Mampir Ke Jawa Tengah? Ini 13 Rekomendasi Makanan Khas Wajib Coba

makanan khas jawa tengah
Foto: www.freepik.com

Ketika berwisata ke Jawa Tengah, kurang lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi hidangan tradisionalnya. Karena rasanya yang tidak terlalu pedas dan sering kali diolah menggunakan santan, makanan khas Jawa Tengah ini banyak diminati oleh warga lokal maupun wisatawan.

Berikut beberapa masakan populer yang wajib kamu coba.

Gudeg

makanan khas jawa tengah
Foto: www.pinterest.com

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini memang sudah terkenal dan mudah ditemukan. Apalagi jika kamu menyambangi daerah Yogyakarta.

Terdiri dari buah nangka muda yang diolah dengan santan, gula, dan daun, menghasilkan makanan yang berwarna cokelat. Meski terlihat sederhana, namun pengolahan dari masakan ini membutuhkan waktu selama berjam-jam.

Dengan menawarkan cita rasa yang manis, membuat masakan yang satu ini terasa nikmat untuk disantap. Biasanya, gudeg juga dilengkapi dengan telur bacem, ayam kampung, tahu bacem, atau sayur krecek.

Lumpia

makanan khas jawa tengah
Foto: www.pinterest.com

Berasal dari Semarang, makanan ini biasanya ditawarkan dengan dua varian yakni lumpia goreng dan lumpia kukus. Kulit lumpia ini dibuat dari adonan tepung terigu, putih telur, air, dan bumbu khusus yang kemudian diolah menjadi lembaran tipis.

Uniknya, isi dari makanan ini akan dibuat dengan bervariasi. Namun sebagian besar biasanya terdiri dari daging, telur, dan sayuran segar.

Untuk menyempurnakan cita rasanya, seringkali lumpia disajikan dengan saus gurih dan manis atau cabai rawit yang disertai dengan bawang merah.

Wingko Babat

makanan khas jawa tengah
Foto: www.canva.com

Berbentuk bulat pipih dengan memiliki rasa yang manis dan legit ini, membuat makanan khas Jawa Tengah digemari oleh kebanyakan orang.

Terbuat dari beras ketan dan kelapa kering, wingko babat akan diolah dengan cara dipanggang dan dijual dalam keadaan hangat. Biasanya makanan ringan ini akan banyak dijual pada kawasan Simpang Lima atau di sekitar Stasiun Tawang Semarang.

Meski identik menjadi camilan dari Kota Semarang, namun sesungguhnya wingko babat ini berasal dari daerah Babat, sebuah desa kecil di Lamongan.

Mendoan

makanan khas jawa tengah
Foto: www.canva.com

Mendoan merupakan salah satu jenis gorengan yang berasal dari Karesidenan Banyumas.

Kata ‘mendo’ sendiri memiliki arti setengah matang atau lembek, sehingga mendoan artinya memasak dengan minyak panas dengan cara cepat, sehingga masakannya tidak matang dengan sempurna.

Meski hampir sama seperti tempe goreng biasanya, namun kenyataannya sangat berbeda. Biasanya tempe akan dibuat lebih tebal dengan kacang kedelai yang lebih banyak.

Sementara mendoan akan dibuat lebih tipis dan disusun dalam daun pisang. Karena rasanya yang lezat, menjadikan makanan khas Jawa Tengah ini sangat populer.

Garang Asem

Foto: www.resepkekinian.com

Olahan ayam yang dimasak bersamaan dengan santan ini menghasilkan hidangan garang asem yang populer di Jawa Tengah. Biasanya ayam ini telah dimasak terlebih dahulu dengan dibungkus menggunakan daun pisang, setelahnya baru dimasak dengan santan.

Baca Juga :  9 Ide OOTD Ke Pantai Yang Tidak Pernah Ketinggalan Zaman

Umumnya, masakan ini memiliki campuran rasa pedas dan asam, sehingga sangat nikmat untuk dicicipi.

Untuk melengkapi hidangan yang satu ini, kamu bisa menambahkan nasi dengan lauk lainnya, seperti perkedel atau tempe goreng.

Soto Kudus

makanan khas jawa tengah
Foto: www.pinterest.com

Sesuai dengan namanya, makanan tradisional yang satu ini berasal dari Kudus yang  banyak digemari.

Biasanya soto yang satu ini disajikan dengan menggunakan mangkok kecil dengan berisi potongan daging kerbau, kuah bening yang dilengkapi dengan asam, mi, taoge, seledri, dan bawang goreng. Serta jangan ketinggalan untuk menyantapnya dengan nasi hangat.

