Ingin Wajah Berseri dan Sehat? Lakukan 7 Perawatan Ini dengan Rutin

perawatan wajah
Foto: www.pexels.com

Mulai dari bangun tidur di pagi hari hingga terlelap di malam hari, biasanya terdapat beragam aktivitas yang dilakukan. Namun, rutinitas yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan perawatan wajah yang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Terlebih, saat memiliki wajah yang terawat dan sehat juga dapat menambah tingkat percaya diri seseorang.

Meski mudah untuk dilakukan, namun tidak semua orang memahami pentingnya melakukan perawatan wajah yang tepat. Padahal noda, kotoran, polusi, dan berbagai masalah kulit lainnya pun bisa diatasi dengan menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut tujuh cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah.

7 Perawatan Wajah Rutin Wajib Dilakukan

perawatan wajah
Foto: www.freepik.com

Membersihkan Wajah dengan Benar

Sensibio - H2O Micellar Water

Cara pertama melakukan perawatan wajah dengan tepat adalah dengan rutin membersihkan wajah dari kotoran dan polusi.

Jika kamu masih memiliki sisa-sisa riasan, maka bersihkan wajah dengan menggunakan produk khusus yang diformulasikan untuk mengangkat make up pada wajah, baik itu cleansing oil atau micellar water.

Sebab, riasan tidak bisa hilang hanya dengan mencuci wajah menggunakan sabun pembersih, apalagi jika kamu menggunakan produk waterproof yang tahan terhadap air.

Setelah memastikan bahwa sisa makeup telah terangkat, maka selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan tipe dan jenis kulit.

Gunakan Toner Wajah

Thayers - Alcohol-Free Witch Hazel Toner

Toner menjadi salah produk perawatan wajah yang wajib kamu gunakan. Karena, penyegar wajah ini bisa membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel setelah mencuci wajah.

Selain itu, penggunaan toner juga berfungsi untuk mengembalikan pH kulit yang hilang setelah membersihkan wajah.

Nantinya, toner ini dapat membantu mempersiapkan kulit agar mampu menyerap produk perawatan wajah selanjutnya, seperti serum dan pelembap.

Untuk menggunakan produk kecantikan ini, kamu juga perlu menyesuaikannya dengan jenis kulit.

Tambahkan Serum Wajah

Skinceuticals - C E Ferulic

Penggunaan serum juga bisa membantu kulit agar tetap sehat.

Selain itu, terdapat beberapa kandungan tambahan yang dapat disesuaikan dengan jenis kulitmu. Seperti vitamin C yang dapat membantu mencerahkan kulit, atau kandungan lainnya yang bisa menyamarkan bekas jerawat.

Untuk itu, ketika memilih serum wajah maka perlu melihat bahan-bahan yang ada di dalamnya. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit.

Karena jika kamu salah memilih serum, hal tersebut akan membuatnya tidak bekerja dengan maksimal.

Oleskan Pelembap

perawatan wajah
Neutrogena - Hydro Boost Water Gel

Meski kamu memiliki jenis kulit berminyak, namun mengoleskan pelembap menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Asalkan memilih produk yang berbahan dasar air dan berlabel noncomedogenic, sehingga nantinya pelembap tersebut tidak menyumbat pori-pori wajah.

Sementara pemilik kulit kering, cobalah untuk menggunakan pelembap berbahan dasar minyak dan kandungan yang bisa melembapkan, seperti aloe vera.

Untukmu yang memiliki kulit sensitif, gunakan moisturizer yang bisa menenangkan dan hindari produk yang berbahan dasar alkohol.

Aplikasikan Tabir Surya

Colorescience - Sunforgettable® Total Protection™ Brush-on Shield SPF 50

Langkah yang paling penting untuk merawat wajah adalah dengan mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya.

Terlebih jika kamu memiliki segudang aktivitas di luar rumah, maka penggunaan produk ini sangatlah wajib karena dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Karena wajah yang terkena sinar matahari secara langsung dapat memicu penuaan kulit, peradangan, bintik hitam, dan kerutan.

