13 Buku Cerita Rakyat Terbaik dari Berbagai Belahan Dunia

Ketika hidup terlalu nyata (dengan cicilan yang harus dibayar dan deadline yang harus diselesaikan), buku bisa menjadi pelarian sementara ke dunia ‘lain’ melalui cerita rakyat. Meski novel-novel biasa juga akan membuat kita tidak bisa berhenti membaca, ada sesuatu yang istimewa dari buku-buku yang berisikan cerita rakyat, dongeng, mitologi dan legenda budaya. Untuk kamu pecinta cerita-cerita magis seperti ini, berikut 13 buku dengan cerita rakyat yang sudah melegenda di berbagai belahan dunia yang wajib kamu baca.

The Book of Yōkai: Mysterious Creatures of Japanese Folklore | Michael Dylan Foster

Foto: www.goodreads.com

Manga dan anime berutang banyak pada mahluk-mahluk dunia lain yang terdapat di dalam buku ini. Oh, apa itu yōkai? Istilah ini mencakup semua hantu, monster dan mahluk supernatural lain yang gentayangan di Jepang.

Buku ini mendiskusikan sejarah yōkai lokal, dan mengilustrasikan setiap mahluk dengan detail yang mungkin bisa terlupakan jika tidak didokumentasikan dengan baik.

Kumpulan Dongeng Rakyat Indonesia

Foto: www.shopee.co.id

Buku ini menceritakan 101 dongeng dan cerita rakyat Indonesia, mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua. Setiap cerita unik dan kental dengan budaya lokal, dan memberikan pesan moral. Cocok dibaca bersama si kecil di rumah.

Russian Fairy Tales | Alkesandr Afanasev

Cerita rakyat
Foto: www.amazon.com

Rusia dikenal dengan banyak karakter mistis, dongeng dan dari dunia peri. Sama seperti ketika membaca Anna Karenina dan Idiot, buku ini menyajikan banyak tokoh dengan berbagai kekurangan dan kelebihan. Ada banyak cerita di dalam buku ini, yakni lebih dari 175 cerita rakyat.

Mules and Men | Zora Neale Hurston

Cerita rakyat
Foto: www.zoranealehurston.com

Di dalam buku Mules and Men, penulis Zora Neale Hurston yang juga berprofesi sebagai antropolog, menggambarkan cerita rakyat dari budaya Afrika Amerika. Ceritanya fokus pada kehidupan orang kulit hitam di daerah pedalaman Selatan, Amerika, lengkap dengan sejarah dan takhayulnya.

Coba tebak kapan buku ini pertama kali diterbitkan? Uh-uh, sudah lama banget, alias pada 1935.

Favorite Folktales from Around the World | Jane Yolen

Cerita rakyat
Foto: www.goodreads.com

Dari Afrika, Burma, hingga ke Czechoslovakia sampai ke Turki dan, Vietnam, hingga Wales, ada lebih dari 150 cerita rakyat terbaik di dalam buku ini yang berasal dari lebih 40 negara dan budaya.

Jika kamu menyukai cerita tentang pahlawan, cinta, ogre dan troll, serta legenda-legenda mistis, ini adalah buku untukmu.

Bulfinch’s Mythology | Thomas Bulfinch

Cerita rakyat
Foto: www.amazon.com

Penggemar berat cerita dewa dan dewi? Nah, buku ini mungkin akan membuatmu tidak tidur karena terlalu antusias membaca cerita dewa/dewi, dari Yunani, Skandinavia hingga Asia.

Tidak hanya ceritanya, tapi buku ini dilengkapi dengan unsur sejarah yang menelisik lebih dalam tentang Raja Arthur, Zeus dan Hera, Daphne dan Apollo, Beowulf dan Robin Hood.

Warriors, Witches, Women: Mythology’s Fiercest Females | Kate Hodges

Cerita rakyat
Foto: www.goodreads.com

Jika Medusa selalu membuatmu penasaran, buku mitologi yang berisi 50 tokoh perempuan legendaris ini wajib kamu baca.

Buku ini menceritakan lagi ikon perempuan cerita rakyat dengan gaya modern, mulai dari Lilith (setan Yahudi) sampai Futakuchi-Onna (monster supernatural dari Jepang) dan banyak karakter lain.

The Bear and the Nightingale | Katherine Arden

Cerita rakyat
Foto: www.amazon.com

The Bear and the Nightingale adalah novel fantasi sejarah yang merupakan novel debut dari Katherine Arden, dan merupakan bagian pertama dari trilogi Winternight.

Berlatar belakang Rusia abad pertengahan dan mencampurkan cerita rakyat, novel ini berkisah tentang seorang gadis bernama Vasya Petrovna. Hebatnya, Vasya bukanlah gadis biasa karena dia mampu berkomunikasi dengan mahluk-mahluk mitologi, dan pada saat yang bersamaan Kristen Ortodoks berupaya menghapuskan semua kepercayaan yang berkaitan dengan mahluk-mahluk tidak terlihat.

The Magical Unicorn Society: Official Handbook – The Magical Unicorn Society 

Cerita rakyat
Foto: www.amazon.com

Setelah berabad-abad, akhirnya Magical Unicorn Society yang misterius menerbitkan buku panduan resminya.

Di dalam buku ini kamu akan mempelajari tentang fakta, fiksi dan apa sebenarnya unicorn. Dengan artwork dan desain yang mengagumkan, buku ini adalah hadiah terindah bagi orang yang percaya dengan unicorn (apakah kamu salah satunya?)

Grimm’s Fairy Tales | Jacob Grimm and Wilhelm Grimm

Cerita rakyat
Foto: www.amazon.com

Cerita dan dongeng klasik apa yang selalu membuatmu senang? Jika jawabannya Hansel dan Grettel atau The Frog-Prince, buku ini adalah untukmu. Kumpulan cerita dari Brothers Grimm ini akan membawamu ke negeri antah berantah yang penuh keajaiban dan penyihir serta putri plus monster. Cocok banget untuk dibaca bersama anak-anak di rumah.

The Arabian Nights

Foto: www.bookdepository.com

Sultana Scheherazade menceritakan berbagai cerita fantasi kepada suaminya Raja Shahryar yang sedang cemburu dan agar tidak melalukan sesuatu yang fatal. Buku yang sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa ini memiliki segalanya, mulai dari Ali Baba dan 40 pencuri, hingga Sinbad. Dibutuhkan 1.001 malam untuk menceritakan kisah-kisah ini, well… paling tidak bagi Scheherazade.

Italian Folktales | Italo Galvino

Foto: www.amazon.com

Italian Folktales merupakan koleksi 200 cerita tradisional yang dikisahkan kembali oleh salah satu figur sastra terkenal di Italia, Italo Galvino. Ibaratnya, Galvino adalah Brothers Grimm-nya orang Italia.

Women Who Run With The Wolves | Clarissa Pinkola

Foto: www.goodreads.com

Maya Angelou bilang, “Semua orang harus baca buku ini.” Di buku ini, Clarissa Pinkola mencoba menceritakan tentang ‘wanita liar’, kebijakan dan eksistensi yang selalu ada di jiwa perempuan yang membuat wanita kreatif, penuh dengan energi dan kekuatan.

Saat diterbitkan (2008) buku ini nyaris tidak mendapatkan publikasi. Namun dengan kekuatan rekomendasi dari-mulut-ke-mulut, buku ini menjadi laris manis dan menyebarkan pesan tentang kebebasan dan pentingnya wanita ada di dunia.

Selanjutnya: Ini 13 novel terbaik tentang cinta segi tiga.

podcast button