Ingat Ini Jika Menghias Meja Makan dengan Kursi Beda Warna dan Bentuk

kursi mismatch
Foto: www.architecturaldigest.com

Tidak hanya karpet seperti ini yang bisa membuat ruangan mendadak cantik, menghias meja makan dengan kursi-kursi tidak seragam juga memberikan efek yang sama. Kursi mismatch. Hebatnya lagi, kamu tidak perlu mengendalikan diri dalam memilih berbagai model, bentuk, dan gaya. Jadi, kamu bisa memilih kursi apa saja—yang sesuai selera dan kepribadianmu—untuk mengelilingi meja makan. Akan tetapi, untuk efek yang semakin dahsyat (baca: tidak membuat mata sakit), ada beberapa prinsip yang mesti kamu ingat ketika melakukan dekorasi kursi mismatch. Berikut ini di antaranya.

Pastikan setiap kursi memiliki ukuran yang sama

kursi mismatch
Foto: www.architecturaldigest.com

Jika yang sedang kita bicarakan adalah kursi ruang makan, tinggi kursi disarankan untuk sama. Apabila terlalu berbeda, akan terlihat sedikit tidak serasi. Terlebih, ukuran kursi yang terlalu berbeda akan membuat percakapan yang terjadi di sekitar meja makan. Pasalnya, posisi tubuh mereka tidak sejajar.

Pilih warna dan motif yang konsisten

kursi mismatch
Foto: www.stylebyemilyhenderson.com

Mau menghiasi meja dengan kursi dengan pola dan warna berani? Silakan saja. Prinsip yang disarankan adalah: jika warnanya berbeda, coba pilih kursi dengan potongan yang sama/mirip. Atau jika kursinya berbeda, pastikan ada unsur yang menyatukan mereka (misalnya warna atau palette). Satu cara lagi untuk membuat dekorasi kursi konsisten: pakai bantal dengan pola/warna yang sama.

Kombinasikan kursi dengan berbagai gaya

kursi mismatch
Foto: www.architecturaldigest.com

Tidak perlu ragu jika kamu ingin mengombinasikan kursi dengan berbagai gaya. Ingin memadukan kursi modern dengan yang vintage? Silakan. Kuncinya adalah pastikan struktur dan bentuk mereka memiliki kesatuan. Dan satu lagi: kombinasinya jangan terlalu berlebihan. Misalnya, dua kursi vintage saja sudah cukup, dan posisikan di kedua kepala meja. Sementara kursi-kursi yang lebih modern mengapit keduanya.

Padukan kursi mahal dan harga terjangkau

kursi mismatch
Foto: www.pinterest.co.kr

Statement chair atau kursi-kursi desainer atau kursi super chic adalah salah satu trik untuk membuat ruang makanmu langsung cantik. Jadi, jika budget yang tersedia hanya cukup membeli satu kursi mahal, ini bukanlah sebuah masalah. Dengan memperhatikan prinsip-prinsip di atas, kamu sangat dipersilakan untuk memasangkan kursi mahal ini dengan kursi-kursi harga terjangkau.

Selalu, kombinasikan dalam pasangan

Untuk membuat susunan kursi mismatch semakin ciamik, pastikan setiap kursi memiliki pasangannya.

REKOMENDASI BELANJA KURSI

Pottery Barn – Westan Dining Chair, Set of 2
IKEA – Karljan
Fabelio – Kursi Cessi Upholstered
Andoleto – Lucia Kursi Makan
Urban Quarter – Cassia Dining Chair
Danish Design Store – Chair 66
& Tradition – In Between Chair SK2 Upholstered

Dan jika dapurmu kecil, ini cara mendekorasinya agar kamu tetap bisa menerapkan dekorasi kursi mismatch.

podcast button