Ingin membuat Hunian Lebih Asri? Ini 9 Cara Mudah Memiliki Taman Di Dalam Rumah

taman didalam rumah
Foto: www.unsplash.com

Taman merupakan salah satu bagian yang dapat mempercantik hunian. Selain terlihat lebih asri, kehadiran area hijau ini juga dapat membuatnya tampak estetik. Tidak selalu berada di luar rumah atau halaman, kamu juga bisa membuat taman di dalam rumah.

Tertarik untuk mencobanya? Ini 9 cara mudah yang bisa menjadi inspirasimu.

Taman Gantung

taman didalam rumah
Foto: www.pinterest.com/Halise Devrim

Jika memiliki hunian minimalis dengan lahan yang terbatas, maka inspirasi taman di dalam rumah ini akan sangat tepat untuk diterapkan.

Dengan konsep vertikal di dinding, kamu bisa menggunakan ranting raksasa dan menggantungkan beberapa tanaman hias gantung.

Meski terlihat sedikit rumit karena perlu memilih ranting yang tepat, namun ini akan menghasilkan suasana yang menyenangkan.

Selain tanaman hias gantung, terdapat beberapa tanaman lain yang bisa ditambahkan seperti terrarium, pot kaca, dan tanaman mini lainnya supaya lebih menarik.

Taman Pasir

Foto: www.pinterest.com/re-nest.com

Jika kamu tidak mau kerepotan untuk merawat bunga-bunga yang cantik, maka sand garden merupakan solusi terbaik untuk dicoba.

Soalnya taman pasir ini sangat minim perawatan namun tetap menghadirkan tampilan yang megah. Biasanya taman di dalam rumah ini didominasi dengan pasir atau bebatuan kerikil.

Supaya lebih sempurna, lengkapi area hijau ini dengan beberapa tanaman hias yang mudah untuk dirawat. Jangan lupa untuk meletakkan beberapa dekorasi batu taman.

Taman Vertikal

taman didalam rumah
Foto: www.pinterest.com/PATRICIA GOUVEIA

Cara paling mudah untuk mendapatkan suasana segar di dalam hunian adalah dengan memiliki taman vertikal. Hanya dengan memanfaatkan dinding polos dan tanaman hidroponik, kamu bisa memiliki taman di dalam rumah secara instan.

Ide vertical garden ini juga menjadi solusi terbaik untukmu yang memiliki lahan terbatas namun ingin memiliki area hijau.

Selain dapat membuat hunian terlihat lebih asri, taman vertikal ini juga bisa menambah dekorasi ruangan yang sangat unik.

Taman Dekat Tangga

Foto: www.pinterest.com/COLOR PLACE INTERIOR

Jika area bawah tangga masih dibiarkan kosong, maka ini saat yang tepat untuk mengubahnya supaya lebih menarik.

Kamu bisa menambahkan vertical garden pada dinding bagian bawah tangga, atau meletakkan beberapa pot tanaman hias berwarna hijau.

Tak berhenti sampai di situ, area tersebut juga bisa dilengkapi dengan rak yang berisi koleksi buku kesayanganmu.

Tinggal tambahkan karpet halus dan sofa panjang, maka area hijau ini bisa menjadi tempat membaca yang nyaman dan pastinya membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Jangan lupa untuk tambahkan lampu yang dapat menerangi area taman sekaligus untuk membantu proses fotosintesis tanaman.

Taman Dekat Dapur

Foto: www.pinterest.com/Architectural Digest

Jika kamu ingin membuat ruangan memasak menjadi lebih segar dan indah, cobalah untuk menambahkan beberapa tanaman hias ke dalamnya.

Baca Juga :  Temanmu Ulang Tahun? Ini 8 Inspirasi Hampers Yang Bisa Dijadikan Kado

Supaya terlihat unik dan menarik, letakkan tangga berukuran kecil yang terbuat dari bahan kayu, kemudian letakkan pot berukuran kecil dengan rapi, sehingga bisa tercipta taman yang cantik.

Pilihlah beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai tambahan bumbu penyedap. Seperti misalnya daun rosemary, kemangi, daun salam, atau ketumbar. Sehingga nantinya ini bisa membantumu agar lebih praktis ketika mengolah masakan.

Taman Sukulen

taman didalam rumah
Foto: www.pinterest.com/Evelyn

Opsi paling baik untuk menghadirkan taman di dalam rumah adalah dengan memilih berbagai tanaman sukulen.

Karena tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan banyak perawatan, namun akan membuat tampilan rumah terlihat lebih cantik. Pilihlah kaktus atau tanaman lainnya yang sesuai dengan luas ruangan.

Jika kamu ingin membuat taman yang kecil, maka cukup pilih tanaman kaktus berukuran kecil. Namun jika ingin meletakkannya pada area yang lebih luas, maka pilih ukuran yang besar.

Taman ala Jepang

taman didalam rumah
Foto: www.pinterest.com/Anna Karenina

Taman bergaya Jepang ini biasanya ditandai dengan adanya elemen batu, sedikit hiasan pohon bambu, dan kolam berukuran kecil.

Kamu bisa membuat area hijau ini pada bagian rumah yang dekat dengan dapur. Sehingga nantinya bisa dinikmati oleh anggota keluarga.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa tanaman hijau lainnya yang dapat menjaga sirkulasi udara ruangan agar tetap baik. Kamu juga bisa menambahkan kursi ala Jepang di pinggiran taman yang nantinya bisa digunakan untuk bersantai.

Taman di Kamar Mandi

Foto: www.pinterest.com/YourHomeStyle

Inspirasi taman di dalam rumah juga bisa kamu terapkan pada area kamar mandi.

Tambahkanlah beberapa pot tanaman hijau berukuran besar hingga kecil, yang nantinya bisa menciptakan membuatmu lebih rileks dan nyaman selama berada di kamar mandi. Tanaman hijau ini juga bisa menjaga sirkulasi udara agar tetap segar.

Agar lebih sempurna, buatlah kamar mandi dipenuhi dengan nuansa warna putih. Mulai dari dinding, lantai, hingga perabotan yang ada di dalamnya. Tak lupa, kombinasikan juga dengan beberapa elemen kayu dan bebatuan alam yang cantik.

Taman Semi Terbuka

Foto: www.pinterest.com/trillexx

Jika kamu memiliki area yang semi terbuka, maka tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai taman. Karena lokasinya yang strategis maka kamu bisa menanam rumput, pohon berukuran sedang, atau tanaman hias lainnya.

Nantinya tanaman ini pun akan tumbuh dengan subur karena medapatkan paparan sinar matahari yang cukup.