10 Makanan Terlezat Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

makanan khas indonesia
Foto: www.freepik.com

Indonesia memang terkenal dengan destinasi kulinernya yang sangat beragam, maka tak heran jika makanan khas Indonesia diminati oleh banyak orang, bahkan hingga mendunia.

Ini semua berkat cita rasa dari setiap hidangannya, yang sangat kaya akan bumbu serta rempah-rempah.

Berikut 10 makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia karena memiliki rasa yang lezat.

Rendang

makanan khas indonesia
Foto: www.pinterest.com/No Recipes

Makanan yang berasal dari Padang Sumatera Barat ini memiliki rasa yang lezat, bahkan hingga mendunia. Rendang terbuat dari irisan daging dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah asli Indonesia.

Proses pemasakan rendang sendiri menghabiskan waktu yang cukup lama.

Diawali dengan memanaskan santan secara berulang kali yang bertujuan untuk membuat tekstur daging sapi menjadi empuk, serta membuat rendang berubah warna menjadi hitam pekat dengan bumbu yang mengering.

Beruntungnya kamu tidak perlu repot untuk memasaknya sendiri, karena hidangan ini bisa ditemukan dengan mudah. Biasanya makanan khas Indonesia ini akan disajikan dengan nasi putih hangat.

Gado-Gado

Foto: www.resepkoki.id

Terdiri dari sayur-sayuran yang direbus, potongan telur, dan taburan bawang goreng yang disiram dengan bumbu kacang ini terasa sangat nikmat untuk disantap pada siang hari.

Karena terbuat dari sayuran, menjadikan makanan ini sangat sehat dan cocok untuk para vegetarian. Umumnya, gado-gado disertai dengan tambahan lontong atau nasi putih.

Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk yang dapat membuatnya terasa semakin lezat. Salad versi Indonesia ini bisa kamu buat sendiri di rumah atau membelinya di pedagang pinggir jalan.

Ketoprak

Foto: www.cookpad.com

Hampir sama dengan gado-gado, ketoprak menjadi makanan yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Bahan utama dari makanan ini adalah lontong atau ketupat, tahu, tauge, dan bihun yang disiram dengan saus kacang.

Tidak jarang, beberapa orang juga menambahkan kerupuk, taburan bawang goreng, kecap, dan telur rebus di atasnya. Karena rasanya yang lezat, mambuat makanan ini digemari oleh banyak orang, terutama vegetarian.

Sate

Foto: www.pinterest.com/Bee

Sate menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang paling mudah untuk dijumpai. Biasanya, bahan utama dari hidangan ini menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kelinci, atau kerbau, ini bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Nantinya daging akan dipotong dan direndam dengan bumbu marinasi, kemudian dibakar hingga matang. Setelahnya, sate disajikan dengan berbagai bumbu, mulai dari saus kacang atau saus kecap.

Uniknya lagi, beberapa daerah memiliki sate dengan versi yang berbeda-beda. Seperti sate Madura, sate adang, sate Tegal, sate Lilit, dan lain sebagainya.

Nasi Goreng

makanan khas indonesia
Foto: www.canva.com

Hampir semua orang pasti mengetahui makanan yang satu ini. Selain memiliki rasa yang lezat, nasi goreng menjadi hidangan yang mudah untuk dimasak.

Selain itu, telah hadir berbagai macam nasi goreng yang bisa dengan mudah ditemukan. Mulai dari nasi goreng kampung, nasi goreng teri, nasi goreng seafood, dan lainnya.

Biasanya makanan ini dihidangkan saat sarapan atau menjadi kuliner yang banyak dijual di malam hari. Kamu bisa menyesuaikan topping di atasnya sesuai dengan selera.

Bakso

makanan khas indonesia
Foto: www.pinterest.com/Gin Gin

Bakso menjadi salah satu hidangan khas Indonesia yang berhasil mencuri perhatian hingga ke luar negeri. Makanan berkuah ini terdiri dari gilingan daging yang dibentuk seperti bola, isian mi atau bihun, sayuran, yang kemudian disiram dengan kuah kaldo.

Makanan yang menjadi favorit mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama ini juga memiliki banyak variasi, mulai dari bakso keju, bakso rawit, bakso telur, hingga bakso berukuran jumbo.

Kamu juga bisa menambahkan saus, kecap, atau sambal ke dalamnya supaya bisa menambah selera. Jangan lupa tambahkan gorengan sebagai pelengkap hidangan.

Gudeg

makanan khas indonesia
Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Makanan khas Jawa Tengah ini terbuat dari nangka muda mentah yang direbus dengan gula aren dan santan.

Kemudian ditambahkan dengan berbagai rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, biji ketumbar, lengkuas, daun salam, hingga daun jati ke dalamnya.

Berkat bahan-bahan tersebut, gudeg akan memiliki tampilan cokelat kemerahan dengan rasa yang manis dan gurih.

Umumnya, makanan ini dihidangkan dengan nasi, telur rebus, potongan ayam, dan sambel goreng krecek. Kamu bisa mencampurkannya sesuai dengan selera.

Rawon

Foto: www.masakapahariini.com

Berkat kuahnya yang berwarna hitam kecokelatan, menjadikan rawon terlihat unik dan menarik untuk dicoba. Hidangan asal Jawa Timur ini menggunakan keluak sebagai bahan dasar yang menjadikan kuah dari rawon terlihat sangat gelap.

Selain itu, rawon biasanya berisikan potongan daging sapi, rebusan kecambah, dan telur asin. Tak lupa untuk menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya.

Supaya lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

Pempek

makanan khas indonesia
Foto: www.pinterest.com/Widya

Jika kamu singgah ke kota Palembang, maka jangan sampai terlewat untuk mencicipi pempek. Sebab, makanan khas daerah ini memiliki citarasa yang gurih dan lezat.

Terbuat dari ikan tenggiri, toman, atau gabus yang dihaluskan, kemudian adonannya dicampur dengan tepung sagu dan bumbu halus. Setelah diuleni hingga kalis, biasanya pempek akan direbus dalam air mendidih kemudian digoreng hingga kering.

Cara terbaik untuk menyantapnya adalah dengan tambahan kuah cuko yang terbuat dari rebusan gula merah dan cuka. Kamu juga bisa mencoba berbagai jenis pempek, mulai dari kapal selam, lenjer, pempek telur, hingga pempek keriting.

Soto

Foto: www.pinterest.com/doyanresep.com

Soto merupakan makanan khas yang biasanya terbuat dari dua jenis yakni daging ayam dan daging sapi. Biasanya soto ayam memiliki kuah berwarna kekuningan dengan rasa yang lezat dan gurih.

Warna kuning ini berasal dari kunyit yang dijadikan sebagai bahan dasar, dengan tambahan bawang merah dan bawang putih. Sementara pada soto daging sapi, kuahnya akan berwarna bening atau berkuah santan.

Hidangan ini memiliki banyak varian yang berbeda di tiap daerahnya, seperti soto Lamongan, soto Kudus, soto Betawi, soto Bandung, dan sebagainya.

Untuk melengkapinya, kamu bisa memakannya bersama nasi hangat dan teh tawar hangat.