, termasuk gagal jantung, peradangan, atau masalah gastrointestinal. Untungnya, agar-agar berwarna bening ini dapat membantu mengurangi beberapa efek samping tersebut.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi kerusakan jantung akibat kemoterapi. Selain itu, penelitian kecil yang dilakukan pada manusia juga menunjukkan bahwa makanan yang dioleskan secara langsung ini mampu mencegah efek samping akibat dari pengobatan kanker yang menyebabkan rasa sakit di saluran pencernaan.

Mengobati gejala menopause

Umumnya, menopause dapat menyebabkan penurunan sirkulasi hormon yang berhubungan dengan efek samping fisik dan mental, baik itu nyeri, gangguan memori, depresi, dan kecemasan. Sebuah studi yang dilakukan pada 42 wanita pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi 800 mg royal jelly selama 12 minggu sangat efektif untuk mengurangi nyeri punggung dan kecemasan.

Adakah Efek Samping dari Royal Jelly?

Foto: www.canva.com

Meski aman untuk sebagian besar orang, namun tidak disarankan untuk mengonsumsi royal jelly secara berlebihan. Sebab, ini merupakan produk yang dihasilkan oleh lebah, di mana terdapat beberapa orang yang alergi terhadap sengatan lebah atau serbuk sari.

Selain itu, beberapa kontaminasi dari lingkungan seperti peptisida juga dapat ditemukan di dalam royal jelly, sehingga dapat menyebabkan reaksi alergi.

Walau terdapat kecil kemungkinan menimbulkan efek samping, namun kamu perlu berhati-hati karena makanan yang satu ini dapat menyebabkan asma, anafilaksis, dermatitis kontak, dan beberapa reaksi ekstrem lainnya.

Karena masih terbatasnya penelitian yang dilakukan, hal ini menyebabkan belum ditetapkannya dosis pasti untuk mengonsumsi agar-agar yang kenyal ini. Biasanya, royal jelly tersedia dalam bentuk alami yang menyerupai gel atau dalam bentuk bubuk dan kapsul. Terkadang, kamu juga dapat menemukannya dalam produk perawatan wajah.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan agar-agar bening ini, maka mulailah dengan dosis kecil untuk menghindari reaksi alergi dan efek sampingnya.

Produk Rekomendasi

Bio-Essence Bio-Renew Deep Exfoliating Gel

Produk eksfoliasi ini berbahan gel yang dapat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan komedo putih yang ada pada kulit. Ini semua karena kandungan bio energy complex yang mampu meningkatkan penyerapan oksigen ke kulit sehingga dapat membantu menyehatkan, memperbaiki, dan meregenerasi kulit.

Shiseido Waso Quick Gentle Cleanser

Gel yang lembut ini dapat menyegarkan dan menghilangkan kotoran serta riasan dengan sangat lembut. Berkat ekstrak madu dan royal jelly di dalamnya, menjadikan produk ini dapat memelihara kulit agar lebih sehat.

Nature Republic Real Mask Sheet Royal Jelly

Ketika ingin melakukan perawatan wajah yang praktis, maka penggunaan sheet mask pun menjadi pilihan yang tepat. Cobalah Nature Republic Real Mask Sheet Royal Jelly yang dapat membantu merawat kulit agar tetap ternutrisi dengan baik.

Lancôme Nutrix Royal Body

Pelembap kulit yang satu ini mengandung royal jelly dan minyak yang dapat melembutkan kulit yang kering. Selain itu, produk ini juga bisa menghidrasi kulit agar terasa lebih halus dan segar.

Guerlain Abeille Royal Fortifying Lotion with Royal Jelly

Berkat kandungan agar-agar yang dibuat oleh lebah, menjadikan produk ini dapat menghidrasi kulit dengan baik. Tak hanya itu, Guerlain Abeille Royal Fortifying Lotion with Royal Jelly juga dapat melindungi kulit dari munculnya tanda-tanda penuaan.