Butuh Pencerahan: Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam?

cara menghilangkan bibir hitam
Foto: www.freepik.com

Lipstik memang menjadi barang wajib yang dimiliki oleh banyak perempuan. Tak hanya membuat lebih percaya diri, pewarna bibir ini juga akan menunjang penampilanmu. Namun, adakalanya warna yang dipilih tidak cocok digunakan karena bibirmu yang terlalu hitam. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bibir hitam? Apa yang perlu dilakukan?

Untuk mengetahui jawabannya, kamu dapat membaca penjelasan dari dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin di Puriva Clinic Sunset Road Bali, terkait penyebab dan cara menghilangkan bibir hitam.

Mengapa Kita Bisa Memiliki Bibir Hitam?

cara menghilangkan bibir hitam
Foto: www.unsplash.com

“Bibir kehitaman atau disebut hiperpigmentasi merupakan kondisi yang umum. Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, di antaranya adalah karena perubahan fisiologis atau perubahan normal yang dialami oleh setiap orang, seperti kehamilan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa hiperpigmentasi dapat terjadi pascainflamasi atau perubahan warna setelah terjadi peradangan pada area bibir.

Bibir yang menghitam ini juga dapat disebabkan akibat hiperpigmentasi yang diinduksi atau paparan bahan kimia, rokok, dan obat-obatan (Minocycline, Zidovudine, Ciclophosphamide, Doxorubicin, Nicotine, dan Tacrolimus). Atau “bisa merupakan suatu tanda dari penyakit yang diderita, baik keganasan ataupun tidak,” lanjutnya.

Memiliki warna bibir yang gelap memang dapat memengaruhi penampilan, namun adakah dampak lain yang ditimbulkan dari bibir hitam?

“Dampaknya tergantung dari penyebab bibir kehitaman tersebut. Jika merupakan tanda dari suatu penyakit, lalu penyakit yang mendasarinya dibiarkan dan tidak diobati, maka bibir akan semakin menghitam seiring dengan semakin parahnya penyakit yang mendasarinya,” jawab Dokter Ida.

Baca Juga :  Butuh Pencerahan: Bagaimanakah Cara Menghilangkan Komedo Putih?

Sementara jika perubahan warna bibir dialami ketika hamil, maka bibir akan kembali ke kondisi normal pada beberapa bulan setelah melahirkan. Namun jika hal ini disebabkan oleh obat, bahan kimia, atau rokok, maka kondisi bibir akan semakin hitam jika terpapar secara terus-menerus, serta akan muncul gejala lain seperti bibir yang kering dan terkelupas.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bibir Hitam?

Foto: www.pexels.com

Cara menghilangkan bibir hitam tentunya dapat dilakukan setelah mengetahui penyebabnya. “Umumnya dalam kondisi perubahan fisiologis seperti saat sedang hamil, tidak ada terapi spesifik yang diberikan. Mengingat ibu hamil rentan mengalami alergi jika terpapar oleh bahan tertentu dan juga kondisi bibir hitam tersebut bersifat hanya sementara,” ujarnya.

Namun jika merupakan tanda dari suatu penyakit dan mulai mengobati penyakit yang mendasarinya, maka bibir kehitaman secara otomatis akan kembali ke warna normal. Sementara jika perubahan warna bibir disebabkan oleh obat, bahan kimia, atau rokok, maka perlu menghentikan adanya paparan tersebut pada bibir.

“Mencerahkan bibir dapat dilakukan dengan cara eksfoliasi yang dilakukan di rumah, seperti memakai scrub, ataupun yang dilakukan di klinik, salah satu caranya adalah dengan laser. Penggunaan pelembap bibir yang tepat dan hipoalergenik (juga) dapat menjadi pilihan,” tuturnya.

Selain itu, Dokter Ida juga mengingatkan untuk memberikan hidrasi yang baik bagi tubuh yaitu minum air putih sebanyak dua liter per hari yang dapat membuat bibir tetap lembap dan cerah.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen bibir, “karena tanpa perlindungan sunscreen, maka paparan sinar matahari (dapat) membuat bibir semakin kering dan kondisi hitam pun akan bertambah berat,” lanjutnya.

Apa Saja Kandungan yang Dapat Menghilangkan Bibir Hitam?

Foto: www.freepik.com

Ketika memutuskan untuk menggunakan produk perawatan, tentunya kamu perlu memilih bahan kandungan yang tepat untuk menghilangkan bibir hitam.

Baca Juga :  Tanya Ahli: Bagaimana Cara Mengatasi Selangkangan yang Gatal?

“Harus dipilih kandungan yang benar-benar aman, karena bibir merupakan area yang lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan area lain. Juga mengingat risiko tertelannya bahan produk perawatan tersebut karena diaplikasikan pada area bibir,” jelasnya.

Dokter Ida menambahkan bahwa untuk kandungan aktif sebaiknya langsung diresepkan oleh spesialis kulit, dikarenakan waktu pengobatannya harus terbatas dan tidak dapat digunakan dalam jangka panjang. Hal ini juga disebabkan karena adanya risiko iritasi yang lebih tinggi pada bibir dan sering kali bahan kandungan dalam produk perawatan justru akan menimbulkan alergi sehingga bibir akan bertambah hitam.

Lalu bagaimana dengan bahan alami, apakah bisa digunakan?

“Menurut penelitian yang ada, lemon dapat menjadi pilihan untuk mencerahkan bibir. Bahan alami lain yang dapat digunakan adalah delima dan lidah buaya,” jawabnya.

Kesimpulan

cara menghilangkan bibir hitam
Foto: www.unsplash.com

 Tak hanya mengobati, bibir hitam ternyata juga dapat dicegah. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, yakni:

  1. Hindari pemakaian pewarna bibir yang terlalu sering dan dalam jangka waktu lama
  2. Hindari paparan sinar matahari dan selalu gunakan lip balm yang mengandung SPF
  3. Konsumsi air putih sebanyak dua liter per hari
  4. Hindari kebiasaan menjilat atau mengigit bibir
  5. Hentikan kebiasaan merokok
  6. Lakukan eksfoliasi secara teratur

Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami perubahan warna pada bibir.

“Harus segera dikonsultasikan ke spesialis kulit jika adanya bercak hitam yang semakin melebar, serta adanya keluhan lain seperti gatal dan mudah berdarah. Dokter spesialis kulit akan melakukan pemeriksaan baik langsung ataupun dengan menggunakan alat untuk mengetahui apakah (bibir hitam) berbahaya atau tidak,” paparnya.