Hobi Main Basket? Ini 8 Rekomendasi Sepatu Wanita Terbaik Untuk Digunakan

sepatu basket wanita
Terakhir diperbarui:

Untukmu yang memiliki hobi bermain basket, pastinya pemilihan sepatu basket wanita menjadi hal yang perlu diperhatikan. Soalnya alas kaki ini menjadi penunjang yang penting selama berolahraga.

Selain itu dengan menggunakan sepatu basket wanita, ini juga bisa membantumu untuk terhindar dari cedera. Berikut delapan rekomendasi sepatu khusus yang bisa kamu gunakan selama berolahraga dan pastinya terasa nyaman.

Cara Memilih Sepatu Basket untuk Wanita

sepatu basket wanita
Foto: www.freepik.com

Jika kamu ingin membeli sepatu basket, maka berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih alas kaki yang tepat.

Perhatikan bagian upper

Penggunaan sepatu basket merupakan salah satu cara terbaik untuk menghindarimu dari cedera. Oleh karenanya, sangat penting untuk memperhatikan detail sepatu.

Disarankan untuk memilih bagian atas sepatu yang bisa menopang kaki secara keseluruhan. Karena kaki akan mudah berkeringat selama berolahraga, maka ada baiknya untuk memilih bahan yang breathable, seperti mesh.

Pilih jenis pengencang sepatu

Pada dasarnya, terdapat berbagai jenis pengencang yang terdapat pada alas kaki. Mulai dari tali, ritsleting, hingga perekat.

Ada baiknya kamu memperhatikan jenis pengencang pada sepatu yang akan dibeli, dan pastikan pengencangnya dapat bekerja dengan baik. Soalnya ini sangat penting untuk mencegah sepatu agar tidak mudah terlepas.

Perhatikan jenis bantalan

Saat memilih sepatu basket, kamu juga disarankan untuk memperhatikan jenis bantalan yang digunakan pada area midsole. Untungnya, saat ini telah hadir berbagai teknologi bantalan, mulai dari busa ringan, EVA, hingga poliuretan.

Kamu hanya perlu memilih bantalan yang terasa nyaman ketika digunakan. Sebab, pemilihan midsole yang tepat dapat membantu pijakan dan lompatan terasa lebih baik.  

Jangan lupakan bagian outsole

Sangat dianjurkan untuk memilih outsole yang relative datar dan lebar, karena hal ini dapat membantumu untuk lebih seimbang selama berolahraga.

Selain itu, pemilihan pola sol luar juga dapat memengaruhi permainan, sehingga ada baiknya untuk menggunakan sepatu dengan pola heksagonal untuk mencegahmu tergelincir.

Pastikan ukuran sesuai

Penting untuk diingat bahwa setiap merek memiliki standar ukuran sepatu yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kamu perlu melihat tabel ukuran dan mencobanya secara langsung.

Pilihlah sepatu yang berukuran sedikit lebih besar agar nantinya bisa memberikan ruang yang lebih baik bagi kaki. Selain itu, perhatikan juga bobot sepatu yang dipilih, dan cobalah untuk menyesuaikannya dengan selera.

Sesuaikan dengan posisi di lapangan

Kamu juga bisa memilih sepatu basket wanita sesuai dengan posisi ketika berada di lapangan. Jika kamu pemain dengan posisi guard, maka cobalah untuk memilih alas kaki yang mendukung gerakan cepat dan terasa ringan.

Sedangkan untuk posisi forward dan center, cobalah untuk menggunakan sepatu dengan bobot ekstra dan lebih bouncy.  

8 Rekomendasi Sepatu Basket Wanita

Nike Zoom Rize 2 Basketball Shoes

Sepatu ini didesain khusus untuk digunakan ketika kamu sedang bermain basket, dengan model hi-top dan bantalannya yang ringan.

Meski memiliki warna dasar hitam, namun terdapat penambahan warna hijau pastel yang membuatnya terlihat kontras dan menarik.

Selain itu, sepatu basket wanita ini juga memiliki volume ekstra di bagian outsole-nya, yang berfungsi untuk mengompres sekaligus menyerap tenaga selama bermain.

Pasangkan alas kaki ini dengan baju basket kesayanganmu agar bisa berolahraga dengan nyaman.

Reebok Answer IV

Dibuat dengan apik, alas kaki ini sengaja dibuat dengan siluet futuristik dengan desain yang menarik. Apalagi dengan pemilihan warna dasar merah dan silver, membuatnya semakin terasa elegan untuk digunakan.

