Apakah Efektif—Atau Buang-Buang Duit—Pakai Sheet Mask Setiap Hari?

Foto: www.gettyimages.com

Apa reaksimu saat mengetahui bahwa seorang teman memakai sheet mask setiap hari? Apakah a) Anak sultan, ya? Sheet mask ‘kan lumayan mahal!; b) Maskernya merek apa?; atau c) Kok wajahnya gitu-gitu aja (ooops)? Oh, oh, atau kamu berpikir “pakai masker tiap hari, emangnya baik untuk kulit, ya?” LIMONE menghubungi Inneke Jane Hidajat, MD, MSc, seorang Dermatovenereologist dari Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, untuk mengetahui panduan dan cara menggunakan sheet mask yang benar.

Apa Manfaat Masker Wajah untuk Kesehatan Kulit?

cara menggunakan sheet mask yang benar
Foto: www.rawpixel.com

Menurut Dokter Inneke, masker wajah dapat berfungsi meningkatkan kelembapan kulit, hidrasi atau mengembalikan kadar air pada kulit dengan segera/instan, sehingga kulit tampak lebih glowing dan sehat, cerah. Plus, membuat aplikasi make-up akan lebih mudah.

“Selain itu, saat ini banyak masker wajah yang ditambahkan bahan-bahan aktif dengan harapan dapat memberikan efek khusus pada kulit, seperti membantu peremajaan kulit seperti pelembap,” tambahnya. Atau masker dengan kandungan yang bersifat membantu eksfoliasi atau pengelupasan. Dan masker dengan vitamin dan antioksidan, mineral, bahan-bahan herbal, atau bahan-bahan yang dikatakan dapat membantu mencerahkan wajah.

“Kadang-kadang pemakaian masker dapat meningkatkan penetrasi bahan aktif ke dalam kulit,” katanya menambahkan fungsi masker.

Keterangan ini membuat kita ingat bahwa ada banyak jenis masker di luar sana, mulai dari sheet mask, clay mask, peel mask, charcoal mask, overnight mask, dan lain-lain. Banyak pilihan memang menyenangkan, tapi juga sering kali menjadikan kita bingung memilihnya.

“Yang paling utama berpengaruh adalah kandungan yang terkandung di dalam masker tersebut,” ujarnya.

Dokter Inneke menerangkan bahwa sheet mask bersifat oklusif, sehingga menahan kandungan air tinggi pada kulit serta meningkatkan penetrasi bahan yang terkandung pada kulit. “Kadang-kadang sheet mask dapat digunakan untuk mendinginkan/menenangkan wajah pasca tindakan seperti laser,” tambahnya.

Sementara clay mask, peel mask, dan charcoal mask, biasanya sifatnya lebih untuk mengurangi kadar sebum pada wajah sehingga wajah menjadi tidak terlalu berminyak.

Lain lagi dengan overnight mask. Masker wajah ini biasanya ditujukan untuk kulit yang kering, karena dengan menggunakan masker dalam waktu lama dapat “mengunci” kadar air di dalam kulit sehingga kulit terjaga kelembapannya.

“Namun harus berhati-hati juga karena dengan ‘menutup’ kulit dalam waktu yang lama—terutama jika terdapat bahan aktif yang iritatif—dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit. Masker ini juga kurang direkomendasikan untuk tipe kulit wajah yang berminyak dan berjerawat karena dapat menyebabkan sumbatan kelenjar pilosebasea pada wajah yang berperan penting pada timbulnya jerawat,” terangnya.

Bagaimana Memilih Masker Wajah yang Tepat?

cara menggunakan sheet mask yang benar
Foto: www.pexels.com

Dalam memilih masker wajah yang tepat, Dokter Inneke menekankan untuk memperhatikan tipe kulit wajah, apakah berminyak, kering, kombinasi, berjerawat atau sensitif. 

