Serius, Penasaran: Mengapa Ada Begitu Banyak Jenis Masker Wajah?

jenis masker
Foto: www.istockphoto.com

Mungkin kamu nyaris sudah lupa (karena telah terlalu di rumah), tapi saat mengunjungi toko kecantikan, pasti melihat banyak masker—dan jenisnya berbeda-beda. Sheet mask. Masker tanah liat. Masker lumpur. Peel mask. Gel mask. Ada apa sebenarnya dengan dunia permaskeran, mengapa jenis masker ada lebih dari satu? Apakah ini trik marketing? LIMONE buru-buru menghubungi dr. Listya Paramita, Sp.KK dari RSA Hospital As-Suyuthiyyah Pati dan ElshéSkin Aesthetic Clinic Yogyakarta untuk mencari jawabannya.

Menurut Listya, adanya banyak jenis masker yang bermunculan, disebabkan karena industri kosmetik dan skincare yang makin berkembang. Industri ini “menambah fungsi ‘kesenangan’ dan efek menyenangkan dalam pemakaian produknya,” jelasnya.

Padahal, “dalam ilmu dermatologi, masker wajah bukanlah suatu kewajiban dalam skincare, namun sah-sah saja jika akan ditambahkan dalam regimen perawatan wajah sehari-hari,” bebernya. Aha!

Apa Kelebihan dan Kekurangan Setiap Jenis Masker?

jenis masker
Foto: www.gettyimages.com

Untuk kamu yang selalu bertanya-tanya apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan setiap jenis masker, begini penjelasannya.

Sheet Mask

Berbentuk lembaran tipis serupa dengan tisu berserat yang dilengkapi dengan cairan serum, kelebihan masker ini adalah penggunaannya mudah. Menurut Listya, sheet mask biasanya ditujukan untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit, menutrisi kulit. “Dan hasilnya biasanya bisa langsung terasa setelah pemakaian sheet mask,” ujarnya.

Clay Mask

Terbuat dari tanah liat, biasanya masker ini berfungsi untuk membantu mengontrol atau mengurangi kelebihan minyak di kulit, mengeksfoliasi kulit dan membantu memperbaiki tampilan pori-pori.

Peel-off Mask

Biasanya berbentuk krim atau gel yang dapat mengering beberapa saat setelah diaplikasikan dan setelahnya dapat dikelupas atau diangkat. Masker ini seringkali digunakan untuk mengangkat kotoran pada permukaan kulit atau mengangkat komedo, sehingga wajah terasa bersih dan halus.

Rubber Mask

Masker ini biasanya berbentuk bubuk dan perlu dicampurkan dengan air sebelum digunakan. Berfungsi untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Gel Mask

Jenis masker ini memiliki kandungan air cukup tinggi, bertekstur ringan, dan berfungsi untuk menghidrasi kulit dan juga mencerahkan kulit.

Adakah Jenis Masker Terbaik untuk Semua Orang?

Menurut Listya sulit untuk bisa mengatakan bahwa ada ‘masker terbaik untuk semua orang’. Pasalnya, “semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing, dan efek apa yang diharapkan. Jenis kulit yang berbeda, kebutuhan kulit yang berbeda tentu saja berpengaruh pada produk apa yang akan dipilih,” jelasnya.

Imbauan Listya tidak hanya sampai di situ, karena ternyata ada orang yang sebaiknay tidak menggunakan masker begitu saja. “Misalnya pada kondisi jerawat radang yang cukup banyak atau parah. Jika dipaksakan memakai masker, justru akan memperburuk kondisi peradangan jerawatnya,” terangnya.

Untuk mengetahui jenis masker mana yang cocok untuk kebutuhanmu, Listya menyarankan untuk menerapakan panduan ini.

√ Paham jenis kulitmu.

√ Ketahui jenis masalah kulit yang kamu alami.

√ Sesuaikan produk yang dipilih dengan jenis dan masalah kulit.

√ Beli produk yang aman, legal dan telah mendapatkan izin edar BPOM.

√ Selalu baca label kemasan produk. Di setiap kemasan akan terdapat informasi tentang jenis kulit yang cocok dengan produk tersebut, fungsi dan manfaatnya.

Idealnya, Apa Bahan yang Harus Ada dalam Masker Wajah yang Baik?

jenis masker
Foto: www.rawpixel.com

“Bahan aktif dalam maser sangat banyak, dan karena setiap masker mempunyai fungsi yang berbeda maka kandungannya pun tidak sama,” jelas Listya.

  • Charcoal atau arang aktif biasanya terdapat dalam masker yang berfungsi untuk membersihkan kotoran pada kulit, mengurangi dan mengontrol produksi sebum/minyak,
  • Hyaluronic acid berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit.
  • Vitamin C untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit.
  • Asam salisilat atau AHA untuk mengatasi komedo atau jerawat ringan.
  • Niacinamide untuk mencerahkan dan mengatasi kulit kusam.
  • Aloe vera untuk melembapkan dan menenangkan kulit.

Beda masker, beda merek, beda fungsi, dan beda harga. Hmm, apakah masker mahal selalu lebih baik dari masker dengan harga yang lebih murah?

“Tidak selalu,” tegasnya. “Masker yang baik adalah yang cocok dengan jenis kulit, yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Percuma masker mahal, tapi ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit. Malah akan membuat keluhan baru, misalnya terjadi iritasi, jerawatan bila tidak cocok,” terangnya.

Terpecahkan sudah misteri mengapa banyak jenis masker wajah. Sekarang, kamu hanya perlu memilih jenis masker sesuai dengan kebutuhan kulit. Cek rekomendasi masker untuk kulit sensitif di sIni, dan ini daftar masker untuk kulit berminyak, sementara ini untuk penghilang komedo dan ini untuk kulit normal.

podcast button