Begini Cara Menghilangkan Belang di Wajah, kata Dermatolog

Cara Menghilangkan Belang di Wajah
Foto: www.freepik.com

Belang pada kulit zebra memang terlihat indah, namun hal ini tidak berlaku untuk belang pada wajah. Pasalnya, warna kulit yang tidak rata akan mengganggu penampilanmu dan kamu pasti berusaha semaksimal mungkin untuk menghilangkannya dengan mengetik ‘cara menghilangkan belang di wajah’ di boks pencarian Google. Bagaimana hasil pencarianmu sejauh ini?

Selamat, karena di sinisi kamu akan mengetahui jawabannya. dr. Nur Dalilah Sp.KK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Permata Cibubur, RS Siaga Raya, dan Ultimo Clinic terkait penyebab, jenis, dan cara menghilangkan belang di wajah.

Apa Itu Kulit Belang?

Cara Menghilangkan Belang di Wajah
Foto: www.freepik.com

“Kulit belang artinya warna kulit tidak merata dan terlihat berbeda dengan warna sekitarnya. Penyebabnya dapat bermacam-macam, tergantung belangnya ke arah mana apakah kecokelatan atau putih,” jelasnya.

Terdapat dua jenis belang pada wajah, yakni:

  • Bercak cokelat

Spot cokelat artinya kulit tersebut mengalami peningkatan jumlah pigmen di bagian bawah kulit, sehingga akan berwarna lebih gelap dibanding area sekitarnya.

  • Bercak putih

Sementara bercak putih adalah kondisi di mana kulit tersebut mengandung pigmen yang lebih rendah atau hilangnya pigmen, sehingga menjadi lebih terang dibanding area kulit sekitarnya.

Apa Penyebab Kulit Belang?

Foto: www.pexels.com

Penyebab kulit belang ternyata dapat dibedakan sesuai dengan jenis belang yang dimiliki

Bercak cokelat

  • Genetik. Bercak cokelat yang dimiliki dapat dipengaruhi oleh adanya faktor genetik yang berupa tanda lahir atau cafe au lait dan tahi lalat di area setempat seperti nevus spilus atau nevus ota.
  • Inflamasi kulit. Inflamasi kulit juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit menjadi cokelat. Hal ini biasanya terjadi setelah peradangan, “bisa karena bekas jerawat, bekas luka bakar, bekas cacar, atau bekas gigitan serangga. Pada kasus ini sel pigmen terpanggil ke area tersebut yang kita sebut hiperpigmentasi pascainflamasi,” paparnya.
  • Sinar matahari. Sinar matahari yang terpapar langsung pada wajah ternyata dapat menyebabkan melasma, yakni kondisi kulit yang memiliki pigmentasi berwarna cokelat muda hingga cokelat tua. Selain itu, sinar matahari juga dapat menyebabkan tanning atau proses penggelapan warna kulit menjadi lebih gelap.
  • Infeksi jamur. Bercak cokelat yang disebaban oleh infeksi jamur dapat berupa panu.

Bercak putih

  • Genetik. Bercak putih yang terdapat pada kulit wajah dapat disebabkan oleh faktor genetik yakni kehilangan pigmen (vitiligo) atau tahi lalat putih atau nevus anemicus.
  • Atopic skin. Atopic skin dalam hal ini dikategorikan sebagai alergi di mana terjadi bercak-bercak putih pada kulit dan dapat bersifat progresif.
  • Sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan munculnya bercak putih yang disebut pitiriasis alba.
  • Infeksi jamur. Infeksi jamur juga dapat menyebabkan munculnya bercak putih yang sering disebut panu atau pitiriasis versicolor.

Baik bercak putih maupun bercak cokelat, keduanya “membutuhkan pemeriksaan lebih lengkap untuk mengetahui penyebab pastinya,” ungkapnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Belang di Wajah?

Cara Menghilangkan Belang di Wajah
Foto: www.freepik.com

Cara menghilangkan belang di wajah, baik bercak cokelat maupun putih tentunya perlu dipastikan terlebih dahulu penyebab atau etiologi penyakitnya. Hal ini tentunya akan membuat penanganan yang akan dilakukan menjadi lebih mudah.

“Kita ambil contoh yang paling sering misalnya pitiriasis alba. Bercak ini muncul karena pengaruh sinar matahari, maka sebaiknya menggunakan pelembap dan tabir surya secara rutin,” papar Dokter Nur.

