5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah

cara menanam cabe
Foto: www.unsplash.com
Terakhir diperbarui:

Kebanyakan orang Indonesia memang senang dengan makanan yang pedas. Jika kamu termasuk kelompok ini dan ingin lebih mudah untuk mengonsumsinya, maka perlu mengetahui cara menanam cabe sendiri di rumah.

Sebab dengan mengetahui cara menanam cabe, kamu bisa memetiknya sendiri dan langsung mengonsumsinya, tanpa perlu membeli ke supermarket atau pasar.

Selain itu tanaman ini juga berukuran kecil, sehingga kamu tidak harus menyediakan lahan yang luas.

Tertarik untuk memetik cabai sendiri di rumah? Berikut cara mudah untuk menanamnya dengan mudah.

Memilih Biji Cabai

cara menanam cabe
Foto: www.canva.com

Cara menanam cabe yang paling pertama adalah memilih biji cabai. Hal ini sangatlah mudah karena kamu bisa mengambilnya dari persediaan cabai yang ada di rumah.

Cobalah untuk membelah cabai dan mengambil beberapa biji yang terletak di bagian tengah, dan pasikan telah memilih biji yang berkualitas. Untuk mengetahui biji cabai yang berkualitas, hal ini bisa dilakukan dengan merendam biji ke dalam air.

Buanglah biji yang mengapung, karena itu tandanya biji tersebut kopong dan tidak bisa tumbuh. Kemudian ambil biji cabai yang tersisa di dalam wadah, dan jemur hingga kering.

Menyemai Biji Cabai

menyemai biji cabai | | 5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah
Foto: www.canva.com

Selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah menyemai biji cabai. Untuk tahapan ini, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan, seperti pupuk kandang, tanah, wadah, dan gelas plastik bekas.

Pertama-tama, letakkan gelas plastik yang sudah dilubangi di atas nampan. Kemudian isi gelas dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1, lalu simpan media semai ini selama seminggu di tempat yang gelap.

Selanjutnya, rendam biji cabai ke dalam air hangat selama tiga jam. Kemudian kamu bisa menyebarkan biji ke media semai dan timbun dengan tanah setebal satu sentimeter.

Selama proses penyemaian cabai, kamu harus melakukannya di tempat yang gelap hingga akhirnya biji cabai mulai berkecambah.

Pastikan kamu menabur benaih cabai ketika suhu sudah mulai sejuk atau di atas 12 derajat Celsius. Namun karena kita hidup di iklim tropis, dianjurkan untuk tidak menabur biji cabai ketika memasuki puncak musim panas.

Menanam Cabai

menanam cabai | | 5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah
Foto: www.canva.com

Cara menanam cabe baru bisa dilakukan ketika biji tersebut telah berubah menjadi kecambah yang biasanya memakan waktu sekitar empat minggu. Kamu bisa mulai memindahkan bibit ke dalam pot yang sudah diisi tanah dan pupuk organik.

Karena tanah merupakan kunci utama dalam menanam cabai, maka kamu harus memilih tanah yang tepat. Beli lah campuran media tanam berkualitas dan kaya akan bahan organik serta subur.

Oleh karena itu ketika menanam cabai, kamu perlu menambahkan pupuk kandang atau kompos ke dalamnya.

Selain itu, perlu dipastikan juga ukuran pot yang digunakan telah sesuai, misalnya dengan menggunakan diameter pot berukuran 30 cm. Perlu diingat bahwa kamu harus memilih pot tanaman yang memiliki lubang drainase yang cukup.

Jika tidak ingin menggunakan pot, kamu juga bisa menggunakan kantong tanam. Jangan lupa untuk menambahkan tanah yang gembur yang tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu padat.

Merawat Tanaman

merawat tanaman | | 5 Cara Mudah Menanam Cabe Di Rumah
Foto: www.freepik.com

Meski telah melewati proses penanaman, namun hal ini masih belum selesai. Karena kamu masih harus melakukan perawatan agar nantinya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Pastikan kamu menyiram tanaman ini menggunakan air setiap hari. Hindari penyiraman di atas kepala tanaman, karena ini dapat menyebabkan dedaunan menjadi basah dan menimbulkan infeksi jamur.

Jagalah tanah agar tetap lembap dan jangan biarkan tanaman mengering sepenuhnya. Kemudian letakkan tanaman pada area yang terkena sinar matahari, supaya memperlancar proses fotosintesisnya.

Jika kamu menanam cabai di dalam rumah dengan menggunakan pot, maka letakkan pot di ambang jendela yang cerah. Serta pilih tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, agar nantinya terhindar dari penyakit.

Tambahkan pula pupuk kompos sebulan sekali yang bertujuan untuk membuat tanaman cabai dapat tumbuh dengan subur.

Tidak ketinggalan, kamu harus melindungi pohon cabai dari hama seperti cacing dan kumbang, serta hindari tanaman liar karena bisa mengganggu akar tanaman cabai.

Jika menemukan bagian tanaman yang layu, disarankan untuk segera memotongnya sebelum bagian tersebut menyebar ke seluruh tanaman.

Memanen Cabai

cara menanam cabe
Foto: www.canva.com

Meski terlihat mudah, namun cara menanam cabe ini membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Jika kamu sudah melakukan semua tahapan dengan benar, nantinya tanaman akan mulai berbuah dalam jangka waktu dua hingga tiga bulan.

Kamu bisa mulai memetik cabe yang berukuran besar, dan biasanya proses memanen ini akan berlangsung selama enam bulan. Berkat menanam cabai sendiri, kamu bisa memasak dengan menggunakan cabe segar setiap harinya.

error: Konten dilindungi !!