Penggemar Tanaman Hias? Ini 7 Jenis Monstera yang Wajib Kamu Ketahui

monstera
Foto: www.unsplash.com

Sejak dulu hingga sekarang, monstera masih menjadi salah satu jenis tanaman hias yang populer. Sehingga banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai dekorasi ruangan.

Dengan bentuk daun yang unik dan warna hijau yang mengilap, tumbuhan ini pun akan menambah daya tarik tersendiri ketika diletakkan pada ruangan.

Ciri khas dari tanaman hias yang satu ini adalah lubang-lubang yang ada pada helai daunnya. Yang mana lubang tersebut terbentuk akibat preforasi atau proses pelubangan yang disebabkan oleh tetesan air yang cukup intens.

Berikut jenis-jenis tanaman monstera yang bisa mengubah suasana ruangan menjadi lebih sejuk.

Monstera Deliciosa

monstera
Foto: www.pinterest.com/The Sill

Deliciosa merupakan jenis monstera yang paling umum berada di pasaran. Ciri khas dari tanaman yang satu ini adalah memiliki ukuran daun yang besar dan hampir menyerupai bentuk hati, dengan tambahan permukaan daun yang berlubang serta menjadi pada bagian pinggirnya.

Daun dari deliciosa memiliki warna hijau, yang ketika semakin tua maka warnanya juga akan menjadi lebih gelap. Jenis tanaman yang satu ini dapat bertahan hidup dalam ruangan dengan temperatur suhu 20 hingga 30 derajat celcius.

Monstera Adansonii

Foto: www.pinterest.com/mylie

Tak seperti jenis lainnya, lubang-lubang pada daun monstera adansonii terletak hanya pada bagian permukaannya saja. Sehingga tidak sampai sobek dan membentuk jari-jari di pinggir daun. Selain itu, ukuran dari daun jenis ini akan tampak lebih kecil dan memiliki warna kombinasi hijau tua dan muda.

Menariknya, batang dari tanaman hias ini tidak terlalu kaku. Hal tersebut menjadikan jenis ini dapat dijadikan sebagai tanaman gantung dengan daun yang menjuntai.

Monstera Borsigiana

monstera
Foto: www.pinterest.com/Amy Ukpabi

Jika kamu menginginkan tanaman hias dengan ukuran yang tidak terlalu besar, maka jenis borsigiana merupakan pilihan yang tepat. Tanaman ini memiliki bentuk dan model permukaan daun yang serupa dengan jenis deliciosa. Akan tetapi ukurannya tampak lebih kecil dan lubang-lubangnya pun terlihat lebih berjarak.

Memiliki bentuk batang yang cenderung lebih lunak, menjadikan monstera yang satu ini bisa menjadi opsi yang cocok ketika kamu membutuhkan tanaman hias yang akan digantung pada teras rumah.

Monstera Obliqua

Foto: www.pinterest.com

Karena keberadaannya cukup langka, obliqua menjadi salah satu jenis monstera yang masih sedikit sulit untuk ditemukan. Padahal daunnya memiliki ukuran yang kecil dengan motif lubang besar di bagian permukaannya. Berkat hal tersebut, tanaman hias jenis ini mempunyai bentuk yang lebih tipis.

Dengan ukurannya yang mungil, oblique pun bisa kamu letakkan di atas meja belajar atau ruang tamu. Akan tetapi pastikan kamu memberi jarak antara tanaman hias ini dengan barang-barang lain. Karena, monstera tersebut memiliki daun yang tipis dan mudah sobek ketika tergores sesuatu.

Monstera Variegata

monstera
Foto: www.pinterest.com/Dalla Vita

Selain unik, monstera jenis variegata juga jarang ditemukan. Pasalnya daun dari tanaman hias ini terdiri dari dua warna yakni hijau dan putih kekuningan. Tak hanya itu, kombinasi dua warna ini juga tidak beraturan antara helai daun yang satu dengan yang lainnya.

Biasanya, ukuran tanaman hias yang satu ini akan cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jenis deliciosa. Berkat keunikan ini, maka jenis variegata sering kali ditawarkan dalam harga yang lebih mahal.

Monstera Dubia

Foto: www.pinterest.com/Monstera Plant Resource Center

Jika sejauh ini tanaman monstera memiliki bentuk daun yang berlubang, maka jenis dubia menjadi sangat berbeda dengan model lainnya. Faktanya, helai daun dari jenis dubia tetap utuh seperti daun pada tanaman hijau umumnya.

Selain itu, ukuran daun dari tanaman hias ini juga tampak lebih kecil dengan bentuk bulat yang mengerucut pada bagian ujungnya.

Meski memiliki bentuk yang berbeda, namun jenis monstera yang satu ini memiliki tulang daun berwarna putih yang sangat terlihat di permukaannya. Paduan warna yang sempurna ini menjadikan jenis dubia digemari oleh banyak orang.

Monstera Siltepecana

monstera
Foto: www.pinterest.com/Rare Houseplants

Hampir serupa dengan dubia, jenis siltepecana ini memiliki bentuk daun yang memanjang seperti oval. Karena bagian tengah dari daunnya berwarna perak, maka biasanya siltepecana juga juga sering disebut dengan istilah silver monstera.

Cara Merawat Tanaman Hias

Foto: www.freepik.com

Meski monstera merupakan tanaman merambat, namun jenis tanaman hias yang satu ini juga dapat tumbuh secara vertikal. Selain itu, tumbuhan ini juga dianggap sebagai simbol kemakmuran dan kesehatan.

Berbeda dari tanaman hias lainnya yang memerlukan cahaya matahari yang berlimpah, tumbuhan ini justru dapat bertahan pada kondisi ruangan yang minim akan pencahayaan alami. Sehingga kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi ruangan.

Keunggulan tumbuhan ini juga bisa bertahan pada area yang terkena pendingin ruangan. Meski lingkungan yang sejuk dapat membuatnya tumbuh menjadi lebih lambat, namun warna daun dari tanaman hias ini akan berubah menjadi lebih pekat dan cantik. Rata-rata dari suhu ruangan ideal untuk monstera adalah 23 hingga 30 derajat.

Dengan bunga yang lebar dan berlubang, menjadikan tanaman hias ini tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Namun kamu tetap perlu untuk melakukan pemupukan ulang secara rutin yakni minimal satu bulan sekali. Menempatkan monstera secara indoor ternyata juga bisa membantu memperbaiki kualitas udara dalam ruangan.