Selain Dijadikan Bumbu Dapur, Ternyata Ada Banyak Manfaat Laos Bagi Kesehatan

beragam manfaat laos bagi kesehatan
Foto: www.canva.com
Terakhir diperbarui:

Laos atau yang akrab disebut dengan istilah lengkuas, sering kali dijadikan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Selain menambah cita rasa makanan, ternyata ada banyak manfaat laos bagi kesehatan.

Bahkan selama berabad-abad, laos telah dijadikan sebagai tanaman untuk pengobatan tradisional. Manfaat laos bagi kesehatan ini juga dipengaruhi oleh adanya senyawa penting yang terdapat di dalamnya.

Apa Itu Laos?

beragam manfaat laos bagi kesehatan
Foto: www.freepik.com

Laos atau lengkuas (Alpina officinarum) merupakan rempah-rempah yang dapat menambah cita rasa makanan. Bentuk dari laos ini memang menyerupai jahe dan kunyit, sehingga sering kali dianggap sebagai tanaman yang sama.

Biasanya, laos juga digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan pengobatan tradisional yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Mulai dari mengobati infeksi, mengurangi peradangan, bahkan hingga melawan berbagai jenis kanker.

Perbedaan Laos dengan Jahe dan Kunyit

perbedaan laos dengan jahe dan kunyit 1 | | Selain Dijadikan Bumbu Dapur, Ternyata Ada Banyak Manfaat Laos Bagi Kesehatan
Foto: www.canva.com

Lengkuas, jahe, dan kunyit merupakan jenis tanaman yang memiliki bentuk serupa, sehingga sering dianggap sama. Padahal kenyataannya, ada perbedaan dari rempah-rempah tersebut.

Jahe akan menawarkan rasa yang segar, manis, dan sedikit pedas. Sedangkan rasa lengkuas biasanya akan lebih tajam dan lebih pedas.

Sementara kunyit, tanaman berwarna kuning ini memiliki rasa yang paling pedas dan paling pahit dari ketiganya.

Menurut sebuah penelitian, ketiga rempah-rempah ini memiliki manfaat kesehatan yang serupa. Baik jahe, lengkuas, dan kunyit, mereka memiliki antioksidan tinggi dan sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi.

Terlebih lagi, ketiga bumbu dapur ini mengandung senyawa yang dapat mencegah atau melawan berbagai bentuk kanker. Karena banyak kesamaan yang serupa, maka lengkuas juga mungkin menawarkan manfaat yang sama dengan jahe dan kunyit.

Manfaat Laos bagi Kesehatan

beragam manfaat laos bagi kesehatan
Foto: www.canva.com

Lengkuas memang telah banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Berikut manfaat laos bagi kesehatan:

Kaya akan antioksidan

Laos menjadi taaman yang kaya akan antioksidan dan berfungsi untuk membantu melawan penyakit dan melindungi sel-sel dari radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Menurut sebuah penelitian, laos mengandung polifenol, sekelompok antioksidan yang dapat meningkatkan memori dan menurunkan gula darah serta kolesterol LDL (buruk).

Polifenol ini juga dapat melindungi terhadap penurunan kesehatan mental, diabetes tipe-2, dan penyakit jantung.

Melindungi tubuh dari kanker tertentu

Ternyata, lengkuas juga dapat membantu melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu. Menurut sebuah studi, galangin atau senyawa aktif yang ada di dalam akar lengkuas dapat membunuh sel kanker tertentu dan mencegahnya menyebar lebih luas.

Meski dampaknya cukup baik untuk kesehatan, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui hasil yang lebih menjanjikan.

Meningkatkan kesuburan pria

Manfaat laos bagi kesehatan juga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah penelitian dilakukan selama tiga bulan pada 66 pria dengan kualitas sperma yang rendah. Mereka mengonsumsi suplemen harian yang mengandung lengkuas dan ekstrak buah delima, terlihat mengalami peningkatan motilitas sperma sebanyak 62%.

Meski penelitian ini sangat bermanfaat, namun masih belum jelas apakah efeknya disebabkan oleh akar lengkuas atau ekstrak delima. Sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan efek akar lengkuas pada kesuburan pria.

Melawan peradangan

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, menjadikan lengkuas dapat mengurangi peradangan penyebab penyakit.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama enam minggu pada 261 orang dengan osteoarthritis lutut, 63% dari mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari mengalami pengurangan nyeri lutut saat berdiri.

Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait efek pengurangan rasa sakit dari lengkuas secara khusus.

Melindungi dari infeksi

Minyak atsiri yang diekstraksi dari laos ternyata juga dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dengan demikian, tanaman ini dapat memperpanjang umur simpan makanan tertentu.

Selain itu, lengkuas juga dapat membunuh bakteri berbahaya termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi. Tidak berhenti sampai di situ, laos juga bisa mencegah tumbuhnya jamur, ragi, dan parasite.

Efek Samping dari Lengkuas

efek samping dari lengkuas 1 | | Selain Dijadikan Bumbu Dapur, Ternyata Ada Banyak Manfaat Laos Bagi Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Laos atau yang sering disebut lengkuas memang telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Oleh karenanya, kemungkinan tanaman ini aman untuk dikonsumsi secara cukup.

Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, maka lengkuas bisa menimbulkan efek samping.

Menurut sebuah penelitian, dosis yang berlebihan dapat mengakibatkan efek samping yang serius, termasuk penurunan tingkat energi, kurangnya nafsu makan, buang air kecil berlebihan, diare, koma, bahkan kematian.

Meski demikian, informasi tentang keamanan dan potensi efek samping dari suplemen lengkuas ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Kesimpulan

lengkuas 1 | | Selain Dijadikan Bumbu Dapur, Ternyata Ada Banyak Manfaat Laos Bagi Kesehatan
Foto: www.freepik.com

Laos atau yang akrab disebut lengkuas merupakan bumbu dapur yang sering dianggap sama dengan jahe dan kunyit. Namun ketiganya merupakan tanaman yang populer dalam pengobatan tradisional.

Selain menambah cita rasa makanan, ada banyak manfaat laos bagi kesehatan. Hal ini bersumber dari antioksidan dan berbagai kandungan lain di dalamnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan laos ke dalam hidangan. Asalkan kamu mengonsumsinya dengan dosis yang tepat dan tidak berlebihan.