15 Cerita Pendek Tentang Persahabatan yang Wajib Dibaca

cerita pendek persahabatan
Foto: Istimewa

Masih ingat apa yang biasanya kamu lakukan bersama teman sehidup semati sebelum pandemi melanda? Apa, lupa? Sangat bisa dimengerti. Untuk menyegarkan ingatanmu, nonton bioskop atau liburan bareng mungkin dua aktivitas yang kamu lakukan prapandemi. Bagaimana dengan sekarang, saat sebaiknya “menjauhi kerumunan?” Bagaimana jika membuat reading club, dan topik pertama adalah membaca cerita pendek tentang persahabatan? Setuju? Lalu, setelahnya kalian bisa mendiskusikan isi ceritanya bersama-sama.

Berikut 15 cerita pendek persahabatan yang bisa kamu nikmati bersama teman-teman terbaik dalam hidupmu.

Bridge to Terabithia | Katherine Paterson

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Jess Aarons berambisi untuk menjadi pelari tercepat di kelasnya, sehingga ia berlatih sepanjang musim panas untuk mengalahkan teman-temannya. Ketika hari pertama sekolah, seorang anak baru bernama Leslie Burke justru mengalahkan semua murid, termasuk Jess. Kejadian ini ternyata membuat Jess dan Leslie menjadi dekat dan mulai berteman. Mereka akhirnya menciptakan Terabithia, sebuah kerajaan yang berada di hutan, di mana mereka berdua menjadi seorang raja dan ratu.

Of Mice and Men | John Steinbeck

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Cerita pendek persahabatan ini menceritakan tentang para perantau yang sedang mencari pekerjaan. George dan temannya yang bernama Lennie, tidak memiliki apa pun di dunia ini kecuali mimpi untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Hingga akhirnya mereka menemukan pekerjaan di sebuah peternakan. Namun mimpi dan persahabatan mereka menjadi hancur karena ulah Lennie. Novel ini menjadi salah satu karya yang paling populer dari Steinbeck.

The Kite Runner | Khaled Hosseini

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

The Kite Runner merupakan novel yang menceritakan kisah persahabatan antara seorang anak laki-laki kaya bernama Amir dengan Hassan, yang merupakan putra dari pelayan ayahnya. Cerita ini menunjukkan pengorbanan, kebohongan, dan pengkhianatan dengan berlatar belakang konflik rumit pemerintahan Afghanistan. Novel ini telah diadaptasi ke layar lebar dengan judul serupa pada tahun 2007. Cerita persahabatan yang tidak terlalu pendek ini wajib dibaca.

The Help | Kathryn Stockett

Foto: www.goodreads.com

Cerita pendek persahabatan yang satu ini mengisahkan tentang tiga wanita. Skeeter adalah seorang gadis berusia 22 tahun yang baru lulus. Meski memiliki gelar, sang ibu tidak senang karena Skeeters tidak memiliki kekasih. Aibileen adalah seorang pembantu yang merawat gadis kecil dan ia telah kehilangan anaknya yang meninggal karena kecelakaan. Sementara Minny, ia sering mengungkapkan pendapatnya secara blak-blakan kepada bosnya, sehingga ia selalu dipecat. Dengan latarbelakang yang berbeda, mereka bertiga akhirnya berkumpul untuk sebuah proyek untuk memperjuangkan kehidupan mereka.

Number the Stars | Lois Lowry

Foto: www.goodreads.com

Annemarie Johansen merupakan gadis yang berusia sepuluh tahun. Ia dan sahabatnya, Ellen Rosen, sering memikirkan kehidupan sebelum terjadinya perang. Pada tahun 1943,  mereka kesulitan untuk makan dan tentara Nazi yang masih berjaga-jaga di seluruh kota. Suatu ketika, sebagian warga mulai direlokasi. Annemarie pun mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan hidup Ellen. Apakah Annemarie berhasil membantu Ellen?

Since You’ve Been Gone | Morgan Matson 

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Sloane berhasil membawa Emily keluar dari zona nyamannya. Ia membuat hidup Emily menjadi lebih menarik dan menantang. Namun, sebelum musim panas datang, Sloane menghilang dan meninggalkan serangkaian daftar yang harus dilakukan. Mulai dari memetik apel di malam hari, menari hingga pagi, hingga mencium orang asing. Dibantu oleh Frank Porter, Emily pun akhirnya mau untuk menyelesaikan misi ini. 

Holes | Louis Sachar

Foto: www.goodreads.com

Stanley Yelnats saat ini sedang berada di bawah kutukan. Ia dikirim ke Green Lake, di mana semua anak laki-laki disuruh membangun karakter dan menghabiskan waktu dengan menggali lubang. Dengan terpaksa, Stanley mengikuti peraturan tersebut. Ajaibnya, tidak butuh waktu lama baginya untuk menyadari bahwa Green Lake tidak hanya berhasil membangun karakter, melainkan ada hal berharga lain yang ia dapatkan. 

