Si Kecil Lebih Lelap Jika Dibacakan Buku? Ini 17 Buku Cerita Anak Pengantar Tidur

buku cerita anak
Foto: Istimewa

Membacakan buku cerita anak mungkin menjadi kegiatan rutin yang kamu dan buah hati lakukan di malam hari. Ternyata kegiatan rutin ini bisa memberikan banyak manfaat bagi anak, seperti meningkatkan daya ingat.

Dengan membaca buku untuk anak dapat meningkatkan kemampuan berbahasa serta melatih konsentrasinya. Berikut 17 rekomendasi buku cerita anak yang bisa kamu bacakan sebelum tidur.

Charlotte’s Web | E. B. White

buku cerita anak
Foto: www.amazon.com

Buku karangan dari E. B. White ini merupakan sastra klasik anak-anak yang hampir sempurna. Buku ini juga menampilkan ilustrasi dengan penuh warna yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Fern yang menyelamatkan seekor babi kecil bernama Wilbur.

Ia kemudian membawa Wilbur ke pertanian milik pamannya dan mempertemukannya dengan seekor laba-laba bernama Charlotte. Novel ini mengombinasikan persahabatan, cinta, serta nilai kehidupan yang akan selalu bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang.

The Secret Garden | Frances Hodgson Burnett

buku cerita anak
Foto: www.kobo.com

Mary Lennox adalah seorang gadis muda asal Inggris yang mengalami trauma besar karena kehilangan kedua orang tuanya. Namun ia memiliki ingatan buruk tentang orang tuanya yang memiliki sifat egois.

Ketika memutuskan untuk tinggal di rumah pamannya, Marry menemukan taman yang dibatasi dengan pintu yang terkunci. Ia pun tidak sengaja mendengar suara isakan dari dalam rumah sana. Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi?

Anne of Green Gables | L. M. Montgomery

buku cerita anak
Foto: www.goodreads.com

Anne Shirley merupakan seorang gadis yatim piatu yang akhirnya diangkat oleh keluarga Cuthbert. Ketika ia tiba di rumah milik Cuthbert yang berada di kawasan elite Green Gables, Anna memiliki keinginan untuk tinggal di sana selamanya.

Dengan memiliki pemikiran yang unik dan berbeda dari gadis lainnya, Anne sering berimajinasi tinggi. Begitupun dengan mimpinya tentang Green Gables, ia memimpikan untuk menyebut dirinya sebagai Anne of Green Gables.

Little Women | Louisa May Alcott

buku cerita anak
Foto: www.goodreads.com

Mengisahkan tentang kehidupan persaudaraan Jo, Beth, Meg, dan Amy yang berjuang mempertahankan hidup di New England selama terjadinya perang. Mereka tinggal dan dibesarkan oleh ibunya yang bernama Marmee.

Buku cerita anak ini ditulis berdasarkan kehidupan nyata dari sang penulis. Little Women memadukan unsur cinta dan kematian, perang dan perdamaian, dan konflik keluarga serta benturan budaya antar Eropa dan Amerika. Buku ini cocok dibacakan anak-anak yang sudah bersekolah.

Matilda | Roald Dahl

buku cerita anak
Foto: www.goodreads.com

Matilda adalah seorang gadis kecil yang pintar. Ketika ia berusia lima tahun, ia berhasil menyelesaikan masalah perkalian dua digit dan dapat membaca dengan cepat. Ia pun dicintai oleh teman-teman sekelasnya meski memiliki penampilan yang nerd. Namun menurut Matilda, kehidupannya tidak berjalan dengan sempurna karena ia memiliki dua orang tua yang bodoh dan egois.

Where the Wild Things Are | Maurice Sendak

Foto: www.goodreads.com

Max merupakan seorang anak laki-laki yang nakal, bahkan ibunya sendiri sudah tidak sanggup untuk menghadapinya. Ketika malam hari, Max yang kelelahan bermain akhirnya pergi ke kamar untuk tidur. Dalam tidurnya, ia bermimpi sedang melakukan pelayaran jauh ke Wild Things. Setibanya di tanah tersebut, ia terkejut karena ia diangkat menjadi raja oleh pasukan makhluk asing.

Little House in the Big Woods | Laura Ingalls Wilder

Foto: www.goodreads.com

Buku seri pertama dari Little House ini menceritakan kisah masa kecil Laura yang berusia empat tahun. Ia tinggal di sebuah ruangan kayu di perbatasan Amerika. Ia harus berbagi ruangan dengan ibunya, dua saudara perempuannya, serta anjing kesayangan mereka, Jack.

Serial Little House ini menawarkan pandangan unik tentang kehidupan di perbatasan serta menceritakan kisah keluarga yang penuh kasih dan kehangatan.

Where the Sidewalk Ends | Shel Silverstein

Foto: www.goodreads.com

Where the Sidewalk Ends merupakan kumpulan puisi klasik anak-anak yang diterbitkan ada tahun 1974 oleh Shel Silverstein. Buku cerita anak ini membahas banyak masalah anak-anak yang umum serta menyajikan kisah-kisah khayalan dari Silverstein.

Koleksi puisi yang dipenuhi dengan ilustrasi bergambar ini merupakan salah satu dari 100 Buku Terbaik untuk Anak-anak versi Majalah Parent & Child.

