11 Tanaman Indoor yang Menyejukkan dan Menenangkan Rumah

tanaman Indoor
Foto: www.unsplash.com

Berbagai penelitian menunjukkan tanaman memberikan efek bagi kesehatan. Tidak heran jika semakin banyak orang menghiasi rumah dengan tanaman, apalagi di masa pandemi ini di mana banyak orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Apa, kamu tidak memiliki pekarangan untuk menanam pohon? Perkenalkan, tanaman indoor.

Selain sebagai pemanis ruangan dan memberikan kesegaran serta ketenangan di dalam rumah, beberapa tanaman indoor memiliki manfaat menyerap polusi dan racun. Jika tertarik untuk memiliki tanaman ini, maka berikut 12 tanaman yang dapat kamu  pelihara di dalam ruangan. 

Monstera

tanaman Indoor

Monstera merupakan tanaman yang digemari oleh banyak orang, karena tanaman ini memiliki keunikan dan keindahan pada bagian daun. Selain itu tanaman ini terbagi menjadi beberapa jenis, seperti monstera deliciosa yang sering kita jumpai. Ada juga monstera adansonii yang memiliki daun yang lebih kecil yang tumbuh merambat.

Selain itu jika kamu ingin memiliki monstera yang berukuran sedang, maka kamu dapat memilih monstera deliciosa yang memiliki daun yang tidak begitu lebar dan batangnya yang cenderung lunak. 

Lavender

tanaman Indoor

Bunga lavender terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk yang ditimbulkan dari aroma yang mengandung linalool dan linalyl asetat yang tidak disukai oleh nyamuk. Selain itu, bunga ini memiliki aroma yang mengandung anti-neurodepresive yang dapat membuat rumah menjadi tenang dan relaks.

Jika kamu senang meminum teh, maka kamu dapat mencoba teh bunga lavender yang jika diminum secara teratur akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan serta pernafasan.

Ivy

Tanaman merambat ini dapat tumbuh dengan mudah dan memiliki manfaat yang efektif untuk mengurangi partikel feses yang terbawa udara. Oleh karena itu, tanaman ivy dapat menjadi pembersih udara jika diletakkan di dalam ruangan, sehingga sirkulasi udara di dalam rumah akan menjadi sehat. Selain itu daun ivy yang berada di dalam rumah dapat membantu mengatasi jamur yang ada di rumahmu. 

Baca Juga :  7 Ide Interior Kamar Tidur Minimalis yang Tidak Butuh Usaha Maksimal

Geranium

tanaman Indoor

Geranium merupakan tanaman yang memiliki bunga berwarna cerah dan memiliki aroma yang khas. Selain itu, tanaman ini dapat digunakan sebagai cairan antiseptik pada luka dengan mengoleskan minyak geranium yang memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan anti jamur.

Tanaman ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memberikan efek relaksasi dengan menggunakan minyak geranium yang dapat meredakan stres, gelisah, dan sulit tidur.

Sirih Gading

Sirih gading merupakan jenis tanaman hias yang merambat dan bisa ditanam di luar maupun dalam rumah. Tanaman ini dikenal dengan corak daunnya yang cantik dan memiliki beragam warna, mulai dari kuning, ungu, perak, dan hijau.

Sirih gading memerlukan perawatan yang mudah, kamu cukup menggunakan pot berukuran sedang dan menyiramnya dengan air secukupnya untuk memastikan tanah tetap lembap. 

Philodendron

Tanaman hias ini menjadi populer di tengah pandemi COVID-19, karena memiliki daun yang menarik dengan beragam warna. Selain itu tanaman ini juga terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah philodendron caramel marbel yang memiliki bentuk daun bergerigi dengan nuansa warna merah, kuning, atau merah jambu.

Ada juga philodendron florida yang memiliki cekungan yang dalam dan menyukai tempat yang cerah namun tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. 

Cyclamen

tanaman Indoor

Cyclamen merupakan tanaman yang memiliki beragam jenis meski tergolong dalam spesies yang sama. Misalnya, cyclamen hederifolium dan repandum yang memiliki bentuk daun yang sama: bercuping dan bersudut. Sementara cyclamen coum memiliki daun yang berbentuk lingkaran dan cyclamen persicum memiliki daun berbentuk hati. Tanaman ini memiliki warna mahkota yang bermacam-macam seperti putih, merah muda, dan ungu. 

Baca Juga :  7 Desain Kamar Anak yang Bisa Jadi Inspirasimu

Calathea

tanaman Indoor

Calathea merupakan tanaman yang memiliki corak dan warna yang indah. Tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya matahari sehingga akan sangat cocok jika kamu menempatkannya di ruang tamu.

Merawat tanaman calathea merupakan hal yang mudah sekaligus sulit karena ketika daunnya rontok, maka daun yang baru akan kembali tumbuh dengan cepat. Namun tumbuhan ini dapat mudah dirawat karena memerlukan penyiraman hanya sebanyak satu kali dalam seminggu. 

Lidah Mertua

tanaman Indoor

Lidah merupakan tanaman yang cukup populer. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan karna memerlukan sedikit air dan cahaya matahari. Lidah mertua memiliki daun yang berbentuk keras dan panjang dengan ujung yang meruncing. Tanaman ini juga berfungsi untuk menghisap berbagai macam polusi udara seperti menyerap karbon monoksida dan menyaring racun lainnya.

Selain itu, tanaman ini merupakan tanaman hias yang paling banyak memberikan oksigen dan mampu menyerap radiasi yang dikeluarkan oleh barang-barang elektronik. Untuk itu sangat cocok diletakkan di area meja tamu atau ruang keluarga.

Guzmania Bromeliad

Tanaman indoor yang satu ini sangat mencintai cahaya yang rendah. Dan bunganya akan mekar jika dalam pencahayaan yang redup. Tanaman ini tidak memerlukan sinar matahari secara langsung dan pencahayaan yang terang. Bunga yang mekar tidak akan bertahan lama jika ditempatkan di dalam cahaya yang terang.

Clivia

Clivia merupakan bunga yang memiliki bentuk seperti terompet yang berwarna cerah. Meski perawatan yang dibutuhkan tidak sulit, bunga ini akan mekar lebih lama dibanding lily pada umumnya. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dalam ruangan karena tidak menyukai paparan sinar matahari secara langsung. Bunga ini juga lebih menyukai kondisi tanah yang kering, untuk itu jangan terlalu banyak menyiram clivia.

Selanjutnya: Daftar Tanaman Hias Gantung yang Paling Cantik.

Baca Juga :  Studi Baru: Dikelilingi Pohon Mengurangi Risiko Depresi dan Stres