“Jika kulit berminyak dan berjerawat, lebih baik menggunakan clay dan rinse off/peel off mask. Dan hindari masker dengan kandungan minyaknya tinggi. Ini biasanya terdapat di masker dengan kandungan herbal. Serta sebisa mungkin hindari sheet mask, karena bersifat oklusif pada wajah,” sarannya.

Oh, kamu tetap ingin memakai sheet mask meski wajah berminyak? Jika ini yang terjadi, maka pilihlah “sheet mask yang mengandung bahan yang dapat mengurangi kadar sebum pada wajah, seperti asam salisilat,” anjurnya. “Namun harus berhati-hati karena jika terlalu lama bisa menyebabkan iritasi,” tekannya.

Untuk kulit yang sensitif, “hati-hati jika terdapat kandungan bahan bersifat asam, karena lebih mudah iritasi,” ujarnya.

Sementara untuk jenis kulit yang lain, masker wajah cenderung aman untuk kulit mereka. “Asalkan kontak dengan kulit tidak terlalu lama, cukup 15-20 menit,” Dokter Inneke mengingatkan.

Apa yang Terjadi Jika Kita Memakai Sheet Mask Setiap Hari?

cara menggunakan sheet mask yang benar
Foto: www.pexels.com

Sheet mask tidak perlu digunakan setiap hari, namun tetap harus menggunakan perawatan sehari-hari,” tegasnya.

Apa yang terjadi saat digunakan setiap hari? Jawaban singkatnya: tergantung dari jenis maskernya.

“Jika mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi seperti eksfolian atau bahan yang sifatnya asam, pewangi, sheet mask dapat menyebabkan iritasi pada kulit,” terangnya. Tanda-tanda iritasi pada kulit di antaranya, kulit menjadi beruntusan, gatal, ataupun perih serta kemerahan.

Dan untuk kamu yang mudah berjerawat, sebaiknya juga lebih berhati-hati saat memakai sheet mask setiap hari. Pasalnya, “masker seperti sheet mask yang bersifat oklusif kadang-kadang malah dapat menyebabkan jerawat bertambah banyak,” papar Dokter Inneke.

Mungkinkah seseorang memakai sheet mask sesering mungkin karena percaya kulit akan menjadi lebih sehat dan glowing?

“Awalnya masker wajah memang digunakan untuk mengembalikan kadar air/hidrasi pada kulit sehingga otomatis akan tampak sehat. Namun, yang penting adalah perawatan harian untuk menghindari efek samping yang mungkin dapat muncul akibat penggunaan masker terlalu sering. Jadi, masker sendiri tidak perlu digunakan setiap hari,” tegasnya.

Sebaliknya, beberapa orang yang kamu kenal mungkin tidak memakai masker sama sekali. Jika ini pilihannya, Dokter Inneke menegaskan bahwa kulit orang tersebut tidak akan lantas kusam atau bermasalah. “Asalkan menggunakan perawatan sehari-hari dengan baik dan benar, tidak masalah,” katanya.

Kesimpulan

Foto: www.gettyimages.com

Jadi, bagaimanakah cara menggunakan sheet mask yang benar? Perlukah dipakai setiap hari?

“Masker bukan bagian rutin dari perawatan kulit, namun jika ingin menggunakannya cukup satu kali per minggu atau per dua minggu,” ujar Dokter Inneke. Prinsip yang sama kurang lebih berlaku untuk semua jenis kulit. Atau agar aman, coba perhatikan cara pemakaian sheet mask yang tertera pada kemasan.

Terakhir, untuk kamu yang memiliki masalah jerawat parah, disarankan untuk berobat terlebih dahulu ke dokter kulit agar mendapatkan metode penanganan yang tepat. “Karena masker sifatnya hanyalah tambahan bukan pengobatan utama. Penggunaan masker tanpa pengetahuan yang tepat justru dapat menimbulkan permasalahan kulit baru,” tegasnya.

Selanjutnya: Cek daftar masker terbaik untuk menghilangkan komedo. Dan ini pilihan masker untuk kulit sensitif.

error: Konten dilindungi !!