Pemilihan produk tabir surya juga perlu kamu sesuaikan dengan jenis kulit. Pilihlah sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 atau lebih, dan kamu perlu mengoleskannya 15-20 menit sebelum keluar rumah.

Kemudian, jangan lupa untuk ulangi pengolesan produk setiap dua jam atau lebih sering.

Eksfoliasi Wajah

CeraVe - Renewing SA Cleanser

Untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi atau peluruhan sel kulit mati. Biasanya kegiatan perawatan wajah yang satu ini dilakukan setiap satu minggu sekali dengan menggunakan produk yang mengandung AHA atau BHA.

Setelahnya, jangan lupa mengoleskan kembali pelembap wajah yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Gunakan Masker Wajah

perawatan wajah
Drunk Elephant - T.L.C. Sukari Babyfacial

Ketika kamu memiliki hari yang padat dan sangat melelahkan, cobalah untuk menambahkan penggunaan masker ke dalam perawatan wajah. Nantinya, masker wajah ini bisa membuat kulit menjadi lebih segar, halus, dan bercahaya.

Terdapat beragam jenis masker wajah yang ada di pasaran, mulai dari berbahan dasar clay, krim, hingga sheet mask yang digemari oleh banyak orang karena dianggap sangat praktis untuk digunakan.

Selain itu, kandungan yang ada di masker wajah juga bermacam-macam, sehingga kamu bisa menyesuaikannya dengan jenis kulit.

Tips Merawat Wajah

perawatan wajah
Foto: www.freepik.com

Selain melakukan langkah-langkah perawatan wajah, terdapat beberapa hal yang perlu kamu hindari untuk mencegah timbulnya masalah kulit.

Jangan menyentuh area wajah

Disarankan untuk menghindari kebiasaan menyentuh wajah. Karena, hal tersebut dapat membantu kotoran, minyak, dan bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke wajah.

Sehingga, jika kamu berniat untuk menyentuh wajah, maka pastikan kedua tangan dalam keadaan yang bersih.

Hindari memecahkan jerawat

Ketika munculnya jerawat pada wajah, tidak dianjurkan untuk memencet atau memecahkannya sendiri. Karena hal ini akan menyebabkan peradangan yang lebih parah, serta memicu bakteri untuk menyebar di area kulit lainnya.

Bersihkan makeup sebelum tidur

Tidur dengan menggunakan riasan yang masih menempel pada wajah merupakan kebiasaan yang perlu dihindari.

Nantinya, makeup ini dapat membuat tersumbatnya pori-pori akibat tumpukan kotoran dan produk riasan. Sehingga, masalah kulit mulai dari jerawat, komedo, dan tanda-tanda penuaan pun bisa muncul.

Tidur dengan teratur

Selain penggunaan produk-produk perawatan wajah, kualitas dan kuantitas tidur juga perlu diperhatikan. Disarankan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam per hari untuk memulihkan, meremajakan, serta memperbaiki kesehatan kulit.

Untuk itu, kamu perlu mengatur jadwal tidur yang teratur dan konsisten.

Mengonsumsi makanan sehat

Sayur-sayuran, buah, biji-bijian, protein, dan lemak juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, kamu juga mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan E. Sehingga nantinya kulit pun akan terasa lebih kenyal dan awet muda.

Penuhi kebutuhan cairan

Untuk memiliki wajah yang sehat dan terhidrasi dengan baik, kamu juga bisa melakukannya dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air putih dengan teratur agar kulit tetap terasa lembut, segar, dan awet muda.

Olahraga dengan teratur

Memperbanyak aktivitas fisik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Ketika berolahraga, hormon-hormon stres yang ada di dalam tubuh dapat berkurang sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan kencang. Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau bersepeda.

Kesimpulan

perawatan wajah
Foto: www.pexels.com

Untuk memiliki wajah yang sehat dan terhindar dari masalah kulit yang beragam, kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan wajah. Selain itu, terdapat tips lain yang perlu diperhatikan saat akan merawat muka, mulai dari berolahraga hingga mencukupi asupan cairan dalam tubuh.

Jika kamu memiliki masalah kulit yang mengganggu, maka jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebagai salah satu cara untuk mengatasinya.