Sebagai menu pelengkap, kebanyakan soto Kudus juga disajikan dengan sate telur puyuh dan gorengan yang beragam.

Tahu Gimbal

makanan khas jawa tengah
Foto: www.unsplash.com

Tidak hanya terdiri dari tahu goreng, makanan khas Jawa Tengah ini juga dilengkapi dengan irisan kol mentah, telur, lontong, tauge, dan gimbal.

Gimbal ini sendiri merupakan udang yang digoreng dengan tepung, sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Setelah semua bahan-bahan tersebut dicampur, maka selanjutnya akan disiram dengan menggunakan bumbu khas.

Jika kamu sedang berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya daerah Semarang maka jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Bandeng Juwana

Foto: www.pinterest.com

Ketika berjalan-jalan di sekitar Semarang, tak jarang kamu akan menemui olahan bandeng dengan tulang yang empuk. Namun sebenarnya, makanan yang satu ini berasal dari daerah Juwana yang ada di Kota Pati.

Hidangan yang satu ini diolah dengan cara presto yakni dengan memasak menggunakan uap air bertekanan tinggi. Nantinya bandeng akan dimasukkan ke dalam panci dan ditutup dengan rapat.

Biasanya durasi memasak makanan yang satu ini sekitar 45-60 menit.

Botok

makanan khas jawa tengah
Foto: www.resepkoki.id

Masakan tradisional yang satu ini terbuat dari daging kelapa parut dan diperas santannya. Kemudian kelapa parut ini dicampur dengan beberapa bumbu, mulai dari garam, merica, cabai, kemangi, dan daun salam.

Setelahnya adonan tersebut diletakkan di atas daun pisang. Kemudian daun tersebut dibungkus dengan rapat dan diikat menggunakan lidi, dan barulah disimpan di atas kapal uap.

Biasanya botok dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh seperti tempe cincang, tahu, atau ikan teri.

Roti Ganjel Rel

Foto: www.canva.com

Roti ganjel rel memang terdengar sangat unik, tetapi nama tersebut diciptakan karena teksturnya yang mengembang dan bentuknya yang serupa dengan ganjel atau bantalan rel kereta api di masa kuno.

Dengan berwarna kecokelatan, roti ini terbuat dari adonan tepung, kayu manis, dan gula aren yang kemudian dilengkapi dengan taburan biji wijen.

Sebagian masyarakat Jawa Tengah juga menyebut roti yang satu ini dengan istilah roti gambang. Hal ini karena bentuknya yang mirip dengan alat musik tradisional gambang.

Sate Ambal

Foto: www.konten.co.id

Sate Ambal merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah tepatnya berasal dari daerah Kebumen. Terdiri dari daging ayam pilihan yang diberi bumbu kuning, jika dilihat dengan sekilas makanan ini akan terlihat seperti sate Padang.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah

Akan tetapi rasanya sangat berbeda. Sebab bumbu kuning dari hidangan ini terbuat dari campuran tempe rabus yang ditumbuk hingga halus dan disertai dengan rempah-rempah.

Berkat hal tersebut, kamu bisa merasakan tesktur kedelai ketika mencicipinya. Biasanya sebelum dibakar, ayam yang digunakan akan diasinkan sekitar dua jam untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat.

Soto Sokaraja

Foto: www.endeus.tv

Berbeda denyan soto yang ada di kawasan lain, soto yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Di mana rasanya lebih nikmat karena adanya ketupat dan sambal yang terbuat dari kacang. Biasanya sambal kacang ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas.

Ciri khas dari soto yang berasal dari Kecamatan Sokoraja ini juga adanya kerupuk cantir yang terbuat dari ketela pohon. Letakkan kerupuk tersebut ke dalam kuah, sehingga nantinya akan memberikan rasa yang lebih lezat.

Nasi Penggel

Foto: www.today.line.me

Nasi penggel merupakan kuliner yang berasal dari Kebumen yang dalam proses pembuatannya dilakukan dengan cara mengepal-ngepalkan nasi hingga menjadi bulat.

Setelah itu, biasanya nasi akan disajikan di atas daun pisang bersamaan dengan beberapa sayuran dan lauk. Sayur yang digunakan biasanya adalah sayur nangka dan daun singkong.

Sementara pada lauknya akan dilengkapi dengan tempe, tahu, jeroan sapi, hingga kulit serta tambahan melinjo.