Lakukan 3 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur agar Pencernaan Lancar

agar pencernaan lancar
Foto: www.gettyimages.com

Siapa di sini yang punya cita-cita yang tidak muluk-muluk, yakni memiliki pencernaan (di samping menjadi bahagia dan kaya) setiap hari? Jika kedua tanganmu terangkat ke atas, lakukan tiga kebiasaan sederhana ini sebelum tidur agar pencernaan lancar hari ini (dan semoga selamanya).

Nikmati Secangkir Jahe Hangat

Bentuknya mungkin tidak cantik, tapi jahe mengandung efek menenangkan pada saluran pencernaan. Akarnya dikenal mengurangi gas dan kembung. Belum lagi, akarnya juga baik untuk pencernaan lancar. Oleh karenanya, coba minum segelas teh jahe sebelum tidur agar perut tenang. Atau, masukkan bumbu ini ke dalam menu makan malammu.

Konsumsi Prune

Bentuknya mungkin keriput, tapi prune atau plum kering mengandung banyak nutrisi baik. Yakni magnesium, kalsium, dan vitamin B6 yang membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk. Yipieee! Sebuah tips: nikmati dua atau tiga buah prune satu jam sebelum tidur agar tercerna dengan baik dan semua kebaikannya terserap dengan baik. Ohya, buah ini juga baik untuk dijadikan camilan karena mengandung banyak serat sehingga bagus agar pencernaan lancar. Pssst… jangan makan terlalu banyak ya (tiga buah cukup), soalnya alih-alih tidur—kamu malah kebelet terus ke kamar mandi.

Tenangkan Diri dan Jauhkan Diri dari Berita dan Media Sosial

Seandainya kamu belum tahu, stres juga bisa mengganggu pencernaaan. (Dan gangguan pencernaan juga bisa membuat stres.) Alhasil, saat stres kamu berpotensi mengalami konstipasi, diare atau sakit perut. Oleh sebab itu, cobalah untuk meditasi atau lakukan aktivitas yang menenangkan lima atau 10 menit (seperti baca buku) sebelum tidur agar pencernaan lancar.

Oh, oh, meski memang penting untuk selalu tahu kabar terbaru tentang dunia ini, tapi kamu bisa menundanya sampai pagi datang. Membaca berita bisa memicu emosi dan akhirnya bisa membuat perut tidak nyaman. Jadi, jika memungkinkan jauhkan diri dari internet atau media sosial atau berita dua jam belum tidur agar pikiran tenang.

Selanjutnya: Ini daftar 9 makanan yang bisa membuat kamu terlihat dan merasa selalu muda.

podcast button