Ini 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Tubuh dan Cara Pemakaian yang Aman

manfaat jeruk nipis
Foto: www.unsplash.com

Siapa yang tidak mengenal jeruk nipis? Jenis jeruk yang satu ini terkenal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Mungkin kamu sering menemuinya di dapur sebagai salah satu bahan makanan atau penambah rasa, namun ternyata buah yang asam ini juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat jeruk nipis lainnya juga dapat dirasakan oleh kulit, baik itu melembutkan maupun mencerahkan.

Manfaat Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis
Foto: www.rawpixel.com

Meski memiliki bentuk yang kecil, namun lime memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Dalam satu buah jeruk nipis seberat 67 gram, ternyata mengandung 20 kalori, 7 gram karbohidrat, 0,5 gram protein, 0,1 gram lemak, dan 1,9 gram serat. Selain itu terdapat 22% vitamin C yang terkandung di dalam buah yang satu ini, serta 2% zat besi, kalsium, vitamin B6, dan tiamin.

Dengan berbagai macam kandungan yang ada, hal ini menjadikan jeruk nipis memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan.

Sumber antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Ketika radikal bebas tersebut memiliki kadar yang tinggi, maka hal ini dapat merusak sel tubuh yang dikaitkan dengan kondisi kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Jeruk nipis ini sendiri mengandung senyawa aktif tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh, termasuk flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nutrisi ini secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi vitamin C bisa mempersingkat durasi dan tingkat keparahan flu.

Memperbaiki kesehatan kulit

Manfaat dari jeruk nipis selanjutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dapat membantu pembentukan kolagen, protein yang membuat kulit menjadi lebih kencang dan kuat. Dalam sebuah penelitian, menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi vitamin C memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami keriput dan kulit kering.

Selain itu, antioksidan yang tinggi juga dapat melawan tanda-tanda penuaan dini, seperti adanya perubahan kulit yang disebabkan oleh faktor usia. Manfaat jeruk nipis juga dapat membantu mengatasi permasalahan munculnya jerawat pada wajah. Berkat kandungan AHA yang terkandung di dalam lime, menjadikan buah ini dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sehingga mencegah tersumbatnya pori-pori  yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Seperti yang diketahui, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Karena buah dengan bentuk yang kecil ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Vitamin C ini juga dapat melindungi tubuh dari aterosklerosis, sebuah penyakit yang mana adanya penumpukan plak, sehingga membuat arteri menjadi lebih sempit.

Mencegah batu ginjal

Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang tinggi yang dapat membatu mencegah munculnya batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Sebuah studi mengemukakan bahwa seseorang yang mengonsumsi banyak buah jeruk dapat memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

Memaksimalkan penyerapan zat besi

Zat besi merupakan sebuah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk membuat sel darah merah sekaligus mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan anemia defisiensi besi yang ditandai dengan kelelahan, kesulitan bernapas ketika berolahraga, pucat, serta kulit dan rambut menjadi kering.

Makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti jeruk nipis, dapat membantu mencegah munculnya anemia defisiensi besi dengan meningkatkan penyerapan zat besi. Seseorang yang mengikuti diet vegetarian membuktikan bahwa minum segelas lime dengan makanan nabati dapat meningkatkan penyerapan zat besi hingga 70%.

Menurunkan risiko kanker

Buah jeruk yang satu ini memiliki senyawa yang dapat membantu risiko kanker tertentu menjadi lebih rendah. Namanya flavonoid , yaitu antioksidan tersebut dapat membantu menghentikan ekspresi gen yang dapat mendorong perkembangan sel kanker pada tubuh.

Cara Menggunakan Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis
Foto: www.rawpixel.com

Terdapat beragam cara untuk menggunakan jeruk nipis, baik untuk dikonsumsi secara langsung atau menjadikannya sebagai salah satu bahan pelengkap dalam makanan. Buah jeruk ini juga dapat digunakan sebagai penambah rasa pada minuman beralkohol dan non-alkohol.

Mengingat masih banyak orang yang tidak menyukai air putih, maka kamu bisa mengakalinya dengan memeras sedikit air jeruk nipis ke dalam gelas berisikan air putih. Dengan meminum delapan gelas air setiap hari, hal ini dapat memberikan sejumlah manfaat pada kesehatan tubuhmu.

Selain itu, lime juga dapat digunakan sebagai bahan pembersih yang dapat menetralkan bau. Karena, jeruk nipis memiliki sifat antimikroba. Campurkan buah yang satu ini dengan cuka dan air kemudian dijadikan sebagai semprotan untuk pembersih.

Terlepas dari dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, manfaat jeruk nipis juga dapat dirasakan pada kulit. Kamu bisa membuat masker wajah dengan campuran buah hijau ini, atau menggunakan rangkaian produk perawatan wajah yang mengandung lime.

Efek Samping dari Jeruk Nipis

Foto: www.rawpixel.com

Umumnya, jeruk nipis menjadi buah yang sangat aman untuk dikonsumsi. Namun, jika kamu memiliki alergi terhadap beragam jenis buah jeruk, maka sebaiknya hindari buah kecil yang satu ini. Karena, lime dapat menyebabkan gejala alergi makanan, seperti bengkak, gatal-gatal, dan kesulitan bernapas.

Selain itu, beberapa orang mungkin dapat mengalami refluks asam karena mengonsumsi buah yang satu ini. Gejala pencernaan yang muncul seperti mual, muntah, dan kesulitan menelan.

Jeruk nipis merupakan buah yang sangat asam dan cocok dinikmati dalam jumlah yang sedang. Karena, mengonsumsi buah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko gigi berlubang akibat asam yang bisa mengikis enamel gigi.

Untuk itu, pastikan kamu berkumur dengan air biasa setelah memakan atau minum jus jeruk nipis. Sementara pada kulit, penggunaan jeruk nipis perlu diperhatikan lebih lanjut. Pasalnya, buah yang satu ini dapat menimbulkan iritasi. Sehingga perlu dilakukan uji coba sebelum mengaplikasikannya secara langsung pada wajah.

Produk Rekomendasi

Berikut produk yang menggunakan manfaat jeruk nipis untuk menjaga kesehatan kulit.

Innisfree My Real Squeeze Mask Lime

Sheet mask yang satu ini memiliki essence yang berlimpah sehingga dapat membuat wajah menjadi lembap. Dengan kandungan jeruk nipis di dalamnya, produk ini juga bisa membantu membasmi jerawat sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Nature Republic Hand & Nature Hand Cream Lime

Jeruk nipis dipercaya dapat membantu mengatasi kulit kering. Untuk itu jika kamu memiliki kondisi tangan yang kering hingga pecah-pecah, pilihlah Nature Republic Hand & Nature Hand Cream Lime untuk digunakan sehari-hari. Dengan aroma lime yang menenangkan, tentunya tanganmu akan terasa lebih lembut dan segar.

Sensatia Botanicals Seaweed & Bali Lime Natural Soap

Dengan kombinasi rumput laut segar dari Bali dan Jepang serta minyak jeruk nipis, lavender, dan biji mentimun, membuat produk ini dapat membantu menjaga kelembapan sekaligus melembutkan kulit yang kering.  

Spa of the World Thai Makrut Lime Firming Oil

Massage oil ini diperkaya dengan kandungan minyak marula dan jeruk nipis yang dapat membantu menstimulasi dan mengembalikan semangat. Dengan tekstur yang lembap dan mudah menyerap, membuat produk ini dapat berfungsi untuk mengencangkan kulit.