Tidak Hanya Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Lain dari Buah Plum

manfaat buah plum
Foto: www.pexels.com
Terakhir diperbarui:

Plum merupakan salah satu buah yang memiliki nilai gizi tinggi yang tentunya memiliki beragam keuntungan untuk kesehatan. Dengan kandungan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan, membuat buah berwarna gelap ini dapat kamu konsumsi secara rutin. Salah satu manfaat buah plum yang paling terkenal adalah bisa menurunkan berat badan. Namun ternyata terdapat beberapa dampak positif lain dari buah yang satu ini, dan berikut LIMONE  daftarkan manfaat plum, khusus untukmu.

Beragam Manfaat Plum

manfaat buah plum
Foto: www.unsplash.com

Seperti kebanyakan buah pada umumnya, plum juga mengandung beragam manfaat kesehatan bagi tubuh, di antaranya adalah:

Mengandung banyak nutrisi

Selain serat dan antioksidan, buah yang satu ini mengandung 15 vitamin dan mineral yang beragam. Dalam satu buah plum mengandung 30 kalori, 8 gram karbohidrat, 1 gram serat, 7 gram gula, 5% vitamin A dan K, dan 10% vitamin C. Selain itu, terdapat 3% kalium, 2% tembaga dan mangan, serta sejumlah kecil vitamin B, fosfor, dan magnesium.

Bisa meredakan sembelit

Serat yang terdapat dalam plum sebagian besar memiliki sifat yang tidak larut, yang berarti tidak dapat menyatu dengan air. Hal ini tentunya membuat buah plum dapat berperan untuk mencegah sembelit dengan mempercepat laju pembuangan kotoran melalui saluran pencernaan. Mengonsumsi buah ini telah terbukti lebih efektif dalam mengobati sembelit dibandingkan dengan jenis obat lainnya.  

Akan tetapi, jika terlalu banyak memakan buah plum secara sekaligus, hal ini justru akan menimbulkan efek yang tidak diinginkan seperti diare misalnya. Untuk itu pastikan kamu mengonsumsi dengan takaran yang benar seperti 2 cangkir jus plum per hari.

Kaya akan antioksidan

Salah satu manfaat buah plum adalah kaya akan antioksidan, yang mana dapat membantu mengurangi peradangan sekaligus melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Tingginya antioksidan polifenol yang terkandung di dalam buah berwarna gelap ini ternyata memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung serta diabetes.

Baca Juga :  Ingin Menu Makanan Lebih Bernutrisi? Tambahkan Jamur

Menurut sebuah penelitian, plum mengandung jumlah polifenol lebih dari dua kali dibandingkan dengan buah populer lain seperti peach.

Mengontrol gula darah

Meski mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, namun mengonsumsi plum tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang subtansial. Hal ini juga dikaitkan dengan potensi untuk meningkatkan kadar adiponektin, yaitu hormon yang berperan dalam regulasi gula darah.

Masih ingat kan kalau plum memiliki kandungan serat? Yup serat ini dapat memperlambat laju tubuh dalam menyerap karbohidrat setelah makan, sehingga gula darah akan naik secara bertahap, tentunya tidak langsung melonjak.

Mencegah osteoporosis

Manfaat buah plum selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan tulang. Karena menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah ini dapat menurunkan risiko kondisi tulang yang melemah seperti osteoporosis, mencegah dan mengembalikan tulang yang keropos.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, fosfor magnesium, dan kalium yang ada di dalam buah berukuran kecil ini.

Bermanfaat untuk jantung

Mengonsumsi buah berwarna gelap dengan secara teratur ternyata dapat memberikan efek perlindungan pada kesehatan jantung. Hal ini disebabkan karena plum berpotensi untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol.

Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi buah dan jus plum dapat menurunkan tingkat tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat secara signifikan, dibandingkan dengan sebuah kelompok yang hanya meminum air.

Mudah ditambahkan ke dalam pola makan

Kelebihan dari buah kecil ini dapat dengan mudah ditambahkan ke dalam makananmu, baik untuk dimakan sendiri atau menikmatinya pada semangkuk smoothie dan salad serta resep lainnya. Namun perlu diingat, jangan mengonsumsi plum secara berlebihan ya!

