Ini 5 Vitamin Untuk Membuat Rambut Lebih Sehat

5 vitamin untuk rambut
Foto: www.freepik.com
Terakhir diperbarui:

Seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga memerlukan berbagai nutrisi agar bisa tumbuh dengan sehat. Apalagi jika kamu sering mengalami kerontokan, maka jangan sampai melewatkan penggunaan vitamin untuk rambut.

Rambut rontok sendiri pada dasarnya disebabkan karena proses fisiologis yang akan dialami oleh setiap individu, akan tetapi terdapat faktor lain yang bisa memengaruhinya.

Oleh karenanya, kamu membutuhkan vitamin untuk rambut sebagai salah satu cara mengatasi kondisi tersebut.

Untungnya, vitamin untuk rambut ini bisa dikonsumsi dengan mudah sehingga kamu bisa memenuhi asupan nutrisi yang terkait dengan kesehatan rambut.

Manfaat Vitamin untuk Rambut

5 vitamin untuk rambut
Foto: www.canva.com

Pada dasarnya, vitamin rambut merupakan suplemen yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Produk-produk yang biasa kamu gunakan dan beredar di pasaran biasanya mengandung nutrisi seperti biotin, vitamin C, vitamin E, kolagen, asam folat, dan asam lemak omega-3.

Bahkan beberapa mungkin mengandung bahan tambahan seperti ginseng yang diyakini dapat memperkuat rambut.

Menurut sebuah penelitian, 38% wanita yang mengalami rambut rontok disebabkan karena kekurangan asupan biotin. Sehingga sangat penting untuk mencukupi asupan nutrisi ini di dalam tubuh.

Jenis Vitamin yang Baik untuk Kesehatan Rambut

5 vitamin untuk rambut
Foto: www.freepik.com

Rambut yang sehat umumnya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari perawatan yang dilakukan secara rutin, usia, genetika, kadar hormon, kondisi medis, diet, dan stres.

Karenanya, sulit untuk menentukan penyebab masalah rambut yang dialami oleh seorang individu.

Akan tetapi terdapat tanda-tanda yang bisa diperhatikan ketika rambut berada dalam kondisi tidak sehat, termasuk rambut rontok, kering, mudah rapuh, dan kusam.

Untungnya dalam beberapa kondisi, rambut rontok ini bisa diatasi memperbaiki pola makan dan gaya hidup.

Berikut beberapa jenis nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesehatan rambut:

Vitamin A

Vitamin yang satu ini ternyata juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan rambut.

Sebab vitamin A dapat membantu kelenjar kulit untuk membuat zat berminyak atau sebum yang dapat melembapkan kulit kepala dan membuat rambut supaya tetap sehat.

Ketika tubuh kekurangan vitamin A, biasanya dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut. Namun efek ini juga akan sama ketika kamu mengonsumsi vitamin A secara berlebihan.

Untuk mendapatkan nutrisi yang satu ini, kamu bisa mengonsumsi sumber vitamin A yang berasal dari wortel, labu, bayam, yoghurt, susu, dan minyak ikan.

Vitamin B

Biotin atau vitamin B7 menjadi salah satu nutrisi yang dikenal dalam pertumbuhan rambut. Menurut sebuah penelitian, kekurangan kadar vitamin B yang satu ini sering kali dikaitkan dengan terjadinya kerontokan rambut.

Selain B7, terdapat jenis vitamin B lainnya juga dapat membantu membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan rambut. Di mana memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Kamu bisa mengonsumsi biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau.

Vitamin C

Kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang bisa disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menghambat pertumbuhan dan menyebabkan rambut menjadi kusam.

Selain itu, vitamin untuk rambut ini juga berperan penting dalam pembuatan protein yang dikenal sebagai kolagen.

Jika kamu ingin mencukupi asupan nutrisi ini, maka cobalah untuk mengonsumsi stroberi, paprika, jeruk, dan jambu biji, yang merupakan sumber vitamin C.

Vitamin D

Walau terkenal sebagai vitamin yang dapat menjaga kesehatan tulang, ternyata vitamin D juga sering dikaitkan dengan manfaatnya dalam mengatasi alopecia, kondisi di mana rambut mengalami kerontokan.

Oleh karenanya disarankan untuk memenuhi asupan vitamin D dengan mengonsumsi jamur, ikan, dan minyak hati ikan kod.

Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh mendapatkan paparan sinar matahari yang sehat dan cukup.

Vitamin E

Sama seperti vitamin C, ternyata vitamin E juga merupakan antioksidan terbaik yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang memiliki masalah kerontokan rambut dan mengonsumsi vitamin E selama delapan bulan dapat mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34.5%.

Beberapa sumber vitamin E yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut, di antaranya adalah biji bunga matahari, kacang almond, bayam, dan alpukat.

Zat besi

Selain vitamin, mineral juga menjadi salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan rambut. Salah satunya adalah zat besi yang akan membantu sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika tubuh mengalami kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan timbulnya penyakit anemia, yang bisa menjadi penyebab utama terjadinya kerontokan rambut.

Untuk mencukupi asupan zat besi, kamu bisa memakan kerang, tiram, telur, daging merah, dan bayam.

Zinc

Dalam kesehatan rambut, zinc berperan penting dalam menjaga kelenjar minyak yang ada di sekitar folikel rambut agarbisa bekerja dengan baik.

Ketika mengalami kerontokan, maka ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh mengalami kekurangan mineral yang satu ini.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di mana suplemen dapat membantu mengatasi kekurangan seng yang sering ditandai dengan gejala rambut rontok. Akan tetapi suplemen dengan dosis tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Oleh karenanya, kamu bisa mengonsumsi zinc dari sumber alami, seperti tiram, daging sapi, bayam, biji labu, dan bibit gandum.

Protein

Salah satu nutrisi yang memiliki peran paling tinggi dalam pertumbuhan rambut adalah protein. Menurut sebuah penelitian, kekurangan protein dapat menurunkan pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.

Oleh karena itu, sangat disarankan agar mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup. Kamu bisa mendapatkannya dari sumber protein alami yang berasal dari makanan, seperti ayam, telur, dan susu.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut

tips menjaga kesehatan rambut | | Ini 5 Vitamin Untuk Membuat Rambut Lebih Sehat
Foto: www.canva.com

Saat ini telah banyak vitamin untuk rambut yang beredar di pasaran dan pastinya mudah untuk diaplikasikan.

Akan tetapi kamu juga bisa fokus untuk melakukan pengaturan pola makan yang mencakup berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan lemak sehat.

Dengan memastikan bahwa tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup, maka hal ini dapat membantu rambut untuk tumbuh dengan tepat dan sehat.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan gaya hidup sehat, termasuk tidur yang cukup, mengelola stres, serta berolahraga secara teratur.

Kesimpulan

nutrisi penting untuk rambut | | Ini 5 Vitamin Untuk Membuat Rambut Lebih Sehat
Foto: www.freepik.com

Selain mengonsumsi suplemen khusus yang bertujuan untuk mencegah kerontokan dan membuat rambut menjadi lebih sehat serta berkilau, kamu juga bisa memenuhi nutrisi penting yang berasal dari sumber alami.

Seperti vitamin A, B, C, D, dan E serta beberapa mineral, nutrisi tersebut juga memiliki peran penting dalam menjaga rambut dari kerusakan. Oleh karenanya, pastikan kamu memenuhi asupan nutrisi tersebut secara cukup.