Ia juga menambahkan bahwa terdapat beberapa kasus yang tidak bisa sembuh tanpa bantuan dari tindakan alternatif, seperti vitiligo. Sehingga penanganan menghilangkan belang di wajah perlu dilihat berdasarkan kasus yang terjadi.

Setelah mengetahui adanya belang, bercak cokelat maupun putih yang ada pada wajah, pastinya kamu ingin segera menghilangkannya karena dapat mengganggu penampilan. Namun, apa kandungan yang dapat menghilangkan belang pada wajah?

“Rata-rata harus dilihat apa penyebabnya. Bahan yang sifatnya brightening ada banyak sekali tetapi tidak semua bisa mengobati karena tergantung dari kasusnya. Contoh kasus untuk bercak bekas jerawat, biasanya memakai krim yang membantu turn over kulit seperti derivate vitamin A. Lalu dibantu dengan tindakan peeling dengan cairan yang mengandung brightening agent seperti glycolic acid atau AHA,” jawabnya.

Lantas bagaimana dengan bercak putih?

“Jika ada bercak putih, tidak bisa kita serta-merta menyebutkan apa obat yang dipilih tanpa kita mengetahui penyebabnya, karena ada banyak sekali. Untuk kasus mudah seperti infeksi jamur atau panu, bisa hanya dengan krim yang mengandung anti jamur. Namun tatalaksana kasus lainnya tidak semudah itu,” tuturnya.

Bagaimana dengan bahan alami, apakah bisa menghilangkan belang di wajah?

“Sejauh ini harus melalui penelitian terlebih dahulu sehingga dapat terbukti aman. Karena pengobatan berkaitan dengan masalah pigmentasi ini tidak hanya selesai dalam beberapa hari, rata-rata butuh satu bulan atau lebih. Untuk itu apakah bahan herbal tersebut dapat aman untuk digunakan jangka panjang atau justru memicu reaksi iritasi dan memperburuk atau membahayakan pasiennya,” ujarnya.

Apakah Bisa Mencegah Belang pada Wajah?

Foto: www.freepik.com

“Pencegahan belang yang ke arah bercak putih bisa dilakukan pada kasus yang memang bisa dicegah (bukan kasus genetik),” ungkapnya.

Untuk mencegah belang pada wajah, Dokter Nur menyarankan agar menjaga lapisan kulit terluar atau barrier kulit dengan menggunakan pelembap. “Barrier kulit yang baik pasti akan berfungsi (sebagai) proteksi pertama, karena celah antar sel tidak renggang dan infeksi atau peradangan (inflamasi) dapat dicegah. Selain itu, dengan pemakaian tabir surya, kulit akan jadi terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari,” lanjutnya.

Penggunaan tabir surya, baik untuk pencegahan bercak putih maupun cokelat, dapat diaplikasikan secara rutin dan berulang setiap tiga jam. Untuk itu, jangan lupa agar selalu membawa tabir surya ketika akan beraktivitas di luar ruangan.

Kesimpulan

Foto: www.freepik.com

Mendapati kulit belang pada wajah tentunya akan mengganggu penampilanmu. Untuk itu, pastikan kamu mengatasinya dengan baik sesuai dengan penyebab dari munculnya bercak putih ataupun bercak cokelat. Untuk penggunaan bahan alami, hal ini perlu diperhatikan lebih lanjut karena terdapat beberapa bahan alami yang belum diteliti.

Namun, Dokter Nur menuturkan bahwa penggunaan bahan alami seperti bengkuang memang telah diteliti, “tapi bukan dari bidang dermatologi dan belum skala besar untuk pasien. Memang (bengkuang) mengandung bahan yang bisa bekerja sebagai inhibitor tyrosinase yang nantinya menghambat pembentukan melanin atau pigmentasi. Selama hanya sebagai cosmeceutical (bahan kosmetik yang memiliki efek obat) tidak apa (digunakan). Karena pasti banyak juga produk kosmetik yang punya kandungan ini,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa terdapat bahan-bahan alami lain yang belum diteliti untuk menentukan seberapa banyak dosis, mekanisme, serta efeknya pada kulit. “Jadi tidak serta-merta jika tahu itu bahan darimana lalu bikin sendiri dan oles ke muka, bisa-bisa iritasi yang terjadi,” tegasnya.

Jika mendapati belang pada wajah, ia menyarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. “Secepatnya, tidak menunggu sambil coba-coba. (karena) Penyebabnya banyak sekali jadi harus dipastikan dulu (penyebabnya) apa dan baru bisa diberikan pengobatannya,” tutupnya.