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan yang ada di dalam buah ini dapat membantu melawan radikal bebas yang ada pada wajah. Selain itu, vitamin C yang ada juga dapat mengikat molekul yang bisa menghasilkan kolagen, sehingga membantu proses peremajaan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu, vitamin yang satu ini juga bisa menangkal bakteri penyebab jerawat..

Baca Juga :  13 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Menurunkan berat badan

Buah yang rendah kalori ini mengandung asam lemak tak jenuh dan kaya akan serat, vitamin C, dan vitamin A. Berkat kandungannya, plum dipercaya dapat dikonsumsi dengan baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Cara Mengonsumsi Buah Plum

manfaat buah plum
Foto: www.rawpixel.com

Selain dimakan secara utuh (pastinya jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu), kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus plum atau mengonsumsi rebusan buah berwarna gelap ini. Selain itu, jika ingin dicampurkan dengan bahan makanan lain, maka terdapat beberapa resep yang bisa kamu tiru, seperti:

  • Mencampurkan plum ke dalam salad sayuran seperti basil dan bayam
  • Membuat smoothie cinnamon plum
  • Menambahkan plum pada salad alpukat

Sementara jika ingin membuat masker wajah dari buah yang satu ini, kamu bisa merebus plum terlebih dahulu kemudian menghancurkannya secara halus. Setelah itu campurkan dengan madu dan oatmeal hingga mengental. Lalu usapkan masker pada wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Efek Samping dari Buah Plum

Foto: www.rawpixel.com

Jika menurutmu buah plum lebih enak jika diolah menjadi jus, maka cobalah untuk mengonsumsinya secara teratur. Namun perlu diingat untuk tidak mengonsumsi jus buah ini secara berlebihan. Karena hal ini bisa memberikan dampak yang buruk pada tubuhmu, seperti terserang diare misalnya.

Namun ketika diaplikasikan pada kulit, baik dalam bentuk masker wajah ataupun produk perawatan, maka sebaiknya melakukan uji coba terlebih dahulu. Ini guna mencegah munculnya masalah lain yang bisa berdampak pada kondisi kulit wajah.

Belanja Produk Perawatan Kulit dengan Buah Plum

The Body Shop Rich Plum Body Butter

Tidak hanya wajah, tubuh juga memerlukan produk yang dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit. Produk dari The Body Shop ini merupakan salah satu pelembap tubuh yang memiliki tekstur krim dengan aroma rich plum yang dijamin akan membuat kulitmu terasa segar.

Baca Juga :  Suka Mengonsumsi Cabai? Hidupmu Mungkin Akan Lebih Panjang, Kata Studi Baru

Tidak hanya itu, kandungan soybean oil-nya juga dapat membut kulit terasa lebih halus dan lembut. Untuk membuatnya dapat meresap dengan sempurna, maka kamu bisa mengaplikasikannya pada tubuh setelah mandi.

RMS Kakadu Evening Beauty Elixir

RMS Beauty Kakadu Evening Beauty Elixir mengandung kombinasi campuran kakadu plum dan viamin C yang terkonsentrasi. Antioksidan dan vitaminnya dapat berfungsi maksimal untuk mencerahkan sekaligus memulihkan kulit wajah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu menggunakannya secara rutin setiap malam hari dan tidak perlu khawatir karena produk ini cocok untuk semua jenis kulit.

Le Prunier Plum Beauty Oil 

Le Prunier Plum Beauty Oil ini adalah minyak serbaguna yang membantu menyeimbangkan dan menyegarkan kulit. Saat diaplikasikan di kulit, sangat terasa kemewahannya dan kelembutannya.

Itu berkat campuran berbagai plum yang memang kaya antioksidan, omega 3 dan polifenol. Selain itu, produk ini kaya vitamin A dan E untuk menghidrasi kulit. Cocok untuk semua jenis kulit, terutama sensitif dan mudah alergi.

Pai Polly Plum

Pelembap tubuh yang satu ini berfungsi untuk menghidrasi kulit yang kering. Diformulasikan dengan campuran calendula dan minyak jojoba, menjadikan produk ini dapat menenangkan, menghilangkan rasa gatal, meredakan kulit kering, dan tentunya meningkatkan kelembapan kulit.

Produk yang sangat direkomendasikan untuk kulit sensitif dan kering ini, memberikan aroma menyegarkan berkat paduan plum, kulit jeruk, dan jasmine.