A Little Princess | Frances Hodgson Burnett

buku cerita anak
Foto: www.goodreads.com

Sara Crewe, seorang siswa yang sangat cerdas dan imajinatif. Ia merasa terpukul ketika ayahnya meninggal dunia, hingga akhirnya tidak memiliki uang dan tinggal kamar di loteng. Tidak hanya itu, Sara dipaksa bekerja sebagai pelayan.

Lantas bagaimana kehidupan Sara selanjutnya? Apakah ia berhasil bangkit dan berhasil melewati masa sulitnya? Temukan jawabannya saat kamu membacakan buku cerita anak kepada Si Kecil.

Pippi Longstocking | Astrid Lindgren

buku cerita anak
Foto: www.goodreads.com

Tommy dan adiknya, Annika, memiliki tetangga baru bernama Pippi Longstocking. Gadis dengan berambut merah ini memiliki kepribadian yang unik karena sering melakukan hal-hal yang tidak dapat diprediksi. Akan tetapi Pippi merupakan gadis yang menyenangkan dan pemberani. Ia juga sering mengolok-olok orang dewasa yang bersikap sombong dan sering merendahkan orang lain.

The Very Hungry Caterpillar | Eric Carle

Foto: www.target.com

Di suatu minggu yang cerah, seekor ulat menetas dari telur yang kecil dan ia merasa sangat lapar. Pada hari Senin, ia makan satu buah apel. Sementara di hari Selasa, ia memakan hingga tiga buah plum. Namun ia tetap merasa lapar hingga akhirnya ulat tersebut membuat kepompong lalu pergi tidur. Beberapa minggu kemudian sang ulat bangun dan berubah menjadi kupu-kupu.

Island of the Blue Dolphins | Scott O’Dell

Foto: www.goodreads.com

Buku cerita anak ini mengisahkan tentang Karana, seorang gadis India yang tinggal sendirian selama bertahun-tahun di Pulau Lumba-Lumba Biru. Setiap tahun ia berharap dan menunggu sebuah kapal yang akan membawanya pergi.

Selama itu juga ia bertahan hidup dengan membangun tempat berlindung, membuat senjata, mencari makanan, serta melawan anjing liar. Tak hanya menceritakan tentang petualangan bertahan hidup, buku ini juga mengisahkan keindahan alam serta penemuan-penemuan yang unik.

Black Beauty | Anna Sewell

Foto: www.kobo.com

Black Beauty merupakan seekor kuda tampan yang menghabiskan masa mudanya di rumah yang penuh kasih dan dikelilingi oleh teman-temannya. Namun keadaan berubah drastis ketika ia harus menghadapi situasi yang sulit, hingga akhirnya Black Beauty mempelajari bahwa tidak semua manusia memiliki hati yang baik.

Cerita anak ini membawa para pembaca untuk menyaksikan cinta dan kekejaman, kekayaan dan kemiskinan, serta persahabatan dan kekejaman

James and the Giant Peach | Roald Dahl

buku cerita anak
Foto: www.target.com

James tidak sengaja menjatuhkan kristal ajaib di dekat pohon persik tua. Hal ini akhirnya membuat pucuk pohon persik kembali berbuah dan semakin membesar.

James kemudian menemukan jalan masuk rahasia ke dalam pohon persik tersebut, hingga akhirnya ia bertemu dengan Belalang Hijau Tua, Kepik Mungil, dan Lipan. Petualangan James akhirnya dimulai ketika ia berusaha untuk keluar dari pohon ini.

Are You There God? It’s Me, Margaret | Judy Blume

buku cerita anak
Foto: www.amazon.co.uk

Margaret Simon, gadis berusia dua belas tahun ini memiliki rambut panjang. Ia menyukai ikan tuna, bau hujan, serta hal-hal yang berwarna merah muda. Kabar baiknya, Margaret baru saja pindah dari New York menuju Farbook dan akhirnya bertemu dengan teman-teman barunya—Nancy, Gretchen, dan Janie.

Mereka tidak mengetahui bahwa Margaret memiliki hubungan yang sangat spesial dengan Tuhan. Margaret bisa berbicara dengan Tuhan tentang segala hal, mulai dari keluarganya, temannya, bahkan kekasih rahasianya.

The BFG | Roald Dahl

Foto: www.goodreads.com

Sophie merupakan seorang anak kecil yang ditangkap oleh raksasa bernama BFG. Namun, BFG bukanlah seorang raksasa yang jahat, ia justru menjadi raksasa yang terlalu baik sehingga Sophie merasa beruntung ditangkap olehnya. Karena jika Shopie ditangkap oleh raksasa lain seperti Bloodbottler, Fleshlumpeater, atau Bonecruncher, ia justru akan disantap sebagai menu sarapan.

The Phantom Tollbooth | Norton Juster

Foto: www.goodreads.com

Bagi Milo, semua hal terasa sangat membosankan, termasuk kehidupannya. Ketika sebuah loket secara misterius muncul di kamarnya, hal ini membawa Milo berpetualang ke Island of Conclusions.

Di sana, Milo belajar tentang waktu dari seorang pengawas bernama Tock dan mulai menjalankan misi untuk menyelamatkan Rhyme dan Reason. Dalam petualangannya, ia mulai menyadari bahwa hidup ternyata jauh dari kata membosankan.