Panduan Lengkap Perawatan Rambut Ikal

rambut ikal
Foto: www.freepik.com

Bagi perempuan, rambut merupakan sebuah mahkota yang akan memengaruhi penampilan. Maka penting untuk melakukan perawatan rambut untuk mempertahankan penampilanmu agar tetap terlihat maksimal. Namun setiap perempuan memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, mulai dari rambut lurus hingga rambut ikal.

Beda jenis rambut, maka berbeda pula perawatan yang dilakukan. Begitu pun dengan rambut ikal yang ternyata memiliki berbagai jenis dan tipe. Sebelum melakukan perawatan untuk rambut ikal, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis dari rambut ikal. 

Jenis Rambut Ikal

rambut ikal
Foto: www.rawpixel.com

Rambut ikal dapat dilihat berdasarkan bentuk lengkungan dan tingkat kerapatannya, berikut 3 jenis rambut ikal yang perlu kamu ketahui.

1. Rambut Bergelombang

rambut ikal
Foto: www.pinterest.com

Jenis rambut ikal yang pertama adalah model bergelombang atau yang dikenal dengan sebutan wavy. Tipe rambut ini merupakan kombinasi antara rambut lurus dan keriting. Biasanya di bagian pangkal hingga tengah akan terlihat lurus dan pada bagian bawah akan keriting. Jenis rambut ini akan terlihat seperti ombak di lautan yang bergelombang. 

Selain itu, model rambut ini juga dibagi menjadi tiga tingkatan. Tipe pertama di mana rambut ini lebih mudah untuk diatur dan ditata, baik untuk dijadikan rambut keriting atau lurus, karena tingkat keikalan dari tipe pertama ini kurang dari 10%. 

Di tipe kedua, rambut ini lebih mudah kusut dan sedikit sulit untuk diatur. Selain itu, rambut bergelombang di tipe kedua ini lebih mengembang jika tidak dirawat dengan baik.

Sementara untuk di tipe ketiga, rambut bergelombang ini lebih tebal dan penuh dengan gelombang. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner dan perawatan rambut lainnya supaya rambutmu tetap lembut dan tidak kusut.

2. Rambut Keriting

Foto: www.pinterest.com

Rambut keriting atau yang biasa disebut curly ini memiliki tingkat keikalan rambut melebihi 50%. Untuk itu rambut ikal yang satu ini cenderung mudah kusut. Sama seperti rambut bergelombang, rambut keriting juga dibagi menjadi tiga tipe.

Tipe pertama adalah rambut keriting yang lebih mudah untuk diatur. Biasanya rambut ini merupakan paduan antara rambut keriting dan bergelombang. Namun biasanya rambut ini memiliki keikalan mulai dari bagian pangkal rambut.

Untuk tipe kedua, rambut ini berbentuk spiral namun memiliki volume yang tebal. Pemilik rambut tipis biasanya akan memilih rambut keriting tipe kedua karena dapat membuat rambut lebih bervolume.

Tipe terakhir adalah rambut dengan bentuk spiral yang lebih kecil namun rapat dan penuh. Rambut tipe ini cenderung ringan dan akan mudah kusut ketika terkena angin.

3. Rambut Kribo

Foto: www.pinterest.com

Rambut ikal yang satu ini adalah coily atau yang bisa disebut kribo. Jenis rambut ini memiliki tingkat keikalan yang lebih rapat dan sangat bervolume. Biasanya rambut ini juga akan mudah mengembang ketika dalam keadaan kering. 

Ada tiga jenis tipe rambut ini. Tipe rambut kribo yang pertama adalah memiliki lekukan yang tidak begitu padat dibanding tipe kedua dan ketiga. Jenis rambut kribo ini biasanya bentuk lekukannya akan menyerupai huruf S yang tebal.

Sementara itu di tipe kedua, lekukan pada rambut keriting ini akan semakin rapat dan jika dibiarkan memanjang maka akan lebih mengembang dan terlihat lebih pendek.

Rambut kribo tipe ketiga memiliki keikalan yang sangat rapat dan padat. Sehingga perlu perawatan yang ekstra karena rambut ini akan mudah menyusut. Untuk meluruskan rambut ikal tipe ketiga tentunya perlu melakukan rebonding dengan menggunakan obat kimia dengan kadar yang tinggi. 

Perawatan Rambut Ikal

Foto: www.unsplash.com

Sangat penting untuk melakukan perawatan rambut, baik itu rambut lurus maupun rambut ikal. Namun rambut ikat perlu memerlukan perawatan yang lebih, karena jenis rambut ini akan mudah mengembang ketika kering. Ini beberapa perawatan rambut ikal yang sebaiknya kamu lakukan.

Keramas 2-3 kali seminggu

Untuk pemilik rambut bergelombang, kamu dapat membuat jadwal keramas yakni setiap 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Kemudian kamu perlu mengeringkan rambut dengan bahan katun yang halus agar rambut tidak mudah patah. Jangan lupa untuk menggunakan serum khusus rambut agar membuat rambutmu lebih mudah ditata. Kamu juga bisa menggunakan sisir khusus untuk rambut keriting. 

Gunakan sampo non-sulfat

Pemilik rambut keriting dianjurkan untuk keramas menggunakan sampo yang memiliki kandungan non-sulfat. Hal ini bertujuan untuk mencegah hilangnya minyak alami di kulit kepala, sehingga rambut keritingmu tidak menjadi kering dan lebih lembut. Selain itu, kamu juga perlu menghindari pemakaian alat pengering rambut atau catokan rambut karena akan membuat rambutmu menjadi rapuh.

Aplikasikan krim pelembap

Sementara untuk pemilik rambut kribo, perlu melakukan perawatan tambahan seperti mengaplikasikan krim pelembap rambut supaya rambut tetap ternutrisi dan tetap lembap. Kamu juga bisa menggunakan sarung bantal yang lembut dan halus untuk mencegah rambutmu menjadi rapuh dan patah.

Selanjutnya: Panduan Lengkap Perawatan Rambut Pirang.