Di dalam Buku Ini Ada 12 Cerita Cinta Dramatis yang Paling Menyedihkan

Cerita cinta dramatis
Foto: Istimewa

Segala sesuatu yang dilebih-lebihkan memang kurang baik, namun hal ini tidak berlaku bagi cerita cinta dramatis. Pasalnya, kisah ini sengaja dibuat untuk melibatkan konflik dan emosi para pembaca, serta biasanya cerita yang disajikan dapat membuat pembaca merasa sedih, bahkan hingga menangis tersedu-sedu. Berikut 12 cerita cinta dramatis yang bisa membuatmu terbawa suasana ketika membacanya.

Outlander | Diana Gabaldon

Foto: www.bookishelf.com

Claire Randall, seorang perawat, dan suaminya, Frank, memutuskan untuk berbulan madu di Skotlandia, di mana pada saat itu menjadi salah satu tempat yang masih kental dengan adat dan tradisinya. Di sisi lain, Claire merupakan seorang perempuan modern yang tidak memercayai hal-hal magis, sementara suaminya adalah ahli sejarah yang ingin mengetahui kisah leluhurnya di tanah Skotlandia.

Suatu ketika Claire menemukan tujuh buah batu melingkar yang digunakan sebagai tempat ritual. Ketika ia menyentuhkan telapak tangannya ke salah satu batu, Claire justru terbawa ke tahun 1743 di mana sedang terjadi perang antara klan tengah di Skotlandia. Ia pun bertemu dengan James "Jamie" Fraser dan keduanya saling jatuh cinta.

Terjual lebih dari 25 juta kopi, Outlander adalah salah satu buku seri terlaris sepanjang masa. Novel in sendiri memenangkan Romance Writers of America dari RITA Award untuk Best Romance pada tahun 1991. Buku dengan cerita cinta super dramatis ini sendiri sudah diadaptai dalam bentuk serial televisi. Gabaldon berencana untuk menuliskan 10 volume novel Outlander, dan saat ini sedang menyelesaikan volume ke-9.

Pride and Prejudice | Jane Austen

Cerita cinta dramatis
Foto: www.bookdepository.com

Cerita cinta dramatis ini mengisahkan tentang Elizabeth Bennet yang membenci Mr.Darcy. Pasalnya, bangsawan kaya raya ini memiliki sifat yang angkuh, sombong, menyebalkan, dan selalu berbicara dengan merendahkan orang lain. Kebencian Elizabeth ternyata membuat Mr. Darcy malah mengaguminya.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Buku Cerita Fiksi yang Akan Mengasah Imajinasimu

Suatu ketika, Mr. Darcy menyatakan perasaannya, namun di saat yang bersamaan Elizabeth justru telah mencaci maki pria tersebut. Mr. Darcy pun pergi dan meninggalkan sebuah surat untuknya. Ketika membaca surat tersebut, Elizabeth justru mencaci maki dirinya sendiri dan merasa menyesal telah membenci Mr. Darcy.

Jane Eyre | Charlotte Brontë

Cerita cinta dramatis
Foto: www.thebooktrail.com

Jane Eyre merupakan seorang anak yatim piatu yang tinggal di rumah mewah milik pamannya. Namun sejak pamannya meninggal, ia mulai diperlakukan secara semena-mena oleh bibi dan ketiga sepupunya. Alih-alih mengusirnya, sang bibi justru sengaja mengirim Eyre ke asrama yang sangat jauh dari rumah.

Setelah tumbuh dewasa, ia bekerja menjadi seorang guru privat untuk seorang siswa di Thornfield. Ia mulai nyaman dengan lingkungannya bekerja, kecuali dengan Mr. Rochester yang merupakan tuan rumah tempat ia bekerja yang juga diam-diam dicintainya. Bersama dengan Pride and Prejudice adalah, ini adalah salah satu satu novel romantis paling terkenal sepanjang masa.

Wuthering Heights | Emily Brontë

Foto: www.goodreads.com

Suatu hari, Mr. Earnshaw yang merupakan pemilik Wuthering Heights menemukan anak laki-laki yatim piatu. Karena merasa iba, ia pun membawa anak laki-laki tersebut ke rumahnya dan dinamai Heathcliff. Kedua anak Mr. Earnshaw yang bernama Hindley dan Catherine tidak menyukai kehadiran Heathcliff.

Namun lama-kelamaan Catherine menjadi dekat dengan anak angkat ini, berbeda dengan Hindley yang selalu menindas Heathcliff karena telah merebut kasih sayang ayahnya. Setelah beranjak dewasa, Catherine bercerita kepada pelayannya bahwa ia mencintai Heathcliff, dan tanpa disadari ternyata Heathcliff mendengarnya. Namun sejak kejadian itu, Heathcliff justru pergi meninggalkan Wuthering Heights.

Gone with the Wind | Margaret Mitchell

Cerita cinta dramatis
Foto: www.goodreads.com

Scarlet O’Hara merupakan salah satu wanita beruntung yang selalu dikelilingi oleh laki-laki yang memujanya. Akan tetapi, ia justru mengharapkan cinta dari seorang pria bernama Ashley Wilkes yang telah memiliki istri. Karena cinta yang tak terbalas, akhirnya Scarlet memutuskan untuk menerima lamaran dari Charles.

Pernikahannya pun mulai diterpa masalah ketika Charles harus pergi ke medan perang dan meninggal karena campak. Lalu dia menikahi Frank Kennedy (tewas), dan terakhir, Rhett Butler. Buku kontroversial ini mendapatkan Pulitzer Prize untuk Fiksi pada 1937.