Tak ketinggalan, bagian atas dari sepatu ini juga dibuat dari kulit yang berkualitas. Serta dilengkapi dengan DMX foam yang menjadikan bantalannya terasa empuk.

Kamu bisa memadukannya dengan celana legging hitam dan atasan berwarna gelap supaya nantinya sepatu ini terlihat lebih menonjol.

Puma Sky Modern Basketball Shoes

sepatu basket wanita

Desain dari alas kaki ini terinspirasi dari tahun 80-an sehingga membuatnya terlihat sangat klasik dan keren. Apalagi dengan perpaduan warna putih dan hijau yang menjadikannya semakin menarik untuk digunakan.

Disertai dengan midsole EVA yang ringan, sepatu basket wanita ini memiliki bantalan empuk dan daya pantul yang tinggi. Selain itu, Puma Sky Modern Basketball Shoes juga dilengkapi dengan ankle strap yang dapat mejaga kaki agar tetap aman.

Kombinasikan dengan celana olahraga pendek dan kaus yang dapat menyerap keringat, sehingga kamu bisa berolahraga dengan nyaman.

Adidas Harden Vol.5 Futurenatural Tokyo Shoes

sepatu basket wanita

Sepatu basket warna putih dengan detail oranye ini dilengkapi dengan boost midsole yang akan terasa sangat nyaman dan memberikan efek stabil ketika digunakan selama berolahraga.

Apalagi dengan model hi-top yang dibuat pas dengan kaki, sehingga terasa aman untuk dipakai. Pasangkan sepatu ini dengan baju basket warna cerah agar penampilanmu terlihat sempurna selama bermain basket.

Under Armour Unisex UA Flow FUTR X Black History Month Basketball Shoes

sepatu basket wanita

Keunggulan dari sepatu basket ini adalah memiliki upper berbahan mesh yang dapat membuat sirkulasi udara di dalam kaki menjadi lebih baik.

Selain itu, bantalannya juga dibuat dengan teknologi UA flow yang sangat ringan, fleksibel, dan bisa memberikan cengkeraman yang luar biasa.

Tambahan strap pada bagian atasnya juga membuat alas kaki ini terasa semakin aman dan nyaman untuk digunakan.

Tak ketinggalan, pemilihan warna ungu dengan detail polkadot di bagian solnya menjadikan sepatu ini dapat meningkatkan gaya selama berolahraga.

Jangan lupa untuk memasangkannya dengan celana olahraga berwarna putih supaya nantinya terlihat lebih menonjol dan menarik perhatian.

Superdry Vegan Basket Lux Low Trainer & Vintage

Jika kamu mencari sepatu basket yang terlihat ringan untuk digunakan, maka cobalah untuk menggunakan Superdry Vegan Basket Lux Low Trainer & Vintage.

Sebab alas kaki ini memang dirancang dengan sangat ramping dengan bagian tumit yang empuk serta ujung kakinya yang berventilasi. Menariknya lagi, sepatu berdesain old-skool ini bisa digunakan untuk hangout, yang membuatnya sangat multifungsi.

Pasangkan sepatu ini dengan satu set pakaian basket berwarna cerah, yang dapat menjadikannya tampak semakin keren.

Peak Lou Williams Lightening 7 Signature

Peak Lou Williams Lightening 7 dirancang untuk digunakan baik pada laki-laki maupun perempuan dengan mengutamakan kenyamanan dan performa yang maksimal.

Untungnya, sepatu ini terasa sangat ringan dan sangat fleksibel, sehingga kamu bisa berolahraga dengan aman.

Yang lebih menariknya lagi, sepatu ini didesain dengan bahan premium dengan teknologi glow in the dark. Sehingga membuatnya terlihat lebih keren ketika digunakan pada malam hari.

Adidas D.O.N Issue #3 Playground Hoops Pvg Shoes

Sepatu ini memiliki nuansa pop color dengan multiwarna yang dapat membuatnya terkesan semakin keren. Selain itu, alas kaki ini juga dilengkapi dengan sistem snug locked-down yang dapat memeluk kaki, sehingga tidak akan mudah terlepas.

Bagian bantalannya juga terasa nyaman dan stabil ketika digunakan untuk melompat. Dan beruntungnya, sepatu akan terasa ringan selama digunakan.

Kamu bisa memasangkannya dengan setelan olahraga berwarna gelap untuk membuatnya terlihat seimbang.