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society | Mary Ann Shaffer, Annie Barrows

Foto: www.goodreads.com

Juliet Ashton, seorang penulis yang tiba-tiba mendapatkan inspirasi menulis buku setelah menemukan surat dari seorang pria yang belum pernah ia temui, Dawsey Adams. Dawsey adalah penduduk asli pulau Guernsaey yang memiliki dunia eksentrik. Mereka akhirnya bertukar surat dan mulai saling menceritakan kehidupan pribadinya. Seiring berjalannya waktu, Juliet akhirnya menyadari bahwa ia tertarik pada Dawsey. Awww.

Where the Heart Is | Billie Letts

Foto: www.goodreads.com

Satu jam yang lalu, Novalee Nation berusia 17 tahun dan sedang hamil 7 bulan. Ia berada di perjalanan menuju California bersama pacarnya. Saat ini, ia terdampar di Wal-Mart Sequoyah, Oklahoma, hanya dengan memiliki uang sebanyak $7,77. Meski menurutnya angka tujuh merupakan kesialan, namun ia menemukan harta karun yang sangat berharga di kota kecil ini, yakni para warga yang sangat peduli dan bersedia membantunya. 

A Separate Peace | John Knowles

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

A Separate Peace adalah perumpamaan yang mengerikan tentang sisi gelap masa remaja. Gene merupakan seorang intelektual yang kesepian dan introvert, sementara Phienas merupakan atlet tampan yang suka mengejek. Meski memiliki kepribadian yang bertolak belakang, mereka justru berteman dengan baik. Namun sayangnya, persahabatan ini hancur karena sebuah persaingan yang menyebabkan sebuah kecelakaan.   

The Wonderful Wizard of Oz | L. Frank Baum

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Dorothy mengira bahwa ia akan tersesat selamanya ketika ia dan anjingnya, Toto,  masuk ke dalam tornado. Mereka yang tiba di dunia magis, terjebak dan tidak bisa pulang ke tempat asalnya. Jika ingin pulang, ia harus menemukan penyihir hebat di kota Zamrud Oz. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan Scarecrow, Tin Woodman, dan Cowardly Lion. Namun sayangnya, penyihir jahat dari barat justru memiliki rencana untuk menyambut Dorothy.Siapa yang sudah menonton film musikal ini berkali-kali?

The Witch of Blackbird Pond | Elizabeth George Speare

Foto: www.goodreads.com

Kit Tyler terpaksa meninggalkan rumahnya dan bergabung dengan keluarga yang belum pernah ia temui. Ia berjuang untuk bertahan hidup demi menjadi dirinya sendiri. Namun ketika ia ingin menyerah, ia justru menemukan semangat baru. Novel ini menggambarkan seorang pahlawan wanita yang pasti akan membuat para pembaca kagum atas semangat dan keteguhannya.

Firefly Lane | Kristin Hannah 

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Di musim panas tahun 1974, Tully Hart, seorang gadis yang cantik, pintar, dan berambisi, mulai bersahabat dengan Kate Mularkey. Keduanya memiliki kehidupan yang berlawanan, Kate yang tidak cantik meski memiliki keluarga yang harmonis, sementara Tully hanya seorang gadis cantik dan kehidupannya yang penuh misteri. Setelah 30 tahun, Tully dan Kate tetap bersahabat dan saling mendukung, meski banyaknya cobaan yang ingin menghancurkan persahabatan keduanya.

The Adventures of Tom Sawyer | Mark Twain

cerita pendek persahabatan
Foto: www.goodreads.com

Tom Sawyer merupakan seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama Bibi Polly dan saudara tirinya bernama Sid. Suatu ketika, ia membolos dan pergi berenang bersama sahabatnya Huckleberry Finn. Alhasil, dia dihukum oleh bibinya dan dipaksa untuk mencat pagar. Tidak kehabisan akal, Tom membujuk  anak-anak di sekitar rumahnya untuk mengecat pagar, dan meyakinkan mereka bahwa ini merupakan kegiatan yang menyenangkan. 

Because of Winn-Dixie | Kate DiCamillo

Foto: www.goodreads.com

Di musim panas, Opal dan ayahnya harus pindah ke Naomi. Ketika ia pergi ke supermarket, ia menemukan seekor anjing besar yang kotor. Anjing ini diberi nama Winn-Dixie. Mereka pun akhirnya berteman dan berpetualang, dan menemukan teman-teman baru. Ada Nona Franny Block yang pernah melawan beruang. Gloria Dump yang hampir buta. Bahkan Otis yang merupakan seorang mantan narapidana yang membebaskan hewan-hewan yang ada di toko hewan peliharaan. Bisa diduga, grup berisikan pribadi-pribadi ini unik mengalami berbagai kejadian yang tidak lazim.

Selanjutnya: 13 Buku dengan Cerita Cinta Negatif dan Toxic.