Daftar Tanaman Hias Bunga yang Akan Membuat Rumahmu Cantik

tanaman hias bunga
Foto: www.gettyimages.com

Tidak ada cara yang lebih cepat, praktis, dan jenius mempercantik rumah selain menambahkan tanaman ke dalamnya, termasuk tanaman hias bunga. Plus, memasukkan tanaman ini ke dalam rumah juga tidak membutuhkan biaya besar (meski memang tergantung dari pilihan jenis tanamannya). Namun, intinya, tanaman hias adalah pilihan yang tepat, tidak peduli ukuran rumah dan tipe desain interior apa yang kamu pilih. Ingin tahu tanaman hias seperti apa yang menghasilkan bunga cantik? Ini daftar tanaman hias bunga yang akan membuat kamu betah di rumah.

Lili Perdamaian

Lili perdamaian atau yang disebut juga peace lily adalah salah tanaman hias yang tepat untuk ditaruh di dalam rumah. Tanaman ini bisa diletakkan beberapa meter dari jendela, alis tidak perlu sinar matahari yang terlalu banyak. Untuk memastikan tanaman ini tetap segar dan hidup, siram ketika tanah kering, atau sekitar setiap lima hingga 10 hari. Untuk lebih amannya, cek tanah sebelum menyiramnya.

tanaman hias bunga
Foto: www.pinterest.com

Geranium

Geranium bisa diletakkan di mana pun yang terpapar sinar matahari secara langsung dalam beberapa jam. Ketika ada bagian bunga yang sepertinya sudah layu, tarik, dan bunga-bunga lain akan tetap tumbuh. Oleh karena tanaman hias bunga ini tidak suka dengan becek, siram ketika tanah kering.

tanaman hias bunga
Foto: www.pinterest.com

Tanaman Hias Bunga Anthurium

Satu lagi tanaman yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari; cukup diletakkan di jendela yang menghadap utara atau bangunan lain. Mirip seperti lili perdamaian, prinsip penyiraman yang sama berlaku untuk anthurium. Yakni, siram ketika tanah sudah kering, kira-kira setiap lima hingga tujuh hari.

tanaman hias bunga
Foto: www.pinterest.com

Tanaman Hias Bunga Begonia

Letakkan tanaman hias ini di dekat jendela yang terpapar sinar matahari dalam beberapa jam—maka, bunga ini akan tumbuh dengan subur. Siram ketika tanah kering, yakni sekitar setiap 10 hari sekali. Tanaman hias ini ada yang berbunga musiman, ada juga yang selalu berbunga.

tanaman hias bunga
Foto: www.bloomr.ae

Anggrek Bulan 

Tanaman hias ini membutuhkan hanya sedikit sinar matahari, jadi bisa diletakkan di posisi yang cukup jauh dari jendela. Untuk berkembang, tumbuhan ini membutuhkan temperatur yang dingin selama sebulan. Dibandingkan dengan tanaman hias indoor lain, bunga anggrek bulan bisa mekar lebih lama. Jika dirawat dengan baik, bunganya bisa mekar selama tiga bulan dalam satu kali waktu.

Untuk perawatan, rendam anggrek bulan setiap tujuh hingga 10 hari, lalu biarkan mengering. Kamu juga bisa menyemprotnya (terutama di bagian akar), tapi pastikan kondisinya kering di antara jadwal penyemprotan.

Foto: www.bloom.uk.com

Tanaman Bunga Hias Cattleya

Tempat terbaik tanaman hias ini adalah tepat di dekat jendela yang terpapar sinar matahari secara langsung. Tanaman super wangi ini mekar selama kira-kira sebulan atau dua bulan. Beberapa jenis cattleya bisa mekar dua kali setahun.

Aturan penyiraman yang sama seperti anggrek bulan berlaku pada cattleya. Rendam bunganya selama satu hari ketika tanaman ini terlihat kering. Kamu juga diijinkan untuk menyemprotnya selama daun-daunnya dibiarkan mengering di antara jadwal penyemprotan.

tanaman hias bunga
Foto: www.thespruce.com

Anggrek Oncidium

Tempatkan anggrek ini di dekat jendela yang hanya terpapar sinar matahari selama beberapa jam dalam sehat. Ketika terlihat kering, rendam tanaman ini dan setelahnya, keringkan daunnya. Jika kamu ingin menyemprotnya, sangat dipersilakan, hanya pastikan kondisinya kering di antara jadwal penyemprotan.

Beberapa jenis anggrek oncidium mengeluarkan wangi dan bunganya tetap mekar selama satu hingga dua bulan. Beberapa jenis lainnya bisa berkembang dua hingga tiga kali setahun.

Foto: www.pinterest.com

Selanjutnya: Pilihan tanaman hias gantung terbaik untuk ditanam di rumah.

podcast button