Baca Juga :  13 Novel Sejarah Terbaik yang Membuatmu Belajar Banyak tentang Masa Lalu

The Thorn Birds | Colleen McCullough

Foto: www.goodreads.com

Mary Carson, seorang wanita yang merupakan penguasa dan pemilik lahan luas Drogheda, mulai merasa tertarik dengan kehadiran pastor baru di wilayah Gillanbone, yakni Pastor Ralph de Bricassart. Selain karena usianya yang masih muda dan tampan, pastor Ralph memiliki sifat riang dan penuh kebaikan.

Namun bagi Mary, yang paling menarik adalah kekuatan dan kecerdasan. Hal ini membuat Mary semakin ingin mendekati sang pastor. Namun karena Ralph mengetahui bahwa Mary merupakan penyumbang dana terbesar, ia pun mulai membuat rencana untuk memanfaatkan kekuasaan dan kekayaan Mary. Cerita cinta dramatis ini diangkat menjadi sebuah film dan berhasil meraih penghargaan Emmy Award.

Romeo and Juliet | William Shakespeare

Cerita cinta dramatis
Foto: www.goodreads.com

Siapa yang tidak mengenal cerita cinta fenomenal yang satu ini. Permusuhan antara keluarga Montague dan Capulet memang sudah mendarah daging. Namun sayangnya, Romeo Montague dan Juliet Capulet saling jatuh cinta.

Tanpa mempermasalahkan permusuhan antara dua keluara, kedua sejoli ini berencana untuk menikah secara diam-diam. Namun, Romeo justru terlibat kasus pembunuhan dan terancam akan diasingkan. Sementara Juliet dipaksa untuk menyetujui perjodohan.

Di tengah frustrasinya, Juliet pun meminta bantuan temannya untuk memberikan obat yang dapat membuatnya seperti orang meninggal. Romeo yang tidak mengetahui trik Juliet pun mengira bahwa kekasihnya telah meninggal dan ia memutuskan untuk meminum racun. Tragis dan dramatis, ya.

The Notebook | Nicholas Sparks

Cerita cinta dramatis
Foto: www.goodreads.com

Noah Calhoun jatuh cinta pada seorang wanita kaya bernama Allison Nelson. Mereka dipertemukan ketika keluarga Allie mengunjungi New Bern untuk liburan musim panas. Sayangnya orang tua Allie menganggap Noah tidak pantas untuk anak perempuannya.

Bertahun-tahun kemudian, Allie menemukan foto Noah di sebuah koran, hal ini membuatnya menjadi ragu akan pertunangannya dengan Lon Hammod, kekasihnya. ini juga diangkat ke layar lebar pada tahun 2004 dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan dan nominasi. Dan pastinya, menghasilkan satu adegan mesra yang super ikonik.

Me Before You | Jojo Moyes

Cerita cinta dramatis
Foto: www.goodreads.com

Louisa Clark merupakan seorang gadis periang yang senang bergaya nyentrik. Sebagai tulang punggung keluarga, ia harus bekerja keras hingga akhirnya menjadi seorang perawat untuk putra tunggal keluarga Traynor yang kaya raya, Will. Will lumpuh setelah mengalami kecelakaan.

Baca Juga :  9 Buku dengan Cerita Lucu yang Membuat Hatimu Kembali Ceria

Sayangnya, Will memiliki keinginan untuk bunuh diri di Dignitas, sebuah instansi yang dapat mengabulkan permintaan bunuh diri dengan memberikan suntikan mati. Namun semenjak kehadiran Lou, hidup Will berubah menjadi lebih berwarna hingga keduanya saling jatuh cinta. Lantas, apakah Will akan mengubah niatnya untuk bunuh diri?

Emma | Jane Austen

Foto: www.amazon.com

Emma Woodhouse adalah seorang gadis muda yang cantik dan lucu. Ia tinggal di permukiman elite bersama ayahnya yang sedang sakit. Emma memiliki seorang teman bernama George Knightley yang menjadi satu-satunya orang yang bisa mengkritiknya.

Karena ia telah menjodohkan Taylor, mantan pengasuhnya, dengan Mr. Weston, ia pun mulai mencari jodoh untu teman barunya, Harriet. Namun ketika Harriet menyatakan bahwa ia menyukai Knightley, Emma terkejut dan merasa bimbang karena ia cemburu dan mulai menyadari bahwa selama ini ia menyukai Knightley.

 A Tale of Two Cities | Charles Dickens

Foto: www.goodreads.com

Seorang dokter bernama Alexandre Manette dijebloskan ke dalam ke dalam penjara Bastille selama 18 tahun oleh seorang bangsawan. Ia pun menjadi sakit-sakitan dan tidak bisa mengenali orang lain.

Untungnya, sang putri, Lucy Manette berhasil menemukan dirinya. Lucy pun membawa ayahnya pulang ke London, dan di tengah perjalanan ia bertemu dengan Charles Darnay. Keduanya saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah. Namun di hari pernikahannya, dr. Manette mengetahui nama dan identitas asli dari Charles.

A Memoirs of Geisha | Arthur Golden

Foto: www.goodreads.com

Cerita ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Sayuri yang mengenalkan dunia geisha yang penuh dengan rahasia. Dunia yang mementingkan penampilan ini melatih para perempuan untuk memikat para laki-laki bangsawan.

Sayuri awalnya merupakan seorang anak perempuan biasa. Namun karena keterbatasan ekonomi, ia pun dijual oleh ayahnya ke sebuah rumah geisha terkenal. Ketika tidak tahan dengan kehidupan barunya, Sayuri berusaha untuk melarikan diri dan bertemu dengan Iwamura Ken, seorang pria terhormat yang telah menghiburnya. Sejak kejadian itu, Sayuri malah bertekad menjadi geisha agar bisa bertemu dengan Ken.